Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

23 Agustus 2012

Tutorial mengatasi Blank Page Contact Us Prestashop


Bulan lalu ada masalah terkait toko online Prestashop milik client. Saya klik CONTACT US dan layar pun blank page. Semua berawal dari error saat mengatur header melalui file css. Saya gagal mengembalikan ke tampilan awal sebelum modifikasi.  Jam menunjuk 02.00 dinihari, mata kantuk lelah. Tanpa sadar konsekuensinya saya ganti folder CSS beserta seluruh isinya dengan folder backup terakhir 22 Juni (Seharusnya ditransfer saja file css dari folder css yang akan diedit).

Tiba-tiba saya menyadari konsekuensinya di tengah proses transfer folder css dari computer ke remote site FTP-Client. Yah …!!. Saya hanya pasrah menantikan seperti apa konsekuensinya. Dan dampaknya seperti dibawah ini: (Tampilan awal sebelum error dan tampilan rusak sesudah transfer folder css).

MYTOKO OLSTORE   Tampilan Error-bajuditoko

Pikiranku kalut,  2 hari OFF menenangkan diri. Hari berikutnya mulai memikirkan harus melakukan apa. Saya berpikir kesalahan ini karena mengganti folder CSS saja, maka keputusanku, … sudah kepalang ... Saya harus mentransfer seluruh isi backup untuk mengganti seluruh file Prestashop yang ada.

Proses transfer memerlukan waktu lama – lebih dari 2 jam menggunakan FTP-Client. Alhamdulillah ada secercah harapan untuk pemulihan. Ketika saya refresh halaman toko online Prestashop, layar menampilkan webpage persis seperti tanggal 22 Juni.  OK saya tinggal mengulangi pekerjaan antara tanggal 22-26 Juni.

Namun tidak seketika bisa dilakukan, seperti install baru, saya harus membuka cPanel dan menghapus folder install pada public_html. Di sela-sela pemulihan ada masalah mengganjal seperti disampaikan di awal postingan, yaitu terjadi blank page.

Untuk mereka yang mengalami masalah blank page seperti yang saya alami, disini saya  ingin sharing:

Pergilah ke cPanel dan buka /public_html/config/config.inc.php. Selanjutnya ganti settingan baris ke 29:

@ini_set('display_errors', 'off');

diganti menjadi :

@ini_set('display_errors', 'on');

Kemudian muat ulang halaman CONTACT US.  Hasilnya tidak lagi blank page tetapi muncul pesan berisi penyebab blank page pada halaman CONTACT US seperti di bawah ini :

Parse error: syntax error, unexpected T_CLASS in : /home/bajudi/public_html/override/controllers/ContactController.php on line 1

Saya rasa saya menemukan jalan yang benar meskipun baru setengah jalan. Mudah-mudahan sukses.  Berita baiknya menyusul,  ….   Saya OFF dulu, mau tidur.

Menyambung lagi '…..3 Juli 2012,

Solusinya mudah,

Saya ganti file /home/bajudi/public_html/override/controllers/ContactController.php yang error (size 1.276) dengan file asli dari Prestashop (size 1.314) menggunakan FTP-Client. Namun tetap saja  file size 1.276 (artinya file masih error) dan masih halaman Contact Us blank page. 

Saya pakai cara manual. File asli saya blok total, lalu Copy dan PASTE ke file ContactController.php di cPanel setelah isinya saya hapus. Dan berhasil.

PERINGATAN!

Jangan lupa buka file /public_html/config/config.inc.php,  mengembalikan @ini_set('display_errors', 'on'); ke status default (off), seperti ini:

/* Debug only */
@ini_set('display_errors', 'off');
define('_PS_DEBUG_SQL_', false);
$start_time = microtime(true);
etc.




Jika dibiarkan  tetap    @ini_set('display_errors', 'on');     akan muncul pesan error ini :

Module-Page-error


That's all we know - Happy blog blogger - semoga bermanfaat



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading