Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

01 Mei 2013

Prestashop : 5 sifat manusia yang Tak Boleh diabaikan


Kita perlu memahami karakter beragam pengunjung toko online (e.g. Prestashop, Magento, Zen Cart, Bloggerstore etc) agar dapat memberi treatment lebih baik ke sebanyak mungkin orang. Treatment tepat kepada setiap pengunjung (pelanggan) setia memiliki kontribusi penting untuk memastikan mereka kembali.

Tidak bisa disangkal manusia adalah makhluk rumit untuk dipahami. Justin Butlion menggunakan istilah complicated animal untuk menggambarkan kerumitan tersebut. Meskipun pandangan, latar-belakang sosial, budaya dan pengalaman kita masing-masing berbeda, namun ada beberapa sifat psikologis dan perilaku bawaan bersifat universal.

Pemahaman dasar sifat psikologis dan perilaku bawaan ini membantu kita merancang toko online lebih menarik. Setiap owner toko online Prestashop misalnya, harus menjadi psikolog amatir memanfaatkan pengetahuan yang kuat untuk membantu membangun bisnis online. Berikut ini pemikiran Justin Buttlion tentang hal tersebut.

1. We are visual creatures

Otak kita seperti jaringan kabel dengan kerumitan sedemikian rupa yang menjadikan kita sadar bisa menguraikan gambar hampir seketika. Proses mental ini memiliki kecepatan sangat tinggi. Bersyukurlah atas anugerah ALLAH SWT. Karena berkat sifat bawaan dari otak ini dan telah disahkan dalam gen kita telah membantu kita bertahan hidup.

Pikirkan tentang rasa takut bawaan Anda pada ular, reptil besar dan banyak hal lain yang bisa membunuh, maka seketika akan tervisualisasikan dalam benak Anda.  Studi Neuroanatomy membuktikan, hampir 50% dari otak kita didedikasikan untuk persepsi visioner kita tentang dunia. Ini adalah persentase yang besar ketika berpikir tentang masih banyaknya fungsi otak lainnya.

Aplikasi konsep
  • Gunakan grafis besar dan terang di toko online untuk membantu pengunjung agar segera dapat mengkaitkannya dengan produk Anda.
  • Gunakan model (video) demo untuk menyorot semua produk secara realistis.

Semakin mudah bagi visitor mengasosiasikan produk, semakin besar kemungkinan mereka membuat kontak dengan Anda.

2. Birds of a feather flock together

Masyarakat telah mengajarkan bahwa dunia ini saling berhubungan dan ada kelompok-kelompok berbeda telah hidup bersama. tetapi sifat manusia yang ada pada diri kita adalah kekuatan sangat kuat. Penelitian menunjukkan bahwa kita tertarik pada orang-orang yang terlihat seperti kita, bahkan lebih dari saudara kita sendiri jika kemiripan tersebut cukup kuat.

Aplikasi konsep
  • Jika ingin pakai seorang model, gunakan model yang menyerupai target pasar Anda semaksimal mungkin.
  • Gunakan media sosial sebanyak yang bisa dilakukan dalam upaya pemasaran. Temukan cara memasukkan kelompok tersebut dalam proses pembelian atau ada di sekitar acara khusus (e.g. liburan, bazaar atau festival).

3. Free is really powerful

  • Dan Ariely (Behavioral economics) melakukan experiment menarik :

    Dan Ariely mendirikan stand Candy yang menjual permen coklat bermutu bagus merk Lindt Truffles seharga 15 cents dollar dan merk Hershey Kisses seharga 1 cent. Penjualan yang dibukukan adalah 73% dari mereka yang mampir membeli merk Lindt Truffles. Sisanya 27% membeli merk Hershey Kisses.

    Perlu Anda tahu bahwa permen coklat Lindt Truffles sangat lezat dan biasanya harga 50 sen – artinya merek ini telah dijual sangat murah.

    Dan Ariely kemudian menurunkan harga kedua merk permen tersebut masing-masing 1 cent, sehingga MENJADIKAN HARGA PERMEN Hershey Kisses GRATIS. Hasilnya terjadi perubahan drastis, kini 69% lebih menyukai permen Hershey Kisses bermutu rendah.

Aplikasi konsep
  • Sediakan layanan tambahan (hadiah menarik) gratis untuk pengunjung yang membeli. Insentif kuat ini bisa meningkatkan penjualan dan trafik kunjungan.
  • Pengiriman gratis dianggap lazim pada banyak industri, tetapi jika masih belum digunakan secara luas dalam industri (produk) Anda, disarankan mempertimbangkan MENAIKKAN harga lalu tawarkan pengiriman gratis.
  • Jika Anda menjual sesuatu yang elektronik seperti e-Book atau aplikasi, lalu mempertimbangkan menurunkan ke harga NOL (gratis) dalam range waktu terbatas untuk mendapatkan dorongan besar di download dan berharap PUBLISITAS gratis (situs lain akan menyebarkan berita) bahwa produk Anda sekarang sedang digratiskan.

4. Too much choice doesn’t create liberty

Tahukah Anda bahwa supermarket rata-rata menjual lebih dari 38.000 item produk?  Ketika saya memilih merk suatu produk di Alfa-Mart dekat rumah di Pulogebang Permai – Jakarta Timur, misalnya bisa saja saya lakukan dengan mudah. Namun Anda harus mengakui bahwa Hypermarket GIANT menawarkan jumlah pilihan amat sangat melimpah dan proses mental saat menentukan pilihan pun masuk level berbeda.

Riset supermarket telah menunjukkan bahwa terlalu banyak opsi benar-benar menciptakan pengaruh melumpuhkan, depresi dan kecemasan dalam menentukan pilihan. Pandangan pertama pada produk menjadi hal yang indah daripada menghadapi opsi melimpah dan wasting a lot time.

Aplikasi konsep
  • Bikinlah semua hal pada toko online menjadi simpel.
  • Jangan berlebihan dalam jumlah opsi di toko online.
  • Buat struktur menu dan navigasi situs sedemikian rupa sehingga tidak membanjiri pengunjung dengan pilihan terlampau banyak.

5. We listen to our friends and family

Salah satu keunggulan manusia sebagai makhluk sosial adalah kita dapat mentransfer pengetahuan dan pengalaman dari satu ke yang lain dan memanfaatkan pengalaman gabungan dari seluruh kelompok. Kita gunakan keunggulan mentrasfer ini saat kita mendapat rekomendasi dari kawan (keluarga) dalam proses menetapkan suatu pilihan.

Revolusi social media menjadi kekuatan rekomendasi dalam skala masif serentak hanya dengan satu kali tweet (di Twitter) atau update post pada toko online, Anda akan mampu menciptakan efek riak (ripple effect) melalui internet dan berdampak besar dan semakin membesar.

Menurut laporan Nielsen’s Global Trust in Advertising, yang mensurvey lebih dari 28,000 responden Internet di 58 negara, 92% konsumen lebih percaya pada saran keluarga dan teman-temannya.

Aplikasi konsep

Kita tidak bisa lari dari kodrat manusia sosial. Kita sangat bersyukur terhadap kontribusi ahli social economists, psychologists dan researchers, yang menjadikan kita punya pemahaman lebih baik tentang bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain, bagaimana merk (produk) yang diiklankan setiap hari – dengan bantuan interaksi dengan sahabat dan keluarga membantu kita mengabaikan atau menjadikan kita terobsesi untuk mendapatkannya.

rekomendasi produk online pada interaksi sosial
Itulah kekuatan interaksi sosial dan social media!

  • Every online store owner should become an amateur psychologist and leverage this powerful knowledge to help them build their online empire.



That's all we know - Happy blog blogger

Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading