Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

24 Desember 2012

toko online Prestahop : 5 langkah upgrade ke versi terbaru


Prestashop memang hebat! CMS webstore ini sering hadir dengan hal baru dan versi terbarunya kerap release setiap beberapa minggu. Beberapa versi yang released membawa perubahan mayor, sebagian lainnya hanya perubahan kecil, namun semua versi ini membawa sejumlah inovasi, peningkatan fungsi dan perbaikan bug (cacat). Sangat disarankan untuk mengikuti versi terbaru.

Upgrade - Downgrade : Ganti versi website store Prestashop

Versi terbaru sampai November lalu adalah 1.5.2.0. Namun terus terang saja untuk versi terbaru ini saya tersandung masalah pelik, yaitu setelah upgrade dari versi sebelumnya (1.5.1.0), pelanggan tidak dapat LOGIN ke akunnya yang terdaftar di Prestashop (Fatal, khan?). Berminggu-minggu saya gagal memperbaiki, sehingga memaksa saya melakukan DOWNGRADE kembali ke versi semula yang tidak bermasalah. Saya hapus seluruh isi ROOT (public_html) dan install ulang dengan menggunakan folder hasil decompress prestashop1510.zip.


Memperbarui template website store PrestaShop

Ada 2 cara untuk upgrade template website store PrestaShop :
  • Automatic  Upgrade otomatis hanya memerlukan penambahan script, tetapi boleh jadi pilihan ini sangat tidak cocok jika Anda lebih suka mengontrol segalanya. 
  • Manual update (experts only)
So, alternatif kedua adalah pilihan ideal tetapi hanya boleh dilakukan oleh ahlinya (karena Anda juga harus membuka dan mengganti beberapa snippet kode pada beberapa filenya).
    Ada 5 step dasar untuk kesuksesan manual upgrade :
    1. Save & Backup Your Current Shop
      Pada tahap ini sangat ditekankan agar Anda membuat backup Database dan file-file Anda. Anda jangan mengabaikan langkah ini atau melewatkannya. Maksudnya, jangan beralih ke step 2 tanpa menyelesaikan tahap ini.
    2. Getting Ready for the New Version
      Pada step ini Anda harus menyiapkan file-file yang perlu di-copy ke  Prestashop versi baru.
    3. Starting the Update
      Pada langkah ketiga ini mulai upgrade script yang akan meng-upgrade Database Anda.
    4. QA and Testing
      Dalam tahap keempat ini ada berbagai pemeriksaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa toko online Anda telah di-update dengan benar ke versi terbaru.
    5. Going Live with the New Website
      Langkah terakhir ini adalah Anda mengakrabkan diri dengan update versi terbaru.
OK. kelima tahapan diatas wajib dilakukan dan lakukan semuanya sesuai dengan urutannya.
  • Please pay close attention to any of them, and do not skip any steps.
Jika prosedur dengan 5 tahap di atas diikuti dengan ketat, maka seharusnya tidak butuh waktu lebih dari setengah jam (tentu saja disyaratkan dengan pemahaman logika Prestashop seutuhnya). Sekali lagi jangan dilompati urutannya, karena setiap tahapnya sangat krusial. Jika tidak berurutan akan butuh waktu lebih lama dan kemungkinan pula Anda gagal meng-update.

Untuk setiap support request atau permintaan bantuan dalam setup Prestashop, sumber yang bisa dihubungi adalah :
Penyebab lain dari kegagalan upgrade terkuak dari pendapat ini : (Anda hanya perlu membuktikannya!!)

Have you tried upgrading from a non-modified prestashop? A vast majority of errors is caused by 'custom' changes to the native prestashop.... also I'd like to suggest if you have specific problems (on remote host), is to open a bug report as this help everyone...

Singkat kata, jika pada versi sebelumnya Anda terlalu banyak melakukan penyesuaian (kustomisasi), misalnya resize page (aslinya width = 982px) Anda ubah lebar webpage menjadi selebar layar monitor (1272px) yang tentu saja rembetannya akan ada penyesuaian kolom UTAMA (tengah) atau kolom kiri dan kanan dan lainnya.  Maka kemungkinan besar akan terjadi error saat di upgrade ke versi terbaru.





Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading