Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

14 April 2013

SEO website blog: penggunaan 3 meta tag SEO friendly


Apakah meta tag support website SEO Friendly?

Meta tag adalah penjelasan singkat tentang website (atau blog) dan ditempatkan sebagai TAG (informasi) pada HTML website tetapi tidak dimunculkan di web page. Ada banyak meta tag sesuai dengan standar HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion, tapi sebenarnya yang betul-betul dipakai oleh search engine hanya 3, meta description, meta keyword, dan meta robots.

Hampir semua search engine menggunakan meta tag, seperti Google, Yahoo dan MSN untuk meng-indeks berdasarkan keyword dan deskripsi website. meta KEYWORDS dan meta DESCRIPTION ini yang digunakan mendukung strategi SEO – yang diatur untuk memudahkan search engine menemukan suatu website – dan HARUS ada dalam kode HTML blog, agar blog segera ditemukan oleh search engine. Keyword dan deskripsi yang tepat akan membawa website tersebut ke urutan teratas di halaman pertama hasil pencarian SERPs (search engine result pages).

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang meta tags, klik disini.

Meta Tag Description - arsip website

Meta tag ini digunakan untuk memberikan gambaran umum isi dari halaman web.  Disarankan tidak lebih dari 200 karakter dan usahakan agar description ini dapat menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan.

MENGAPA?

Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tags sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut. Maka disarankan, gunakan isi meta tag description sebagai kalimat pembuka. Misalnya, bagian paling awal web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang ditampilkan pada hasil pencarian seperti ini :

Home | Products and Service | Contact Us | About Us ...welcome to our online store, the best place on the web to...

contoh penulisan meta description :

<meta name
="description" content="Promosi-web.com is a search engine tutorial that explain how to get top rangking in all major search engine and get high traffic for your web site. Available in Bahasa Indonesia.">

Meta Tag Keyword - website files

Meta tag ini sangat penting, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine.

Sintaks dasar meta tag keyword :

<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ...">

atau dengan pemisah tanda koma (untuk memudahkan pembacaan) :

<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ...>

Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine.

PERINGATAN :
  1. JANGAN mengulang kata lebih dari 3 kali (bisa dianggap spamming)
    Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :

    <meta name="keywords" content="bali, bali hotels, travel in bali, bali island, bali weather>

    Terlihat sekali kata "bali", diulang lebih dari 3 kali.  Sebagai alternatif, contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh mesin pencari :

    <meta name="keywords" content="bali hotels travel bali island bali weather">

  2. JANGAN membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman website Anda karena akan dianggap spamming. Misalkan website Anda memuat informasi tentang website design, maka jangan menambahkan "Britney Spears" sebagai kata kunci hanya karena kata kunci tersebut favorit di internet dan banyak dicari orang.

Meta Tag Robots - website archives

Tujuan penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa di-indeks oleh spider dan halaman web mana yang tidak di-indeks. Tag ini sangat berguna ketika sebuah website memakai frame untuk navigasinya. Mengapa? Tentu kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine.

Sintaks dasar meta tag robots :

<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :

<meta name="robots" content="index follow">

Dengan perintah ini spider akan meng-indeks main page Anda dan menjadwalkan untuk mengindeks halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="...">).

Perintah berikut menginstruksikan agar spider tidak meng-indeks (menelusuri) link yang ada pada suatu halaman web.

<meta name="robots" content="noindex nofollow">



KESIMPULAN

Jika Anda peduli dengan SEO untuk blog atau website, maka silahkan ketiga meta tag diatas di-setting dengan baik sesuai isi dan thema situs Anda.

That's all we know - Happy be blogger


Comments

0 komentar:

Poskan Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading