Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

05 Juli 2012

Tips menangani Missing Images Products di Prestashop


Tahukah Anda menyelami dunia web developer itu mengasyikkan bagi yang menyukai tantangan. Apalagi jika semuanya dilakukan autodidak karena memang sangat sulit mendapat bimbingan langsung dari master profesional. Kalaupun ada biaya konsultasinya mahal. Dengan otodidak semua masalah dicari sendiri dengan metode try and error. Anda sendiri yang cari-cari masalah dengan coba-coba mengotak atik kode-kode isi file-file Prestashop melalui cPanel atau FTP atau mengeksplorasi semua fitur Prestashop melalui Back Office.  Tentu saja resikonya tanggung sendiri.

Anda pasti akan sering menghadapi masalah, situs Prestashop Anda error.  Mencari jawaban / solusi pun harus dicari sendiri dengan Googling atau mengunjungi forum Prestashop berbahasa Inggris atau asing lainya dengan kontributor dari seluruh dunia atau yang berbahasa Indonesia. Tetapi sangat saya sarankan menelusuri Prestashop forum berbahasa asing karena topiknya sangat lengkap dengan advis atau opini dari master profesional.

Missing Images Products di website Prestashop

Solusi thumbnail produk hilang dan munculnya Bad Link - arsip website

Sekali waktu saya ingin memaksimalkan penggunaan fitur-fitur Prestashop dengan klik sana-sini pada menu-menu Back Office. Sebelumnya saya menuju ke BO >>Preferences >> Performance kemudian pada section Smarty saya beri tanda centang Force Compile YES dan Cache pilih NO agar setiap apa yang kita lakukan berpengaruh ke tampilan di Front Office. Tiba-tiba saya dapati tampilan ini :

gambar featured hilang   gambar thumbnail produk hilang

Saya mencari tahu penyebab error dengan membuka file /public_html/config/config.inc.php di cPanel.
Selanjutnya ganti settingan baris ke 29 :

@ini_set('display_errors', 'off');    diganti menjadi :

@ini_set('display_errors', 'on');

Selanjutnya saya refresh halaman gambar kedua maka muncul gambar ini yang diatasnya terdapat notifikasi pesan error penyebab tidak munculnya gambar :

notifikasi pesan error website store prestashop

Langsung saja. Solusinya kiranya mudah. Untuk mengembalikan semua gambar produk yang hilang saya Pergi ke Back Office lalu ke Preferences >> SEO & URLs  kemudian temukan ini :

URL_friendly error setting

Saya ganti settingan menjadi Friendly URL  NO dan Automatically redirect to Canonical url  NO. Hasilnya sempurna seperti ini,
gambar Produk_Final1_MYTOKO
Selesai Jangan lupa open /public_html/config/config.inc.php. Kembalikan @ini_set('display_errors', 'on');  ke status off (default). Agar tidak muncul error ini :

ModulePage_error

Penyebab langsung masalah saya, seperti saya sebutkan diatas coba-coba fitur di Back Office hingga mengubah default settingan Smarty menjadi Friendly YES dan Automatically redirect to Canonical url YES. Padahal disyaratkan :

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda harus membuat file htaccess.

Untuk membuatnya pergi ke TOOLS>> GENERATORS. Namun ada peringatan ini :

Warning: this tool can ONLY be used if you are hosted by an Apache web server. Please ask your webhost. This tool will automatically generate a ".htaccess" file that will give you the ability to do URL rewriting and to catch 404 errors.If you do not have "Friendly URL" enabled when generating the ".htaccess" file, this feature won't be available.

Sementara saya tidak pakai Apache tetapi SPEEDLITE. Itulah yang saya alami. Semoga bermanfaat.

That's all we know



Comments

2 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2012/07/tips-menangani-missing-images-products.html?showComment=1444305842343#c4249503084633338414'> 08/10/15, 19.04 Reply

gimana cara mengganti off menjadi on?

maaf saya newbie, bisa tolong bantu jawab ke email saya fahmiahmadnovantara@gmail.com

http://website-download.blogspot.com/2012/07/tips-menangani-missing-images-products.html?showComment=1444319812251#c1816353650626180256'> 08/10/15, 22.56 Reply

Buka saja dengan notepad file /public_html/config/config.inc.php dan seterusnya ikuti dengan cermat postingan diatas. btw

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading