Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

16 Januari 2013

SEO : Bagaimana canonical link bekerja? - website files


S alah satu yang harus dihindarkan dari website atau blog (e.g. blogger, WordPress etc) adalah menghilangkan duplikasi halaman web (webpage). Karena halaman-halaman yang identik dianggap buruk oleh mesin pencari dan berdampak negatif terhadap usaha SEO. Untuk memeriksa ada tidaknya masalah duplikasi URL, Anda bisa memanfaatkan layanan Webmaster Google dan untuk mengetahui lokasi URL-URL identik (terduplikasi) Anda bsa memanfaatkan situs layanan gratis Brokenlink Checker.

SEO website : Link Canonical

Canonical link adalah tag link dalam header dari dokumen HTML yang memberitahu mesin pencari lokasi pilihan dari URL. Kegunaan Canonical Link untuk mencegah terindeksnya beberapa laman web dengan isi yang sama (namun dengan URL yang berbeda).

Link Canonical adalah instruksi berguna bagi mesin pencari untuk menangani masalah duplikat konten.

Hal ini sering terjadi ketika membangun toko online, dimana terkadang dalam satu halaman kita memberikan list berdasarkan abjad dan beberapa lainnya Anda berikan list berdasarkan harga untuk produk sama. Jika kita tidak menggunakan Canonical LINK, tindakan ini menyulitkan mesin pencari Google untuk memprioritaskan hasil pencariannya untuk artikel atau halaman kita.

Jika blog Anda memiliki beberapa halaman identik (mirip) yang bisa diakses via beberapa URL, itu adalah berita BURUK!!! Namun jangan khawatir dengan beberapa URL mengarah pada halaman website yang sama!!! Canonical Link bisa mencegah kesalahan penilaian Search Engine terhadap duplikasi web page. Format ini memberi Anda kontrol lebih besar atas URL di search engine. Hal ini membantu memastikan bahwa property seperti popularitas link dikonsolidasikan ke versi pilihan Anda.

Cara Kerja Canonical LINK - website files

Misalkan URL yang di-upload seperti berikut :
  • http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html
Ketika seseorang memberi komentar untuk konten URL diatas, maka blog tersebut akan mendapat URL (baru) seperti berikut :
  • http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html?showComment=1274536664324#c2570377970603461164
Hal yang mengganggu SEO website adalah kedua URL atau bahkan bisa lebih memiliki tampilan identik. Kedua URL diatas menampilkan halaman sama persis seperti di bawah ini :

Dua webpage atau lebih bersifat identik
Sangat tidak bagus dalam pandangan mesin pencari atau SEO.

Tetapi perlu Anda tahu bahwa kedua URL baru tersebut mengarah menuju halaman webpage yang sama. Dengan demikian search engine akan melihat bahwa telah ada masalah duplikasi konten dalam hal ini. Kita harus mengatasi masalah ini dengan meletakkan suatu Canonical Link di bagian header kode HTML yang memberitahukan adanya “the preferred version of URL” “URL versi yang disukai” dari :
  • http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html
Terbentuk tag link baru seperti di bawah ini :
  • <link rel="canonical" href="http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html" />
Google akan memahami bahwa semua duplikat tersebut mengarah ke canonical URL :
  • http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html.

Bagaimana menaruh Canonical Link dalam website blog Blogger?

  1. Dengan alamat Gmail silahkan buka template Blogger Anda dan navigasikan ke :

    DashboardDesignHTML

    Lakukan checklist (beri tanda centang) pada kotak “Expand Template Widget”

  2. Temukan baris ini dengan menekan kombinasi tombol CTRL – F :

    • <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

    canonical-link_mencegah duplikat URL
    Jika berhasil ditemukan, ini berarti template Blogger Anda telah didukung oleh Canonical Link. Default platform Blogger memang secara otomatis sudah di support oleh Canonical Link.

    Boleh jadi karena sesuatu sebab, baris tersebut tidak ditemukan. Maka Anda harus menambahkan tag link canonical secara manual. Caranya dengan menambahkan code berikut tepat di bawah <head> :

    • <link rel='canonical' expr:href='data:blog.url'/>

CATATAN :
  1. Canonical link disupport search engine utama : Google, Yahoo!, Bing dan Ask. Penggunaan canonical link dengan benar sangat berguna meningkatkan level SEO.
  2. Sengaja ketikan .com saya ganti menjadi (dot)com dan .html menjadi (dot)html untuk menghindari bad link di website saya. Silahkan kedua perubahan diatas dipulihkan untuk mempraktekkan "Cara kerja Canonical Link."

That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading