Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

21 Juni 2014

Jason Bourne film: Don't be website programmer!



profesi programmer web design web developer
Anda tahu profesi Programmer, Website Designer atau Web Developer? Mereka tidak pernah lepas dari Coding – setiap saat pikiran dipenuhi code (belum lagi mikirin SEO jika ada permintaan tambahan ini) dikejar deadline dan selalu kehabisan waktu – sehari 24 jam tidak cukup, berharap seminggu lebih dari 7 hari sebulan lebih dari 31 hari. Hidupnya sangat tertekan hanya karena 1 baris script code error dan tidak bisa diperkirakan kapan solusinya ditemukan meski telah memeras otak habis-habisan sementara client selalu menteror “Kapan jadinya?”

Order bikin toko online yang saya terima, misalnya, selalu melewati deadline, bukan berarti malas. Sekali waktu saya juga bingung tidak tahu lagi mau menulis apa, sementara otak terus bekerja. Kadang solusi ditemukan seketika saja saat ada di toilet, atau saat browsing.

  • Bahkan setan terkutuk pun sudi menawarkan solusi saat saya sedang sholat (sholat tidak khusyu' sambil memikirkan coding Emang sih pada moment seperti ini ilham tiba-tiba datang dan masalah code yang error terpecahkan). Begitulah cara setan mengganggu kekhusyukan sholat saya, termasuk menjadikan saya sering menunda sholat karena “Ah! Tanggung sedikit lagi.”
  • Saya hanya ingin mengatakan : “Solusi code yang error tidak dapat ditentukan deadline demikian juga order bikin program atau situs toko online.
  • Profesi seperti saya, ”semua yang dilakukan adalah – TRY AND ERROR – LEARNING BY DOING.

Boleh jadi deal dengan client untuk bikin toko online, saya kasih taksiran selesai dalam 2 minggu – asal tidak menghadapi code error sama sekali. Artinya, semua materi content (teks, gambar, video, slide, banner, animasi, dan lainnya) sudah disiapkan client. Dan saya hanya memanfaatkan template yang sudah ada ditambah variasi dan modifikasi seperlunya.

Deal untuk bajuditoko[dot]com – awalnya 3 minggu selesai dalam bentuk standar, tapi ujung-ujungnya selesai lebih dari 3 bulan, karena client maunya tambah ini itu (dengan tambahan biaya tentunya). Bayangkan! Saya harus kustomisasi size (aslinya lebar webpage 980px diubah menjadi FULLPAGE (1272px). Memang sangat repot sebab harus resize semua, cari code baru, tabel phpMySQL, modifikasi code file php, tpl, css dan sering bengong karena otak buntu.

Ada sih hikmahnya. Situs bajuditoko[dot]com punya 2 template sekaligus seperti gambar di bawah ini. Template mana yang ingin dItampilkan di webpage, Admin hanya perlu switch melalui Backup and Restore di cPanel.

MYTOKO-OLSTORE dalam tampilan FULL PAGE (width 1272px)
sampel prestashop web design servicessampel prestashop website designsampel prestashop layanan website design

MYTOKO OLSTORE dalam tampilan STANDAR (Lebar webpage 980px)
sampel prestashop layanan bikin toko onlinesampel prestashop bikin toko online

Jangan menjadi PROGRAMMER atau website designer?

Profesi Programmer bukan pilihan menjanjikan, suer!!!. Anda ingin merasakan kehidupan Programmer? Jika pernah menonton film Jason Bourne dan menyukainya, maka teruskan minat Anda, Jujur saja, itu pilihan tidak menarik. Bagaimana tidak, Programmer selalu dikejar waktu dan ditekan Bos, Client dan orang yang selalu “ingin membunuh Anda,” memburu dengan pertanyaan ”Sudah selesaikah? Sampai dimana? Lalu, kapan selesainya? Kapannn?  Braaakk!!!

Jika Anda terlanjur lulus jurusan IT, saya sarankan jangan menjadi Programmer, meski IP 4.0. Pikirkan profesi lain, misalnya birokrat, kerja kantoran atau yang lebih keren sebagai Hacker, yang menjadikan Anda punya reputasi, terkenal, hebat dan canggih walaupun sebenarnya Anda tidak sehebat itu.

  • Ingat pencitraan itu lebih penting dari kemampuan. Presiden kita sudah mengajarkan tentang hal itu. Prestasinya kedodoran ditutupi pencitraan. …. JANGAN DITIRU!

Sebaiknya Anda tidak jadi Programmer atau website designer!

1. Terus Menerus harus Belajar
Programmer seharusnya lebih hebat dari Superman. Profesi Superman wartawan biasa. Kemampuan supernya bawaan dari lahir. Sebaliknya jika Anda Programmer, Anda harus mendapatkan “kekuatan super” sedikit demi sedikit, dari waktu ke waktu belajar ketika harus menangani kode yang error.

Seorang Programmer belajar bahasa pemrograman saja tidak cukup, Anda harus belajar apapun yang diminta client. Misalnya, Anda diminta membuat program untuk bank, Anda harus belajar perbankan, penjualan atau berpikir sebagai penjual atau marketer. Membuat program perhitungan nuklir, Anda harus paham rumus nuklir.

Jadi sebenarnya Anda harus belajar apapun yang diminta client (Bos), artinya Programmer harus siap jadi apa saja. Hebat, nggak? Adakah profesi lain yang mengharuskan memahami bidang apa saja?
  • Misalnya Anda Programmer atau Web Designer atau Web Developer. Dalam php, dahulunya Anda mencukupkan diri memahami php mysql. Tapi hal itu tidak cukup sekarang. Anda kini seharusnya juga menguasai ajax, Jquery, jason, xml, web API, framework, cloud dan segudang istilah-istilah teknis yang keluar hampir setiap hari!, muntah deh!
2. Berpikir 24 jam Nonstop
Anda pikir programmer (programmer kantoran) hanya berpikir 8 jam sehari? TIDAK, apalagi Programmer Freelance. Anda akan berpikir 24 jam nonstop, saat makan, saat di WC bahkan saat sholat dia masih memikirkan kode-kode error atau program yang tidak jalan. Kadangkala setan memberi tahu kesalahan yang Anda lakukan atau memberi solusinya persis saat berusaha sholat khusyu’ Jika sudah stress akut, boleh jadi mimpi Anda berisi solusi deretan code. Dan Anda begitu senangnya bahwa program selesai dibuat,  tetapi saat bangun.  Yah! … programnya masih error!

3. Menjadi Budak!
Harus siap menjadi budak bos atau client. Saya tidak berlebihan dengan ungkapan ini. Bayangkan :

Anda Programmer kantoran. Di ruang kantor Bos, seorang client meminta dibikinkan program ”sederhana” Programnya memang benar sangat simpel. Permintaan Client itu juga sangat sederhana :
  • Cukup bikinkan program android satu tombol yang jika di-klik tombolnya maka BOM Nuklir di Iran akan meluncur ke Israel. Gampang khan? Cuma 1 tombol.
Bos sangat senang menerima proyek gampang tersebut, sementara Anda hanya bisa membenturkan kepala berkali-kali ke tembok. “Ingat, cuma 1 tombol saja, gampang kok!” “Jika sukses gajimu di-NAIK-kan!!!” Janji si Bos.

4. Merasa Menjadi Buronan Setiap Hari
Jason Bourne itu gambaran tepat profil programmer, setiap 5 menit sms masuk untuk bertanya:
Sudah selesai programnya?Apakah web saya sudah jadi?kemarin revisinya bagaimana? Khan cuma revisi sedikit kok lama ya?Alasan Error terus, Anda bisa menyelesaikannya atau tidak sih?.”

Terror akan terus berdatangan bahkan saat Anda tidur. Hal itu akan terus dialami freelance programmer atau programmer kantoran. Bedanya untuk programmer kantoran, pertanyaan datang dari Bos yang tiba- tiba muncul dibelakang Anda :”Sampai dimana proggress-nya?.” Bos juga diteror oleh Client. Banyak mahasiswa IT, stres dan pusing setengah mati ketika deadline pengumpulan naskah dan program belum selesai padahal kurang 1 minggu. Programmer hampir tiap hari di deadline. Seorang mahasiswa IT mengatakan seperti pendadaran tiap hari. Jika gagal memenuhi deadline, Anda tidak lulus, dipecat, tidak dibayar dan client membatalkan perjanjian. Pikirnya job programmer sangat mudah, tinggal ketik, copy paste code, Running. Lalu apa susahnya?

5. Bayarannya sangat sedikit
Boleh saja bermimpi Programmer di sini akan makmur. Boleh pula bermimpi bahwa hanya dengan bikin program maka duit mengalir jutaan atau puluhan juta. UTOPIA!
  • Faktanya programmer disini hanya mendapat gaji kurang dari 10% dari teman2-nya di USA
Programmer di sini diperas habis habisan otaknya namun dibayar murah seperti buruh bangunan. Maka kebanyakan programmer kita kurus, jarang mandi, matanya belo dan kamar berantakan karena kerja dari bangun tidur sampai mau tidur lagi! Beberapa kali saya juga mengalami situasi yang memaksa 4 hari berturut-turut tidak sempat mandi saat tampilan website berantakan habis dan terpecah menjadi tampilan 16 halaman dan tidak punya backup. Perbaikinya pun sedikit demi sedikit. Saya mandi hanya karena mau sholat Jum’at.

6. Susah Dapat Cewek
Berbeda dengan pemain bola yang dipuja-puja cewek. Dengan penampilan dekil,  jarang mandi dan mata belo, cewek cantik mana yang mau. Apalagi hidup programmer itu penyendiri. Teman setia computer dan koneksi internet dan jarang bergaul. Kehidupan sosialnya “sakit.”

Programmer kurang pintar dari sisi sosial. Anda lebih baik menjadi olahragawan untuk otot Anda karena secara naluri sampai kiamat kayaknya cewek sudah di-setting suka dengan laki laki yang berbadan tegap, sixpack, ganteng. Otaknya kosong itu bukan masalah!
  • Saat menghidupkan komputer, itulah saatnya Programmer memasuki “Real Life.”
7. masa Depan Programmer Semakin Suram!
Kini banyak program generator seperti php generator dan visual GUI generator. CMS bertebaran di internet. Latihan membuat program saat kuliah tidak lagi terpakai. Masa depan Programmer pun suram.

8. Tidak Ada Hari-hari libur
Tidak ada hari libur bagi programmer, senin - minggu, tahun baru, semua hari sama saja. hari itu flat, datar. Seandainya presiden membuat agenda acara di depan kamar programmer, hal itu tidak akan mengalihkannya dari coding. Coding dan keyboard sudah menyatu dengan jiwanya.

9. (Dianggap) Tidak Punya Perasaan
Memang tidak sepenuhnya benar, tetapi dengan bekerja secara logic setiap hari, maka semuanya dipikir secara logic. Kadang berbicara terlalu kasar, tidak sabar dan kadang seperti orang gila berteriak-teriak sendiri, membenturkan kepala ke tembok atau sering menepuk jidat hanya gara gara 1 baris kode erorr! Kadang programmer lebih menyeramkan dari bulldog!. Jika Anda ingin bertemu dengan programmer, carilah saat yang tepat, misalnya, saat dia menonton film comedy atau anime jepang atau tripple eks. karena itulah satu-satunya hiburan yang menarik baginya.

10. Dianggap Suka Tidak Tepat Janji! Ada stereotipe menganggap Programmer adalah orang yang paling tidak tepat janji. misal menjanjikan program selesai besok, ternyata belum. Anda pikir programmer itu malas, buang jauh pikiran itu. kadang programer memang tidak menulis kode, karena bingung mau menulis apa, namun otaknya jalan terus. Mencari satu solusi bisa berhari-hari, atau berminggu. Menulis program tidak seperti menyusun batu bata.
  • Programmer  orang yang paling tidak menepati janji karena programming adalah bidang yang paling tidak pasti dalam hal “Kapan selesai.” Client mungkin berpikir : Ah … masak begitu! Anda tampaknya tidak profesional?
Sekali lagi pikirkan ini! Perusahaan sekelas microsoft kadang menunda rilis produk selama 6 bulan lebih karena proyek program yang rencananya akan dirilis belum sempurna, programmer-nya malas?JELAS TIDAK. Programmer di microsoft pasti kelas wahid. Penundaan-penundaan release produk baru juga biasa terjadi di perusahaan besar lain, seperti : Oracle, Google, Apple. Mereka sering menunda rilis produk karena fitur yang dijanjikan kadang lebih sulit dari yang diduga.
  • Maka berpikir positiflah jika program Anda belum selesai dibuat oleh programmer!.
Update :
Jika profesi Anda terlanjur menjadi programmer, ketahuilah bahwa “Hidup menjadi programmer itu sudah terlalu serius.” jadi nikmati saja tulisan diatas, jangan direspon berlebihan. Kata Joker “Why so serius”. Saya sendiri seorang web developer atau web designer. Setelah menulis tulisan ini juga tidak berniat berhenti dari profesi saya. Jadi jika ingin lebih menikmati hidup, biar hidup menjadi lebih hidup. Apalagi saya sendiri sebenarnya sangat menyukai detail. Saya jalani dengan full-passioned!!!!

Ilustrasi kehidupan programmer dalam sebulan
jasa bikin toko online
Happy blog blogger!



Comments

6 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1350450026254#c7529458298512554436'> 17/10/12, 12.00 Reply

mas aqu mau copy artikelnya y ... mau aqu postingkn di blog aqu ...

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1350457323893#c4552248118259221068'> 17/10/12, 14.02 Reply

Sumonggo, mas Giatno menawi dikersa'aken kaleh ndugeni http://yusufzulkarnain.blogspot.com nggeh!

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1351230149757#c5745218748315521564'> 26/10/12, 12.42 Reply

Artikel yang mantab, sangat 'nggugah ati'....

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1380882867342#c4555179499276902625'> 04/10/13, 17.34 Reply

I am very thankful to the author to write this fruitful information.It is worth sharing for other users.Thanks once again
Prestashop Programmer

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1385171589859#c7481190496148165574'> 23/11/13, 08.53 Reply

nice post :) , btw kunjungi balik yaa :D http://yosmantri.student.ipb.ac.id/2013/11/20/5-bacaan-wajib-seorang-programmer/ thanks :D

http://website-download.blogspot.com/2012/10/film-jason-bourne-lebih-baik-anda.html?showComment=1437723564942#c3205916538954412998'> 24/07/15, 14.39 Reply

top markotop...
kena banget...
profesi saya yang dulu...
kalau sekarang sih cuma iseng ;-)

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading