Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

24 September 2012

Mengenal Module website Toko Online Prestashop


Saat ini ada trend penggunaan media toko online sebagai matra penjualan produk, penjualan online melalui website store (e-Commerce). Dan salah satunya adalah toko online platform Prestashop. CMS e-Commerce ini telah diperkaya dengan ribuan module pelengkap. Sehingga menjadikannya makin akrab di kalangan user website e-Commerce atau webstore atau Online shop.

Module template website toko online Prestashop

Modul merupakan hasil karya para Web Developer baik profesional maupun amatiran yang tentunya sangat menguasai PHP dan perangkat pendukung lain. Lalu apa itu module?

Module adalah file fungsi yang bisa ditambahkan dan/atau dihilangkan untuk disesuaikan dengan platform default kebutuhan web developer ketika membangun website berbasis  e-commerce.

Seberapa jauh pengelola toko online membutuhkan modul? Saya bisa ilustrasikan sebagai berikut :

Prestashop adalah software untuk membuat toko online yang paling populer dan terkenal dengan kecepatannya dalam membangun online shop secara instant. Asal Software ini dari Perancis – jantung dunia mode – maka tidak aneh toko online Prestashop memiliki nilai estetika tinggi yang ditunjukkannya pada setiap template dan theme yang tampak sangat lovely dan menarik.

module website toko online prestashop

Module template website store Prestashop ala Indonesia

Modul prestashop, yang gratis maupun berbayar, dapat digunakan secara langsung dengan menambahkannya ke dalam template default. Sama seperti software pembuat webstore lain, Prestashop menyediakan modul Free dan premium yang berbayar.  Prestashop menyediakan  3 bahasa standar  (Inggris, Perancis dan Italia).  Sama seperti software pembuat toko online lain, Prestashop memberi 41 paket modul Prestashop untuk bahasa yang dapat digunakan web developer seluruh dunia.

Untuk pengguna berbahasa Indonesia, misalnya, mereka membutuhkan modul-modul tambahan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. Misalnya Prestashop berbahasa Indonesia, Bank korespondensi lokal (misalnya Bank Mandiri atau BCA) untuk alat pembayaran konsumen lokal, sistem dari jasa kurir lokal (misalnya JNE atau TIKI) dan sebagainya.

Disinilah peran web developer. Untuk itu semua Prestashop ala Indonesia membutuhkan modul-modul yang dibuat oleh web developer.   Ketika akan digunakan untuk membangun sebuah toko online dengan target pasar Indonesia, maka yang diperlukan adalah modul bahasa Indonesia, currency atau mata uang Indonesia yaitu Rp dan juga beberapa modul yang berkaitan dengan jasa kurir di negara Indonesia.

Para web developer Indonesia yang expert dengan bahasa PHP menyadari kebutuhan ini dan mulai membuat modul prestashop yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tersebut. Terdapat forum khusus pengguna prestashop hosting dari Indonesia. Forum ini, yang dapat ditemukan di situs resmi prestashop, telah cukup membantu  para web developer pemula maupun para pemilik toko dari Indonesia untuk membangun web toko online mereka.


That's all we know - happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading