Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

01 Oktober 2012

Webmaster Tools : Link ke Google Web Property


Google Adsense mensyaratkan blog harus memenuhi standar Webmaster Tools dan begitu juga jika Anda menginginkan website sehat dalam pandangan mesin pencari Google. Namun bila setelah sekian lama memanfaatkan Webmaster Tools, Anda masih gagal memperbaiki posisi website seperti banyaknya URL yang dicekal, duplikasi meta deskripsi, duplikasi tag judul, ketiadaan atau kegagalan upload sitemap etc. – Jangan berhenti berusaha –  Ambil saja hikmahnya bahwa ini proses menantang yang menyenangkan. Anggaplah ini pembelajaran, pelatihan – Try and Error – yang akan membawa ke level advanced di dunia blogging atau mematangkan Anda sebagai webmaster.

Mengapa terjadi duplikasi Meta Deskripsi di website?

Mulanya saya tambahkan meta keywords dan meta descpription dan meta tag lain di bagian atas kode HTML blog setelah kode "<head>" Seiring dengan waktu, saya akhirnya tahu www.blogger.com sudah menyediakan ruang tersendiri untuk deskripsi blog. Meta deskripsi yang saya tulis via menu dashboard saya buat sama persis dengan yang ada di kode HTML (template blogger). Akibatnya terjadi duplikasi isi meta description.

Cara membuat deskripsi blog yang juga berfungsi sebagai meta tag Description. Setelah masuk ke laman dashboard blogger Anda lakukan :

div class="bluelightbox">
Klik nama website  >> SETTING Dasar. Lalu klik EDIT Description (di bawah Judul).

Karena itu meta tag deskpripsi pada kode HTML blog saya hapus, dan hasilnya jumlah halaman dengan deskripsi meta ganda menjadi berkurang drastis.

Meningkatkan Jumlah URL website yang Terindeks

File sitemap XML default untuk blog blogspot hanya berisi 26 posting terbaru. Boleh jadi posting lama anda ada yang tidak dimasukkan dalam sitemap tersebut, dan posting tersebut tidak pernah terindex oleh search engine. Jadi meskipun anda mengirimkan sitemap ke google agar posting anda terindex maka sitemap hanya akan mengirimkan 26 posting terbaru. Karena itulah perlu dilakukan modifikasi terhadap file robot.txt, sehingga jumlah posting yang terkirim ke google melalui sitemap menjadi jauh lebih banyak.

Cara lainnya Anda mengajukan sitemap baru dengan modifikasi seperti di bawah ini :
sitemap website download blogspot

Caranya :
Masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools/ >> pilih website >> klik Pengoptimalan >> Sitemap
klik tombol “Tambahkan Peta situs” dan ketik ulang ke-14 URL diatas pada isian ini :

isikan URL sitemap

Webmaster Tools dan Google Analytics web property

Ada yang baru pada Webmaster Tools. Sekarang Anda dapat mengakses data SEO (optimasi search engine) pada Webmaster Tools secara langsung dari Google Analytics! Menarik bukan? Kita tahu kedua tool ini milik Google yang telah membuat beberapa perubahan pada bagaimana Anda menghubungkan situs Webmaster Tools Anda dengan analisa-analisa pada profil Google Analitics. Bahkan, Anda sekarang juga bisa me-link-kan ke Google Analytics web property.

Bila Anda mengaitkan Google Analytics web property dengan sebuah situs di akun Webmaster Tools, maka Anda akan dapat melihat data Webmaster Tools dalam laporan Google Analytics. Anda juga akan dapat mengakses laporan Google Analytics langsung dari Link ke situs Anda, Search queries, dan halaman Sitelinks pada Webmaster Tools.

Lalu, bagaimana menghubungkan kedua tools tersebut?

Mengkaitkan website Webmaster Tools dengan Google Analytics web property

  1. Pada halaman utama Webmaster Tools, klik saja Manage site dan pergi ke situs yang Anda inginkan diantara daftar situs milik Anda yang telah terdaftar di Webmaster Tools. Kemudian klik Google Analytics property.
  2. Pilihlah web property yang Anda ingin kaitkan dengan situs Anda tersebut, lalu klik SAVE.
Note : Sebuah situs dapat dikaitkan hanya dengan SATU web property, dan begitu pula sebaliknya.
Setiap web property tersebut dapat memiliki beberapa profil. Bila Anda kaitkan sebuah situs dengan properti web, peng-klik-an sebuah link ke Google Analytics pada halaman Webmaster Tools, secara default, akan membawa Anda ke profil standar Property Web tersebut. (Namun jika sebelumnya situs Anda telah terkait dengan profil web yang berbeda, maka peng-klik-an link tersebut akan membawa Anda ke profil default. Jika Anda ingin melihat profil yang berbeda diatas, Anda dapat mengalihkan pandangan dari dalam Google Analytics).

Jika sekali waktu Anda tidak lagi menginginkan situs Anda dikaitkan dengan Analytics web property, maka Anda boleh saja menghapus hubungan tersebut atau membuat hubungan yang baru.

Jika situs Anda telah dikaitkan dengan web property, tetapi tidak berlangsung lama, bisa jadi hal itu disebabkan web property telah lebih dahulu dikaitkan dengan sebuah situs lain. (Ingat! sebuah situs hanya bisa dikaitkan dengan SATU web property. Pembuatan hubungan baru akan menghapus hubungan yang telah ada sebelumnya.)


CATATAN TERSISA :
Ada satu masalah yang tersisa dan belum ada solusinya, yaitu bagaimana menangani 96 URL yang dicekal oleh Robots (Google bots)?  Ada yang bisa membantu saya?




Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2012/10/webmaster-tools-link-ke-google-web.html?showComment=1359987035072#c6661058325582995783'> 04/02/13, 21.10 Reply

Bagaimana mennghapus 96 URL yang dicekal Robots (Google bots)? Sudah saya temukan dan ditulis di :http://website-download.blogspot.com/2013/02/tutorial-blogger-solusi-url-dicekal.html dan pada artikel ini http://website-download.blogspot.com/2013/02/penjelasan-dan-cara-setting-robotstxt.html

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading