Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 Agustus 2013

Tips sebelum membuat website toko online Prestashop


S ebelum membangun website toko online, ada banyak hal yang harus disiapkan. Mulai dari pemilihan jenis produk/jasa yang akan dijual, rancangan webstore (toko online), aplikasi penunjang, penetapan target pasar dan banyak lagi. Kami sarankan memilih bidang paling Anda sukai dan kuasai. Akan lebih baik lagi jika punya skill dan minat besar di bidang tersebut.

Mengapa?

Agar Anda bisa bekerja dengan semangat luarbiasa dan enjoy.

Membangun dan mengelola website toko online setidaknya harus ada :
  1. Personal Computer atau Laptop dan koneksi internet.
  2. Sistem dan metode pembayaran.
  3. Beberapa akun penting di internet.
    Misalnya untuk akses control panel, akses sebagai Administrator atau akun Google (jika Anda gunakan template platform Bloggerstore), akun email, akun Facebook, akun Twitter, akun PayPal, Photobucket et cetera.

Filosofi Menjual di website toko online

Sebelum Anda benar-benar memulai membangun toko online atau menjual produk apapun, Anda harus menjawab pertanyaan filosofis ini :

Mengapa seseorang membeli sesuatu?

Jika akan menjual boneka, Anda harus menjawab pertanyaan :

Mengapa seseorang mau membeli boneka?

  • Prinsip dasar dalam penjualan produk adalah :
    Seseorang membeli produk karena ia punya masalah spesifik dan menginginkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Contoh sederhana, orang sakit membeli obat sebagai solusi untuk mengatasi penyakitnya. Demikian juga orang lapar membeli makanan dan minuman sebagai solusi mengatasi rasa lapar dan haus.

Peluang bisnisnya ialah orang sering kesulitan menemukan solusi masalah. Jika punya solusi, mereka akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan cost untuk mengatasi masalah.

Peran Anda sebagai penjual ialah menawarkan solusi mudah, cepat dengan harga terjangkau oleh target pasar. Sistem penjualan Toko Online menawarkan kemudahan berbelanja, dan kecepatan bertransaksi. Tidak perlu pergi dari tempat Anda sehingga menghemat waktu dan biaya transportasi.

Peran Anda sebagai penjual di toko online adalah :
Menemukan dan merumuskan masalah orang-orang. Kemudian menemukan solusi masalah tersebut dan terakhir membantu orang-orang dengan solusi tersebut.

Harus ingat! Anda hanya membantu mereka, BUKAN memaksa mereka membeli.

Jika solusi Anda tepat dalam membantu mereka mengatasi masalah tersebut, maka mereka pasti akan membeli dan kembali membeli lagi.

Menentukan Produk

Solusi yang Anda temukan bisa dikembangkan dan menjadi ide dasar dalam menentukan PRODUK APA YANG AKAN DIJUAL.

Tips menentukan produk :
Pertama, pilih bidang yang paling Anda sukai dan kuasai. Dan akan lebih baik lagi jika Anda punya skill (kemampuan) dan minat sangat besar di bidang tersebut. Setelah Anda memilih bidang bisnis yang Anda kuasai dan Anda pun menyukainya maka akan mudah menentukan produk apa yang akan dipasarkan beserta target konsumennya.

Misalnya, Anda menyukai bidang computer dan Anda lebih menguasai hardware computer, maka toko online Anda bisa menjual produk yang berkaitan dengan perangkat keras computer seperti, PC, laptop, notebook, monitor, CPU, motherboard, hardisk, asesori dan lainnya.

Menentukan Target Pasar

Setelah Anda menentukan produk yang akan dijual, Anda harus segera menentukan target konsumen (user) sebelum Anda benar-benar membangun toko online. Karena keduanya akan mempengaruhi layout toko online, design webstore, dominasi pilihan warna dan teks editorial , bahasa dan lainnya.

Misalnya jika Anda ingin menjual perangkat keras computer untuk target konsumen di  Indonesia, maka toko online Anda harus berbahasa Indonesia.

Jika target pasar produk adalah user kaum pria, maka tampilkan website dengan warna dominan disukai pria seperti warna hitam, putih dan warna lainnya.

Jika produk Anda peralatan kitchen set, maka tidak mungkin menentukan target pasar Pria Kantoran.

KESIMPULAN


toko online bawaan prestashop
  • Solusi (Produk) yang tepat untuk Orang yang tepat.

Terakhir, akan lebih baik lagi jika Anda mampu menentukan sedetail mungkin target pasar, sehingga akan sangat membantu dan berpengaruh banyak dalam membangun  toko online.


That's all we know


Comments

3 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2013/01/tips-sebelum-membuat-toko-online.html?showComment=1357621832210#c1729793404486893501'> 08/01/13, 12.10 Reply

boleh juga nih tipsnya :D

http://website-download.blogspot.com/2013/01/tips-sebelum-membuat-toko-online.html?showComment=1358665903865#c1145100595744855838'> 20/01/13, 14.11 Reply

Sangat menarik, pada dasarnya yang dijual adalah dua produk yaitu Barang dan Jasa tapi sebagian besar toko online dikita lebih cenderung ke barang.

Toko online yang dikelola dengan baik akan bertahan sangat lama dan menghasilkan sesuai harapan, karena trend online semakin lama semakin menanjak.

Info yang sangat bermanfaat :)

http://website-download.blogspot.com/2013/01/tips-sebelum-membuat-toko-online.html?showComment=1358676729803#c428893377573751062'> 20/01/13, 17.12 Reply

Yuo! Benar tidak ada batasan untuk menjual skill kita di toko online, Bro. Thanks.

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading