Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 Februari 2012

Membuat Blog Bagi Pemula - Hanya Perlu 10 Menit


Kebanyakan aktivitas internet tidak produktif. Bagaimana dengan Anda? Ingin punya blog atau website?  Anda bisa mengisi content blog dengan apa saja tanpa sensor dan bebas mengaktualisasi diri. Dahulu memang harus membayar hosting + membeli Nama Domain, namun kini layanan Host Server dan domain bisa gratis disamping tetap ada berbayar.

Membuat website blog sendiri

Bikin blog memakai platform Blogspot dari www.blogger.com mudah. Tersedia ribuan template dengan thema beragam dan bisa diganti kapan saja.

Menentukan Nama
make MY website design blog
Untuk memiliki account Gmail, lakukan registrasi http://www.gmail.com. Kemudian buka http://www.blogger.com. Ketik ID Gmail dan password Anda. Maka muncul jendela seperti gambar di samping. Klik CIPTAKAN BLOG ANDA. Selanjutnya :

  1. Isikan Judul Blog (misalnya Website Design)
  2. Lengkapi nama URL (misal website-download). Klik Cek Ketersediaan

Jika tersedia, ALAMAT URL Blog yang dihasilkan http://website-download.blogspot.com dan judul blog-nya Website Design. Sebaliknya jika jawabannya “Tidak tersedia” Anda harus mengetik nama lain hingga muncul kata “Tersedia.” Selanjutnya lakukan Verifikasi dengan mengetik ulang karakter yang terlihat  untuk memastikan bahwa Anda adalah orang bukan mesin.

Memilih Design website blog (Template)

Anda harus memilih desain blog dengan klik  template yang tersedia. Nanti bisa diganti dengan template dari www.Blogger.com atau dari http://btemplate.com. Terakhir ada jawaban Blog Anda Sudah Tercipta.

Membuat content website blog

Content blog bisa berupa teks, image, video etc. Cara membuat content dengan klik POSTING selanjutnya klik BUAT atau BARU dan isikan Judul dan ketik artikel pada ruang kosongnya atau mengedit content. Jika sudah siap klik “Terbitkan Entry

Mengganti template

Jika ingin mengganti template ada ribuan template gratis yang bisa Anda download dari www.Blogger.com atau BTemplates atau BloggerBuster.

Jika membuka BTemplates, maka setiap desain bisa dilihat DEMO template-nya sebelum dipilih dan di-DOWNLOAD. File hasil download dibuka dengan klik menu “Open with WinZip” maka  ada beberapa jenis file, pilih file XML klik kanan sehingga muncul menu pop-up. Buka file XML dengan NOTEPAD,  Frontpage, editPlus atau tools editor lain. Anda hanya membutuhkan copy kode-nya. Lalu pilih Select All dan Copy.

Buka http://www.blogger.com dan masuk  menu LAY OUT | EDIT HTML. Akan muncul kode template lama, klik SELLECT ALL dan DELETE. Lalu Paste atau tekan kombinasi CTRL–V. Terakhir klik SAVE TEMPLATE.

Muncul notasi bahwa Penggunaan Template Baru membawa konsekuensi penghapusan elemen-elemen (widget atau gadget) pada desain blog lama. Jika Anda setuju tekan KONFIRMASI DAN SIMPAN.

Untuk melihat hasilnya klik “Lihat Blog". Bila Link “Read On” diklik maka ditampilkan halaman bagian dalam berupa single post atau halaman artikel yang berdiri sendiri.



That's all we know - Selamat mencoba!!!

Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading