Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 Desember 2012

Google Maps : Latitude and Longitude - website file


engan teknologi Global Positioning System pengendara mobil di tempat asing seharusnya tidak perlu tersesat ketika mencari lokasi hajatan kenduri kahwin (resepsi perkawinan) atau undangan kematian (melayat). Sebenarnya banyak user telepon mobile yang terkandung di dalamnya fitur GPS telah mengetahui keberadaan Google Maps. Tetapi kebanyakan mengabaikan dan hanya sedikit yang memanfaatkan. Boleh jadi kerana merasa kurang familiar.

Latitude dan Longitude lokasi spesifik - website archives

Dengan teknologi GPS, Anda bahkan bisa menjejaki bumbung rumah atau tengok-tengok mobil di halaman depan rumah Anda. Mau periksa bumbung rumah bocor atau tidak, tentulah belum bisa. Namun setidaknya jika Anda tinggal di Amerika, dan puluhan tahun tidak pulang, maka masih bisa tengok rumah orangtua di kampung, tempat Anda dilahirkan, masih ada atau sudah roboh.

Idealnya kini undangan moment apapun dicantumkan juga copy - and – paste - portion of the Google maps ke email untuk memudahkan para pelawat untuk menuju lokasi acara. Hal sebenarnya sangat mudah dilakukan dan sangat membantu.

Seperti apa Google maps menawarkan kemudahan? Google Maps akan menginformasikan koordinat (titik) angka Latitude (Lintang Utara atau Lintang Selatan) dan longitude (Bujur Barat atau Bujur Timur) beserta map (peta) dan foto satelite dengan ketajaman gambar hingga dapat mengidentifikasi bangunan rumah atau objek mobil.

Dengan adanya koordinat ini, maka mereka boleh memasukkan koordinat itu ke dalam GPS navigator mereka dan seterusnya sampai ke destinasi tersebut dan dijamin tidak akan tersesat atau mengganggu tuan rumah dengan dering telefon bertanyakan petunjuk jalan.

Konsep koordinat Google Maps - website files

  1. Dengan memakai Google maps di web browser, silahkan buka https://maps.google.co.id/ atau jika pakai iPhone, manfaatkan Google Maps di Android iPhones. Jika mukim di Tanah Persekutuan – dan menerima undangan kahwin di Melaka buka saja :

    • https://maps.google.co.(ketik "my" untuk versi Malaysia)

  2. Lakukan browsing atau ketik nama tempat yang ingin didapatkan koordinatnya. Lalu gunakan fitur zoom dan geser-geserkan kursor untuk mendapatkan titik lokasi tepat.
  3. Kursor tepat diatas titik lokasi yang dimaksud, lalu mouse klik kanan sehingga muncul sebuah pop-up windows yang menampilkan beberapa tools Google Maps.

    google maps in website design

  4. Jika klik menu “Petunjuk Arah dari Sini” maka tools akan menampilkan koordinat lokasi (berupa angka Latitude dan longitude). Misal koordinat -7.764998 (Latitude) dan 110.389840 (Longitude) – menunjukkan lokasi Percetakan Kanisius Yogyakarta. Angka diatas dibaca 7.764998 Lintang Selatan (didahului tanda (-)) dan 110.389840 Bujur Timur.

    Kaidah penulisan tanda (-) yang mendahului menunjuk Lintang Selatan atau Bujur Barat.

  5. Anda dapat melihat koordinat tempat yang telah dipilih tadi dalam format ddd.ddddd*. Tolong diingat selain format ddd.dddd* koordinat boleh di tulis dalam bentuk ddd* mm’ ss.s’ atau ddd* mm.mmm’

    Pastikan anda mengubah format koordinat alat navigasi GPS anda kepada ddd.dddd* sebelum memasukkan koordinat tersebut. Jika tidak, anda akan sesat lagi …. dan sesat lagi.







Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading