Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

14 Juni 2012

Solusi computer gagal masuk ke Windows - website files


Computer dan laptop sudah menjadi kebutuhan primer bagi blogger atau webmaster.  Penggunaannya pun semakin luas dan intens. Apabila computer sudah menjadi kebutuhan utama, maka saat computer bermasalah maka kita pun sangat kesal karena aktifitas internet pun terhenti.  Jika ingin mencoba mencari solusinya, akan lebih baik lagi bila Anda memahami masalah yang dihadapi.  Berikut ini tips untuk PC atau laptop yang gagal masuk ke Windows.

Masalah kegagalan Start-up - arsip website

Anda menyalakan (restart) komputer, tapi monitor hanya menampilkan error, tentu sangat menjengkelkan. Setelah startup, dan ternyata tidak mau masuk ke Windows dengan pesan error seperti ‘dll not found’ atau ‘blue screen’ bisa disebabkan banyak hal. Antara lain :
  1. Ada file Sistem operasi Windows yang secara tidak sengaja terhapus
  2. Ada virus, spyware atau trojan yang ikutan ‘loading’ startup computer
  3. Ada file (driver) yang rusak, dan gagal dibaca oleh Windows
  4. Ada kerusakan hardware, terutama memori computer atau harddisk
  5. SO Windows rusak atau instalasi tidak sempurna
  6. Setting BIOS tidak benar atau ada pengubahan setting BIOS

Cara check dan tips solusi kegagalan Start-up - website files

  1. Start-up dengan menggunakan metode ’safe mode’ (tekan F5 saat akan masuk ke OS Windows, lalu pilih safe mode).

    1. Jika berhasil masuk ke Windows berarti ada ‘loading’ yang tidak bisa dibaca oleh Windows. Matikan proses loading dengan perintah ‘msconfig’ pada bagian startup.

      Cara memanggilnya : start>run>msconfig

    2. Kalau computer tidak bisa masuk ke Windows, cara termudah adalah repair Windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi Windows, terus ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi, masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi Repair Windows. Anda bisa install ulang Windows ke folder baru atau mem-format harddisk.

  2. Bila ternyata repair Windows gagal.
    Pastikan Anda tidak mengubah-ubah setting BIOS sebelumnya. Jika pernah dilakukan, sebaiknya kembalikan ke seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi - Loading BIOS default.

  3. Bila semua langkah di atas gagal semua.
    Kemungkinan ada kerusakan hardware. Kerusakan biasanya ada pada memori dan harddisk. VGA dan Mainboard  juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil.
Note :
Kerusakan driver VGA card juga dapat menyebabkan Windows tidak bisa masuk. Anda harus startup di ’safe mode’ lalu uninstall driver VGA yang rusak dahulu, dan baru kemudian install kembali driver VGA yang benar ketika masuk ke Windows secara normal.


That's all we know



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading