Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

07 Oktober 2012

Prestashop : Where can I see the comments on products?


Jika Anda sebagai Administrator atau memulai sebagai pemilik toko online tentu sangat berkepentingan mengetahui respon publik. Khususnya komentar tentang aspek apapun dari toko online Anda.  Komentar boleh jadi menyangkut spesifikasi produk, informasi atau pertanyaan mendalam, komentar umum tentang produk atau tentang aspek tampilan (layout, image, teks redaksional etc). Namun posting kali ini lebih menyentuh pada komentar menyangkut produk.

Komentar website toko online Prestashop

Semua website biasa menyediakan ruang komentar sebagai media interaktif pengunjung dengan Admin atau antar pengunjung. Hal ini berguna untuk evaluasi atau menjaring ide dari pengunjung untuk perbaikan produk atau mendapatkan informasi baru tentang bisnis Anda.

Bagaimanakah pelanggan memberi komentar produk?

Tamu pengunjung dapat memberi komentar setelah klik tombol “View” atau “Lihat” atau klik gambar produk.  Selanjutnya akan mendapati halaman dengan tombol Comments seperti ini :

comment in website toko online

Masalahnya adalah : Bagaimana jika komentar tidak bisa ditampilkan?

Seperti pengalaman saya pertamakali buat komentar produk. Saya lihat komentar tersebut tidak muncul tapi ada pesan ini :

"Comment posted successfully. Awaiting moderator validation."

Akhirnya saya melihat komentar tersebut setelah mengaktifkan (enable) modul Product Comments.

Anda bisa mengaktifkan dengan cara masuk ke :

Back Office >>Modules >>(Front Office Features of a)  Product Comments Module  >> Configure

Untuk memudahkan mencari modul tersebut, setelah klik tombol Modules, pada kotak isian Search ketik saja “Product Comments” kemudian klik link “Configure” pada modul yang dimunculkan. Hingga muncul halaman ini :
setting products comments toko online prestashop

Lakukan setting seperti di atas jika Anda ingin semua komentar masuk tidak harus melalui tindakan moderasi sebelum ditampilkan di halaman produk. 

Dan pilih tanda check (centang) hijau jika harus dilakukan moderasi oleh Administrator (Pengelola).

See section "Moderate Comments" where you have 2 buttons to accept or decline comments

Allow guest comments – OK, untuk izinkan semua orang berkomentar. Akhiri dengan klik SAVE

Bagaimana Menghapus Komentar yang sudah divalidasi?

Saya bikin komentar diatas untuk menguji apakah komentar perdana ini bisa bekerja atau tidak. Ternyata bekerja baik, saya pun ingin menghapusnya namun tidak ditemukan OPSI penghapusan pada Back Office.

Saat modulnya saya REINSTALL tetap saja gagal. bahkan saya coba delete modul tersebut, lalu saya upload modul yang sama dari backup awal. Sayang sekali! Gagal.  Saya simpulkan :

Dugaan : “Pasti komentar yang sudah divalidasi tersimpan di DATABASE cPANEL”

BENAR. Saya sukses delete komentar tersebut secara manual dari database cPanel melalui phpMyAdmin pada  tabel ps_product  atau semacamnya (saya temukan di ps_product_comment)

Once you validate a comment, you can't remove it via the Back Office. You'll actually need to delete it manually from the database via phpMyAdmin.

Pada tabel ps_product_comment ada komentar ganda yang akan dihapus seperti gambar di bawah ini :

product comment pada Database control Panel

Komentar yang akan saya hapus harus diberi tanda check (centang) (lihat id_product_comment nomor 3) kemudian klik link HAPUS


That's all we know - Selesai - Selamat mencoba




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading