Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

02 Juni 2012

Consumer Behavior and the Trend of Online Shopping


Bagi pemilik website untuk berjualan di internet atau ingin membuat blog Toko Online perlu belajar Marketing misalnya memahami perilaku konsumen. Anda seorang Marketer. Dan yang membedakan Anda dengan salesman biasa adalah salesman hanya bicara penjualan hari ini saja, sementara Marketer punya visi dan strategi pemasaran.

Perilaku konsumen  (Consumer Behavior) adalah proses dan aktivitas konsumen terkait dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan serta evaluasi terhadap produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Perilaku konsumen mendasari pertimbangan saat membuat keputusan pembelian. Untuk harga rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah (Low-involvement). sebaliknya untuk item mahal, proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan masak (High-involvement)

Menuju website Toko Online

Durian_customer behavior
Contoh Gambar:
Perilaku konsumen sebelum mengambil keputusan membeli buah Durian.

Manusia Konsumer cenderung individualis, lebih privasi dan efisien. Kecenderungan ini juga merambah ke Perilaku Belanja. Dahulu untuk membeli sesuatu kita pergi ke toko, menyebutkan produk dan penjaga toko mengambilkannya. Masalahnya jika toko ramai, antrian menjadi lama, apalagi jika pegawai hanya 1 orang.

Kendala lain, kita harus punya product knowledge cukup sebelum belanja sebab tidak mungkin mengamati detail produk di toko seperti itu. kalaupun harus bertanya ke penjaga toko, tentu sungkan terlalu banyak bertanya.

Solusi selanjutnya adalah Supermarket. Kita bebas mengamati produk, mengambil, dan membatalkan niat membeli produk tanpa merasa malu. Tapi masih juga ada kendala, yakni kadangkala kita tidak punya cukup waktu berbelanja, baik karena jadwal kerja padat atau jalanan macet. SOLUSI TERAKHIR ADALAH ONLINE SHOPPING ke Toko Online.

TOKO ONLINE memberi kemudahan sebab  transaksi bisa kapan saja dimana saja. Sambil membuka lap-top atau komputer di kantor, Anda bisa membuka situs toko online. Begitu juga saat  terjebak kemacetan, atau santai menonton TV. Apalagi sebagian Toko Online juga menyediakan versi mobile sehingga dapat diakses dari Gadget.

Belanja Toko Online semakin mudah karena fitur-fitur pendukung seperti pengiriman, internet banking, SMS Banking, Paypal, Google Checkout, Credit Card, push mail atau  BBM untuk kemudahan komunikasi dan transaksi.  Toko Online semakin nyaman sebagai pilihan bertransaksi. Contohnya ini.


Penerapan Consumer Behaviour dalam Menyusun Strategi Marketing

Pengetahuan Perilaku konsumen bisa diterapkan, diantaranya :
  1. Merancang strategi pemasaran, misalnya menentukan kapan saat yang tepat perusahaan memberi diskon untuk menarik pembeli.
  2. Membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya dengan mengetahui bahwa konsumen banyak menggunakan transportasi saat Lebaran, Decision Maker bisa merencanakan harga tiket di hari raya Lebaran.
  3. Aplikasi di Social Marketing, misalnya dalam penyebaran ide ke konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam suatu isu, Anda bisa menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading