Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

23 Februari 2012

Part 1 : How to Write Great Contents for “Toko Online”


Title – baik berupa nama website, nama Domain, judul posting atau nama webpage – ditampilkan browser di bagian paling atas layar monitor untuk memberitahu Reader tentang halaman apa yang ada. Title "dibaca"  robot  (Googleboot) dan dilihat Reader. Maka sebelum membuat website toko online yang SEO Friendly, Anda harus bikin Title yang terkait langsung dengan produk. Baru kemudian membuat website.

Jika baru merintis Toko Online, pilih saja Bloggerstore. Jangan gunakan WordPress sebab “Term of Services”  FREE hosting WordPress melarang content bisnis. Tapi jika Anda sudah membeli Domain dan menyewa Hosting, silahkan digunakan untuk Toko Online.

Sesudah membeli DOMAIN, sewa hosting dari HOST SERVER Profesional dan membuat website, maka saatnya membuat content dengan tujuan utama memberitahu publik bahwa bisnis Anda eksis. Jangan jadikan Toko Online hanya sebagai media iklan. Tulislah berbagai hal terkait bisnis dalam lingkup luas. Jangan dibatasi content-nya hanya dengan informasi seputar perusahaan saja.

Perencanaan Content webesite

Pikirkan secara mendalam keyword-keyword apa  yang akan diketik pelanggan pada mesin pencari ketika membutuhkan informasi produk Anda.

Setelah melakukan eksplorasi, maka berdasarkan keyword yang diperoleh, tuliskan minimal 10 topik. Setiap topik dipecah menjadi artikel-artikel. Paparkan ide dengan bahasa sendiri dan style tulisan konsisten karena Reader menyukai tulisan khas (dibuat secara pribadi).

Tulisan blog lebih bersifat percakapan yang memungkinkan pembaca terlibat melalui comment, kontribusi tulisan, sharing gambar dan lainnya. Sebisa mungkin buatlah tulisan yang bisa “di-Scan” agar Reader bisa melihat dan memahami dengan cepat substansinya. Maka tulisan sebaiknya tersusun dalam beberapa sub-Bab (H1,H2,H3,H4,H5,H6).

Tidak ada aturan panjang pendek artikel. Ada topik bisa dibuat dalam artikel singkat, tapi ada yang harus berupa penjelasan panjang. Pedoman menulis blog adalah JELAS dan INFORMATIF. Setelah tulisan selesai, periksa dan edit redaksional. Jika ada bagian yang harus dipotong atau dirombak, jangan ragu Anda melakukannya.

Judul Artikel dan Alinea Pembuka (Opening)

Perlu diketahui elemen terpenting content teks website, yaitu Judul Artikel dan Opening.

Judul Artikel posting website

“Kesan pertama begitu menggoda”

Slogan itu yang harus menjadi pedoman dalam membuat judul dan membuat kalimat dalam alinea pertama. Dan akan tertanamkan dalam benak pengunjung karena elemen judul paling berperan dalam membentuk kesan pertama. Judul yang bagus dan menarik akan memaksa pengunjung membaca artikel dan sebaliknya judul yang buruk akan membuat artikel bagus tidak akan dilirik sama sekali.

Apa kriteria Title posting website yang bagus?

Judul bagus ialah yang singkat dan “to the point” Paparkan ide tulisan dalam judulnya. Jika memungkinkan sisipkan keyword andalan Anda karena akan semakin memudahkan reader menemukan artikel Anda ketika browsing di mesin pencari.

Alinea Pembuka

Opening adalah Alinea Pertama, dan bersama dengan Judul Posting harus menarik perhatian. Keduanya menentukan “Apakah pengunjung meneruskan membaca atau tidak?” Keduanya  muncul di halaman hasil  pencarian mesin pencari. Isi Alinea Pertama harus mencerminkan bahwa Anda memahami topiknya.

Substansi Content Menghibur dan Memberi Edukasi

great website content

Alasan tamu mengunjungi website karena menginginkan informasi, hiburan atau keduanya

Kesimpulan

Content harus memenuhi unsur edukasi (Informatif) dan hiburan.


Membangun Toko Online seperti lari marathon, harus sabar. Jangan berharap semuanya OK dalam sekejab. Mungkin diperlukan waktu setahun agar website dikenal publik.


Dilanjutkan ke Part 2 : How to Write Great Contents for “Toko Online”


That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading