Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

09 Juni 2012

Menyiapkan website dengan host server berbayar


Bila ingin membuat website bisnis serius jangan gunakan Free Server (e.g. Blogspot, Wordpress etc). Gunakan Web Host dan Domain berbayar – biasanya dijual satu paket - karena lebih mendukung bisnis online. Membuat website bisnis TOKO ONLINE misalnya bisa dianalogikan dengan membuka Supermarket.
web hosting in website design blog

Anda menyewa ruangan supermarket (sama seperti sewa Web Hosting) dan memberi nama+alamat Supermarket (Nama Domain). Setelah itu Anda berhubungan dengan pihak desainer Layout supermarket dan menyiapkan perlengkapan pendukung  (Anda perlu membayar web developer untuk menyiapkan modul pembayaran, kurir atau modul lainnya, menggunakan, Software HTML Editing untuk membuat file-file website seperti sitemap.xml dan  robot.txt untuk dikirim ke "root directory" atau web hosting).

Terakhir dibutuhkan alat untuk mengirim semua perlengkapan pendukung Supermarket (Untuk toko online Anda dibutuhkan Software FTP Client  untuk mentransfer file2 website yang dibuat dan disimpan di komputer lokal ke Web Hosting). Terakhir mengisi Supermarket Anda dengan barang siap jual (seperti juga toko online Anda siap diisi konten text dan gambar produk).

Membuat toko online (seperti juga membuka Supermarket) dibutuhkan beberapa hal :
  1. Nama domain,   –   sama seperti nama atau alamat Super Market
  2. Sewa Account web hosting,  –  sama seperti menyewa ruang untuk Super Market
  3. Software HTML editor, seperti pakai  jasa konsultan interior + penyedia perlengkapan bisnis
  4. Software FTP,  seperti pakai jasa ekspedisi untuk kirim perlengkapan bisnis ke supermarket.

Menentukan Nama Domain website

Orang mengakses toko online dengan mengetik nama domain di Address Bar. Ada Beberapa point terkait pemilihan nama domain :
  1. • Nama domain harus unik. Apakah nama domain tersedia, check saja di truewhois.com
  2. • Sebisa mungkin nama domain terrkait dengan Isi keseluruhan website atau produk.
  3. • Gunakan domain .com.
    Why? Jika mau akses website, akhiran apa yang langsung Anda ingat? .COM
Demikian juga dengan pengunjung situs. Akhiran domain .com memiliki brand 80% lebih baik daripada domain akhiran lain.

Memilih dan membeli nama domain untuk website baru

Harga sewa nama domain di kisaran $10 - $15 per tahun dan sewa host $ 4.95 per bulan dari Host Gator. Berikut ini beberapa situs yang menyediakan domain dan jasa server murah. Jika tidak punya kartu kredit, disarankan membeli nama domain dan sewa host dari web hosting Indonesia saja.

Pembelian domain dengan kartu kredit :
http://www.ucvhost.com
http://www.domainpeople.com

Pembelian domain dengan transfer bank:
• http://www.techscape.co.id
• http://www.apenta.com/
• http://id.chalicehost.net/
• http://www.cyberspace.co.id/
• http://www.gadjahmada.com/
• http://www.medannic.com/

Atau cari di http://www.google.com, ketik “buy domain”  atau “web host..”
Atau http://www.searchindonesia.com dan ketik “beli domain.”

Memilih Account Web Hosting

Internet ialah kumpulan jaringan computer saling terhubung. Supaya data di computer (situs) bisa diakses computer lain, Anda perlu menyimpannya di server (Web-hosting) yang bekerja 24 jam sehari

Layanan web hosting dengan kartu kredit ataupun transfer bank:
• http://www.karyaweb.com
• http://www.cliohosting.com
• http://www.paheweb.com
• http://www.master.web.id
• http://www.gapura.web.id
• http://www.andalan.net
• http://www.websolusi.com
• http://www.techscape.co.id
• http://www.singcat.com
• http://www.indoweb.com

Software HTML Editing

Awalnya bikin website dibutuhkan pengetahuan khusus kode HTML dan saat itu website masih sangat sederhana. Tapi sekarang mudah, Istilah untuk kemudahan men-design laman web disebut “WYSIWYG” (What You See Is What You Get). Software yang paling popular untuk merancang website adalah FrontPage dan Dreamweaver yang memberi kemudahan yang luar biasa.

Jika belum pernah men-design webpage, ada tips untuk membuat web menarik dengan cepat :
  1. Jelajahi Internet, carilah satu halaman web yang sederhana namun menarik
  2. Save halaman tersebut (file > save as > halaman web (complete))
  3. Aktifkan software frontpage, biasanya sudah tertanam di computer anda
  4. Melalui frontpage, buka halaman web yang telah disimpan
  5. Anda akan melihat dari Frontpage bagaimana halaman web tersebut dirancang.
Berlatihlah mengubah huruf, warna, tabel dan lainnya. Anda akan cepat belajar dengan cara ini.

Software FTP

Setelah punya file-file untuk webpage, kini saatnya memasang di web host. Anda perlu FTP (File Transfer Protocol). Software FTP adalah alat khusus yang memungkinkan anda memindah file dari komputer dan meletakkannya ke dalam web atau disimpan oleh server (web host).

Contoh :
Software FTP WS_FTP Pro atau WS_FTP LE. Keduanya dibuat oleh Ipswitch.com.

Meng-upload File Anda ke Dalam Web

Kolom isian software FTP diisi data yang diterima dari web hosting via email setelah account web host anda diaktifkan. Data yang diminta :

Host Name/Address
adalah domainanda.com atau IP address.
IP address adalah serangkaian angka yang diberikan web host kepada anda sebagai identitas. IP address bisa ditemukan di email aktivasi account.

User ID
User ID digunakan untuk mengakses account hosting anda.

Password:
Ini adalah password account hosting anda.

Catatan :
Domain dan account web host adalah informasi sangat penting. Jangan sekali-kali memberikan data akses ke orang lain. Sekali kehilangan password, maka anda juga kehilangan bisnis Anda, seberapa pun besar perusahaan online yang Anda punya.

Jika 3 data (HostName, ID, password) sudah diisi dengan benar dan klik OK, maka otomatis software FTP akan mengakses account hosting.

Jendela FTP terbagi 2 bagian. Bagian kiri tempat data file Anda di komputer lokal. Bagian kanan tempat data file di web hosting account.

Jika Anda ingin transfer file dari bagain kiri ke data di bagian kanan, yang perlu dilakukan hanyalah memilih beberapa file yang akan di pindah lalu klik tanda “=>” yang terdapat di bagian tengah.

Anda ingin menyimpan file-file web tersebut di folder sebelah mana (pada account web host)?  Misalnya di folder “public_html”. Nama folder penyimpan file html untuk setiap web host mungkin berbeda, namun sebenarnya maksudnya sama. Anda bisa membaca petunjuk detail pada setiap web host yang menerangkan soal folder penyimpanan ini.

Jika ingin membukanya, klik 2x folder tersebut (public_html).

Pada umumnya folder public_html tidak berisi apa-apa selain sub folder “cgi-bin”. Jika ternyata terdapat beberapa file atau folder lain, biarkanlah, itu tidak masalah. Tugas anda selanjutnya adalah mentransfer file web yang sudah anda rancang sebelumnya di komputer menuju ke web account.

Cara di FTP sama persis dengan cara transfer di windows explorer. Hanya saja yang di FTP lebih praktis. Anda hanya perlu memilih file dan mengklik tombol “=>”

Anda bisa mentransfer file satu per satu, atau langsung bersamaan. Sama persis dengan saat anda mentransfer file dari satu folder ke folder lain di Windows Explorer, anda bisa memilih beberapa file sekaligus dan langsung meng-upload ke web account.

Jika proses transfer sempurna, Ketik www.domainanda.com  di address bar browser. Periksa seluruh link dan sistem navigasi. Adakah link mati atau apapun yang dianggap belum sempurna. Coba sistem submit, sistem reseller dan sebagainya. Setelah Anda yakin semua berjalan sempurna, mulai mempromosikan!

Bisnis Online sudah siap!



That's all we know


Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading