Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

03 Januari 2012

Memahami Dunia Internet dan website blog (2)


Sejarah Jaringan Internet, blog dan Website

Jaringan internet atau world web wide (www) melahirkan aktivitas turunan yaitu pembuatan blog atau website yang menjadi ciri khas tampilan internet. Dengan media internet beserta turunannya, informasi apapun tersedia secara instan, cepat, serentak dan massif ke seluruh dunia.

Sejarah internet dimulai dari adanya network atau "jaringan," yaitu kumpulan 2 atau lebih computer secara fisik terhubung sehingga semua computer yang ada di jaringan tersebut saling berkomunikasi (transfer data, software, gambar et cetera). Satu jaringan dengan jaringan lain membentuk inter-networking. Kemudian inter-networking satu dengan internetworking lain di seluruh dunia bersatu membentuk internet.

Internet adalah kumpulan paling akhir dan paling besar (sampai saat ini) dari bersatunya semua jaringan di seluruh dunia.

Dan salah satu fitur dari internet adalah teknologi web atau website (fitur lain, seperti e-mail, Remote (SSH), FTP et cetera).

Web server, WWW, website, URI, http dan https

World Wide Web adalah atau www program penemuan Tim Berners-Lee, fisikawan Inggris. Awalnya ia hanya ingin menemukan cara menyusun arsip riset. Untuk itu, dia kembangkan sistem untuk keperluan pribadi berupa software yang dinamai EQUIRE. Dengan software itu dia sukses membuat jaringan terkait (linked) antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Ini menjadi dasar revolusi web.
web server ilustration 4 website design BLOG
Awalnya WWW dikembangkan di Pusat riset Fisika Partikel Eropa - bernama (CERN), Jenewa. Tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal proyek pembuatan hypertext global. Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dijalankan di lingkungan CERN.  Tahun 1991 WWW resmi digunakan di jaringan Internet sebagai tahun kelahiran internet.

Sebuah website identik dengan HTML. Maksudnya, apa yang ditampilkan pada halaman web adalah file (dokumen) HTML.

HTML bukanlah alat word-processing atau alat publisher dan bahkan juga bukan bahasa pemrograman karena HTML tidak di-Compile oleh Compiler dan juga tidak memiliki fitur untuk Perulangan, Percabangan, Array dan lainnya. HTML adalah dokumen yang ditulis untuk webpage yang akan ditampilkan di browser.

Tujuan utama ditulis file HTML adalah :
  1. mendefinisikan struktur dan penampilan sebuah dokumen di browser internet.
  2. Merupakan sesuatu yang dapat dengan cepat dan mudah didistribusikan pada sebuah network, inter-networking atau bahkan di internet.
  3. Merupakan sesuatu yang dapat diterjemahkan oleh di semua computer yang bervariasi (baik spesifikasi computer, Operating-System (e.g windows, Linux etc), maupun browser (e.g. Google Chrome, Mozilla, etc)).
  4. File HTML bisa ditulis dengan pengolah teks biasa (e.g. Notepad) dan langsung bisa diterjemahkan oleh interpreter pada browser menjadi satu tampilan tanpa tambahan aplikasi lain.

Pada saat ini yang paling luas digunakan adalah XHTML, dan merupakan jenis dokumen yang berbeda dengan HTML. XHTML merupakan generasi penerus dari HTML dan untuk menggantikan HTML karena ada tuntutan sebuah webpage diirim ke Smart-Phone, iPod dan lainnya yang memiliki keterbatasan dalam menampilkan dokumen HTML.

Website generasi pertama bersifat statis dan ditulis dalam format HTML, karena hanya dimaksudkan untuk komunikasi satu arah. Yaitu sesorang membuka website tertentu bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain memanfaatkan hypertext TETAPI tidak dapat input data atau merespon ke halaman tersebut. Ini sangat canggih pada zamannya.

Mengenal Web Server : Rumah bagi website

web serverweb server
Web server Adalah perangkat lunak (software) server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web (Menjelajah dengan Mesin Pencari seperti Google, IE atau Mozilla) dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web page yg umumnya berbentuk dokumen HTML.

Web Server terkenal diantaranya Microsoft Internet Information Service (IIS) yang hanya bisa beroperasi di lingkungan sistem operasi Windows. Sementara Web server  Apache merupakan server web antar-platform.

World Wide Web (www) dan website

Kumpulan web server dari seluruh dunia disebut WEB (World Wide Web) yang berfungsi sebagai HOST yaitu menyediakan data dan informasi teks, gambar, suara, video dan animasi untuk digunakan bersama.

  • WWW merupakan kumpulan dokumen sangat banyak yang ada pada komputer server (web server), di mana server-server ini tersebar di 5 benua, dan terhubung menjadi SATU melalui jaringan Internet. Dokumen informasi ini disimpan dan dibuat dalam format HTML.
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks saling terkait dengan teks lain atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks disebut hypertext. Dokumen infomasi ini bisa berupa text, gambar, suara bahkan klip video. Keterkaitan antar-dokumen seperti ini disebut hypermedia

Kesimpulannya, WWW adalah sekelompok dokumen multimedia saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan klik hyperlink, maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lain.

Mengenal URI website

  • Uniform Resource Identifier adalah Pengenal Global yang mengidentifikasi sumber-sumber yang berguna dalam ruang informasi WWW untuk dimanfaatkan oleh semua Web Server.

Mengenal HTTP pada URL website

  • Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
HTTP banyak digunakan pada pengambilan sumber-daya yang saling terhubung dengan Hyperlink – yang juga dinamai sebagai dokumen hiperteks  dan selanjutnya akan membentuk WWW.

Ada 2 versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang menggunakan koneksi sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang.

Mengenal HTTPS website

  • Merupakan versi aman HTTP (protokol komunikasi WWW) penemuan Netscape Communications Corp. untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi yang banyak digunakan dalam E-Commerce.




That's all we know


Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2011/11/2-memahami-dunia-internet.html?showComment=1325652604020#c2227719945417405189'> 04/01/12, 11.50 Reply

Make a reciprocal links – a pair of active link - a link to one of your webpages from a webpage on another site, and a second one from that site to add one of your webpages being. More reciprocal links you to install, its a search engine's search results appear in the high growth potential for the website usually have it.

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading