Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

23 Oktober 2011

Wawancara Eksklusif Bersama John Cow : Interview sessions dengan para blogger sukses kelas dunia


Advis kali ini tentang FOKUS dalam menjadikan blog sebagai sumber uang. Itu bukan kata saya, tapi pengajaran dari John Cow. Saya hanya ingin sedikit mengulas pentingnya fokus perhatian dalam bisnis online dengan ungkapan dibawah ini.

Kita tidak akan pernah mendapat "nyala api" jika cara memegang kaca pembesar selalu bergerak, tidak mau diam beberapa menit saja untuk mendapatkan "titik fokus" tempat berkumpulnya panas sinar matahari.

Advis blogger profesional - website archives

"Fokus sepenuhnya pada bisnis lokal di negara Anda. Bekerja keras membangun nama blog, atau Anda bisa MEMILIH MENGUBAHNYA MENJADI BERBAHASA INGGRIS dan melayani pasar lebih besar dengan persaingan lebih keras ....."
"There's no such thing as obstacles and constraints, only opportunities and challenges."  (John Cow)


PENGANTAR

John Cow blogger profesional (dari Irlandia) tiba-tiba populer setelah mengimitasi nama blog miliknya - tidak asing di dunia blogger (blogosphere) – JohnChow.com. Situs asli JohnChow.com (meski masih tetap online) telah hilang dari mesin pencari Google - kena penalti karena praktek massive link building - dianggap melanggar Webmaster Guidelines Google.

JohnCow.com memanfaatkan nama besarnya sendiri - John Chow - dengan anchor link "Make Money Online" menjadi populer meski baru diluncurkan 6 bulan. Bulan pertama launching, situs ini langsung memberi earnings $1,000 dan saat ini berkisar $3,500 per bulan.

Kunjungi www.JohnCow.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang John Cow.

--------------------------------------------

Wawancara Eksklusif Bersama Blogger-Blogger Sukses – www.Blogguebo.com Blog, Blogging and Make Money from Blog http://www.Blogguebo.com. Wawancara ini dihadirkan khusus untuk blogger Indonesia.

(T): Tanya
(J): Jawab

(T): What do you think of non-English blogs in general? (Bagaimana pendapat Anda tentang blog tidak berbahasa Inggris secara umum?) 

(J): It doesn't matter what language your blog is in, as long as you get readers for it. Blogging without readers is like milk without cookies. (Tidak masalah apapun bahasa blog Anda, selama Anda punya pembaca. Blogging tanpa pembaca seperti halnya susu tanpa kue)

(T): Do you think non-English blogs have good prospect in the online business realm? (Apakah menurut Anda blog-blog tidak berbahasa Inggris punya prospek bagus di dunia bisnis online?)

(J): As far as online business goes, the international language of business is English and you will limit yourself by seeking out a non-English speaking market. Having said that, the majority of entrepreneurs will seek out the largest possible audience, which is English. This leaves a lot of space for those that want to focus on different languages. 

(Sepanjang bisnis online yang kita bicarakan, bahasa internasional bisnis adalah bahasa Inggris (sementara) Anda akan membatasi diri dengan mencari pasar yang tidak berbahasa Inggris. Artinya, mayoritas entrepreneur akan mencari peluang pasar terbesar, yaitu pasar berbahasa Inggris. Ini menyita sedemikian besar ruang bagi mereka yang ingin fokus pada bahasa berbeda)

(T): What are the most advantages of non-English blogs compared with English blogs in the online business realm? (Apa keuntungan paling besar dari blog-blog yang tidak berbahasa Inggris bila dibanding dengan blog-blog berbahasa Inggris di dunia bisnis online?) 

(J): It's niche based. Most people can do English, only a fraction of that amount can concentrate on other markets too. (Basis niche. Kebanyakan orang bisa berbahasa Inggris, hanya sedikit diantara mereka yang bisa berkonsentrasi di pasar bahasa yang lain)

(T): What are the obstacles or constraints? (Apa kesulitan atau hambatannya?) 

(J): There's no such thing as obstacles and constraints, only opportunities and challenges. (Tidak ada yang disebut rintangan dan hambatan, hanya ada peluang dan tantangan)

(T): What opportunities are mostly suit for non-English blogs? (Peluang apa yang paling cocok untuk blog-blog tidak berbahasa Inggris?) 

(J): That would obviously be local business. Every country has it's own standards and values, you'd need to be a local to know what motivates people. Also generic products that are being used all over the world, like web-hosting for example. These are things that are not limited to certain locations. 

(Yang pasti BISNIS LOKAL. Setiap negara ada standar dan nilai sendiri, Anda harus menjadi warga lokal disitu untuk mengetahui apa yang memotivasi orang. Juga produk-poduk generik yang digunakan di seluruh dunia, seperti web-hosting misalnya. Hal-hal seperti ini tidak dibatasi lokasi tertentu)

(T): What theme mostly fit for non-English blogs? (Tema apa yang paling sesuai untuk blog-blog non-berbahasa Inggris?) 

(J): That would all depend on your country. Once again, you will have too look and see what people are interested in. One can imagine that a Britney Spears blog would do better in the US than in Indonesia for
example.

(Hal itu sangat tergantung pada negara Anda. Sekali lagi, Anda harus MENCARI dan MENGAMATI APA YANG DIMINATI ORANG BANYAK. Orang bisa membayangkan bahwa blog Britney Spears akan lebih berhasil di Amerika Serikat ketimbang di Indonesia, misalnya)

(T): While most online ads are in English, what are the non-English blogs have to do to get the cake?
(Sementara kebanyakan iklan online dalam bahasa Inggris, apa yang harus dilakukan blog-blog tidak berbahasa Inggris untuk mendapatkan kue iklan?) 


(J): We know there's companies that specialize in local advertising, like Nuffnang and Advertlets. Google Adwords does localized ads so there's something for everyone.

(Saya tahu ada perusahaan-perusahaan yang mengkhususkan diri pada iklan-iklan lokal, seperti Nuffnang dan Advertlets. Google Adwords juga memiliki iklan-iklan lokal, jadi ada sesuatu untuk setiap orang)

(T): Among these programs: Google Adsense and PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent  Ads, Others - which one will give more opportunity for non-English blogs? (Diantara program-program ini: Google Adsense dan PPC Ads, Affiliate Programs, Paid to Click, Paid to Review, Independent Ads, Mana yang memberikan peluang lebih besar bagi blog yang tidak berbahasa Inggris?) 

(J): It would depend on the product you are promoting. For obvious reason, we'd say Independent ads would work best on a specific language blog. It's all about local business. (Hal itu akan sangat tergantung produk apa yang Anda promosikan. Saya katakan bahwa iklan-iklan independen akan berhasil untuk blog dengan bahasa yang spesifik. Ini semua tentang bisnis lokal)

(T): Do you think non-English speaker bloggers should push themselves to write post in English? (Apakah menurut Anda blogger tidak berbahasa Inggris harus memaksakan diri untuk menulis blog dalam bahasa Inggris?) 

(J): That all depends on what you'd like to accomplish. If you're blogging for fun, no. Just keep doing what feels good. If you're blogging to make money, you would be wise to expand your territory and reach out to a larger group of English readers.

(Semua tergantung pada apa yang ingin dicapai. Jika membuat blog hanya untuk senang-senang. Lakukan saja apa yang membuat Anda senang. Jika Anda membuat blog untuk menghasilkan uang, akan bijaksana bila Anda perluas wilayah dan menjangkau kelompok pembaca berbahasa Inggris yang lebih besar)

(T): Do you have or may consider running any new project specifically address for non-English blogs?
(Apakah Anda punya atau mungkin sedang mempertimbangkan proyek baru yang secara khusus ditujukan untuk blog yang tidak berbahasa Inggris?) 


(J): We're actually entertaining the idea of starting up a new blog in our own language. We've been comparing the top 50 blogs from my country, those who only write in my language, and my current English
blog, JohnCow.com would be in the top 3, comparing the statistics.

(Sebenarnya saya sedang memikirkan ide memulai sebuah blog baru dalam bahasa saya sendiri. Saya sedang membandingkan top 50 blog dari negara saya, blog yang ditulis dalam bahasa saya, dan blog berbahasa Inggris saya yang sekarang, JohnCow.com akan berada di top 3, jika melihat statistiknya)

(T): What's your advice for non-English speaker bloggers in order to keep survive in the online business realm? (Apa saran Anda untuk blogger yang tidak berbahasa Inggris agar bisa tetap bertahan di dunia bisnis online?) 

(J): Either focus purely on your local business and work hard to make a name for yourself, or you can choose to switch to English and serve a greater market with more competition.

(FOKUS SEPENUHNYA PADA BISNIS DI NEGARA ANDA dan BEKERJA KERAS MEMBANGUN NAMA BLOG atau (jika tidak) ANDA BISA MEMILIH MENGUBAHNYA MENJADI BERBAHASA INGGRIS dan MELAYANI PASAR LEBIH BESAR dengan PERSAINGAN LEBIH KERAS)

Thanks for this opportunity and we hope you found our ramblings useful. And say hi for us to those millions of fans in Indonesia! (Terima kasih atas kesempatan ini dan saya berharap Anda mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari wawancara ini. Dan sampaikan salam saya untuk teman-teman di Indonesia!).


“Selamat tingga!!!,”
(memang John menuliskannya seperti ini, "Selamat tingga", tanpa "L") 


John Cow 


-----------------------------------
Satu hal yang perlu dicatat dari wawancara bersama John Cow adalah pentingnya FOKUS. Anda tidak akan mendapat hasil apapun jika tidak fokus terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. Demikian halnya dengan blogging.

Fokus terhadap pilihan pangsa pasar, fokus terhadap niche atau produk yang akan dijual di blog dan fokus pada bahasa yang Anda gunakan adalah kunci sukses “make money from blogging.”

********



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading