Tidak bisa disangkal manusia adalah makhluk rumit untuk dipahami. Justin Butlion menggunakan istilah complicated animal untuk menggambarkan kerumitan tersebut. Meskipun pandangan, latar-belakang sosial, budaya dan pengalaman kita masing-masing berbeda, namun ada beberapa sifat psikologis dan perilaku bawaan bersifat universal.
Pemahaman dasar sifat psikologis dan perilaku bawaan ini membantu kita merancang toko online lebih menarik. Setiap owner toko online Prestashop misalnya, harus menjadi psikolog amatir memanfaatkan pengetahuan yang kuat untuk membantu membangun bisnis online. Berikut ini pemikiran Justin Buttlion tentang hal tersebut.
1. We are visual creatures
Pikirkan tentang rasa takut bawaan Anda pada ular, reptil besar dan banyak hal lain yang bisa membunuh, maka seketika akan tervisualisasikan dalam benak Anda. Studi Neuroanatomy membuktikan, hampir 50% dari otak kita didedikasikan untuk persepsi visioner kita tentang dunia. Ini adalah persentase yang besar ketika berpikir tentang masih banyaknya fungsi otak lainnya.
- Gunakan grafis besar dan terang di toko online untuk membantu pengunjung agar segera dapat mengkaitkannya dengan produk Anda.
- Gunakan model (video) demo untuk menyorot semua produk secara realistis.
2. Birds of a feather flock together
- Jika ingin pakai seorang model, gunakan model yang menyerupai target pasar Anda semaksimal mungkin.
- Gunakan media sosial sebanyak yang bisa dilakukan dalam upaya pemasaran. Temukan cara memasukkan kelompok tersebut dalam proses pembelian atau ada di sekitar acara khusus (e.g. liburan, bazaar atau festival).
3. Free is really powerful
- Dan Ariely (Behavioral economics) melakukan experiment menarik :
Dan Ariely mendirikan stand Candy yang menjual permen coklat bermutu bagus merk Lindt Truffles seharga 15 cents dollar dan merk Hershey Kisses seharga 1 cent. Penjualan yang dibukukan adalah 73% dari mereka yang mampir membeli merk Lindt Truffles. Sisanya 27% membeli merk Hershey Kisses.
Perlu Anda tahu bahwa permen coklat Lindt Truffles sangat lezat dan biasanya harga 50 sen – artinya merek ini telah dijual sangat murah.
Dan Ariely kemudian menurunkan harga kedua merk permen tersebut masing-masing 1 cent, sehingga MENJADIKAN HARGA PERMEN Hershey Kisses GRATIS. Hasilnya terjadi perubahan drastis, kini 69% lebih menyukai permen Hershey Kisses bermutu rendah.
- Sediakan layanan tambahan (hadiah menarik) gratis untuk pengunjung yang membeli. Insentif kuat ini bisa meningkatkan penjualan dan trafik kunjungan.
- Pengiriman gratis dianggap lazim pada banyak industri, tetapi jika masih belum digunakan secara luas dalam industri (produk) Anda, disarankan mempertimbangkan MENAIKKAN harga lalu tawarkan pengiriman gratis.
- Jika Anda menjual sesuatu yang elektronik seperti e-Book atau aplikasi, lalu mempertimbangkan menurunkan ke harga NOL (gratis) dalam range waktu terbatas untuk mendapatkan dorongan besar di download dan berharap PUBLISITAS gratis (situs lain akan menyebarkan berita) bahwa produk Anda sekarang sedang digratiskan.
4. Too much choice doesn’t create liberty
Riset supermarket telah menunjukkan bahwa terlalu banyak opsi benar-benar menciptakan pengaruh melumpuhkan, depresi dan kecemasan dalam menentukan pilihan. Pandangan pertama pada produk menjadi hal yang indah daripada menghadapi opsi melimpah dan wasting a lot time.
- Bikinlah semua hal pada toko online menjadi simpel.
- Jangan berlebihan dalam jumlah opsi di toko online.
- Buat struktur menu dan navigasi situs sedemikian rupa sehingga tidak membanjiri pengunjung dengan pilihan terlampau banyak.
5. We listen to our friends and family
Salah satu keunggulan manusia sebagai makhluk sosial adalah kita dapat mentransfer pengetahuan dan pengalaman dari satu ke yang lain dan memanfaatkan pengalaman gabungan dari seluruh kelompok. Kita gunakan keunggulan mentrasfer ini saat kita mendapat rekomendasi dari kawan (keluarga) dalam proses menetapkan suatu pilihan.
Revolusi social media menjadi kekuatan rekomendasi dalam skala masif serentak hanya dengan satu kali tweet (di Twitter) atau update post pada toko online, Anda akan mampu menciptakan efek riak (ripple effect) melalui internet dan berdampak besar dan semakin membesar.
Menurut laporan Nielsen’s Global Trust in Advertising, yang mensurvey lebih dari 28,000 responden Internet di 58 negara, 92% konsumen lebih percaya pada saran keluarga dan teman-temannya.
- Mengintegrasikan media sosial (Google Buzz, Facebook, Twitter, Linkedin, Stumbleupon, Pinterest etc) secara mendalam dalam bisnis online.
- Memudahkan pelanggan/pengunjung untuk berbagi situs Anda, produk dan merek dengan teman dan keluarga mereka.
- Berinvestasi dalam membangun komunitas online yang kuat yang akan memberitakan merek Anda dan / atau jasa untuk teman dan keluarga mereka.
Kita tidak bisa lari dari kodrat manusia sosial. Kita sangat bersyukur terhadap kontribusi ahli social economists, psychologists dan researchers, yang menjadikan kita punya pemahaman lebih baik tentang bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain, bagaimana merk (produk) yang diiklankan setiap hari – dengan bantuan interaksi dengan sahabat dan keluarga membantu kita mengabaikan atau menjadikan kita terobsesi untuk mendapatkannya.
- Every online store owner should become an amateur psychologist and leverage this powerful knowledge to help them build their online empire.