Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

23 Juli 2011

Understanding the internet world Part1 - website files


WHAT IS INTERNET?
Internet_map_website civilization Visualisasi dari beberapa route pada jaringan Internet

Daya tarik internet sungguh luarbiasa. Komunitas user tumbuh sangat fenomenal, begitu juga dengan komunitas publisher (pemilik dan atau pengelola website (blog)). Menurut sumber Wikipedia, sampai 16 Februari 2011 lebih dari 156 juta blog publik yang eksis, menciptakan komunitas interaktif dan social networking seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest etc.

INTERNET atau singkatan dari Interconnected-networking adalah rangkaian jaringan computer terhubung secara global dengan memanfaatkan TCP/IP (Internet Protocoler) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

WWW atau Jejaring Jagad Jembar (JJJ) dan website

Saat menciptakan jaringan internet tahun 1990, Tim Lee Berner menamai browser pertama di dunia - World Wide Web atau Web-Editor. Website generasi pertama ini bersifat statis. Website ditulis hanya dengan format HTML, karena memang dimaksudkan hanya untuk komunikasi satu arah. Yaitu jika sesorang membukanya, ia dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lain dengan klik hypertext TETAPI dia tidak dapat meng-input data atau respon ke halaman tersebut. Hal ini sudah canggih saat itu.

WWW terkait dengan Link : Hypertext, hypermedia dan hypertext link (hyperlink)

WWW selanjutnya menjadi kumpulan Server seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk diakses bersama. WWW atau web juga menjadi kumpulan dokumen sangat banyak yang berada pada banyak server (web server), di mana server ini tersebar di 5 benua dan terintegrasi oleh jaringan Internet.

Semua dokumen informasi di internet dibuat disimpan dalam format HTML
  1. Halaman dokumen terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lain atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext atau LINK.
  2. Dokumen infomasi ini terdiri teks, gambar, animasi, suara, video etc. Keterkaitan antar-dokumen seperti ini disebut hypermedia
  3. Dapat disimpulkan WWW adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link (atau hypertext atau hyperlink atau link). Dengan klik hyperlink, maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lain.

Website server dalam jaringan internet

Adalah sistem computer penyedia jenis layanan tertentu di jaringan internet. Server didukung prossesor bersifat scalable, RAM besar, dan dilengkapi sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi jaringan (network operating system).

Server menjalankan software admimistratif untuk kontrol akses jaringannya dan sumber-daya yang terdapat di dalamnya, seperti berkas dan memberi akses kepada work-station anggota jaringan.

Dalam sistem operasi server terdapat bermacam service dari server berbeda-beda yang menggunakan arsitektur klien/server. Seperti : DHCP Server, Mail Server, Hypertext Transfer Protocol (http) Server, File Transfer Protocol (FTP) Server dan Domain Name System (DNS) Server.

Setiap sistem operasi server membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap server akan merespons request dari klien.

Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan service DHCP server saat sebuah klien membutuhkan alamat IP. Klien tersebut akan memberi perintah kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Sun Solaris,Unix, dan GNU/Linux.

Server biasa terhubung client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini berupa kartu PCI atau ISA.

Dilihat dari fungsi, server dikategorikan dalam beberapa jenis, seperti :
  1. Application server
  2. Server data
  3. server proxy.
Penjelasan :
  1. Server Aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses client.
  2. Server Data digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
  3. Server Proxy berfungsi mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang lebih mengenal server ini untuk mengkoneksi komputer ke Internet.




------------------------------------0000000000000o^o0000000000000------------------------------------


Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading