S alah satu yang harus dihindarkan dari website atau
blog (e.g.
blogger,
WordPress etc) adalah menghilangkan duplikasi halaman web (webpage). Karena halaman-halaman yang identik dianggap buruk oleh mesin pencari dan berdampak negatif terhadap usaha
SEO. Untuk memeriksa ada tidaknya masalah duplikasi URL, Anda bisa memanfaatkan
layanan Webmaster Google dan untuk mengetahui lokasi URL-URL identik (terduplikasi) Anda bsa memanfaatkan situs layanan gratis
Brokenlink Checker.
SEO website : Link Canonical
Canonical link adalah tag link dalam header dari dokumen HTML yang memberitahu mesin pencari lokasi pilihan dari URL. Kegunaan Canonical Link untuk mencegah terindeksnya beberapa laman web dengan isi yang sama (namun dengan URL yang berbeda).
Link Canonical adalah instruksi berguna bagi mesin pencari untuk menangani masalah duplikat konten.
Hal ini sering terjadi ketika membangun
toko online, dimana terkadang dalam satu halaman kita memberikan
list berdasarkan abjad dan beberapa lainnya Anda berikan
list berdasarkan harga untuk produk sama. Jika kita tidak menggunakan
Canonical LINK, tindakan ini menyulitkan mesin pencari Google untuk memprioritaskan hasil pencariannya untuk artikel atau halaman kita.
Jika blog Anda memiliki beberapa halaman identik (mirip) yang bisa diakses via beberapa URL, itu adalah berita BURUK!!! Namun jangan khawatir dengan beberapa URL mengarah pada halaman website yang sama!!! Canonical Link bisa mencegah kesalahan penilaian Search Engine terhadap duplikasi web page. Format ini memberi Anda kontrol lebih besar atas URL di search engine. Hal ini membantu memastikan bahwa property seperti popularitas link dikonsolidasikan ke versi pilihan Anda.
Cara Kerja Canonical LINK - website files
Misalkan URL yang di-upload seperti berikut :
- http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html
Ketika seseorang memberi komentar untuk konten URL diatas, maka blog tersebut akan mendapat URL (baru) seperti berikut :
- http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html?showComment=1274536664324#c2570377970603461164
Hal yang mengganggu SEO website adalah kedua URL atau bahkan bisa lebih memiliki tampilan identik. Kedua URL diatas menampilkan halaman sama persis seperti di bawah ini :
Sangat tidak bagus dalam pandangan mesin pencari atau
SEO.
Tetapi perlu Anda tahu bahwa kedua URL baru tersebut mengarah menuju halaman webpage yang sama. Dengan demikian search engine akan melihat bahwa telah ada masalah duplikasi konten dalam hal ini. Kita harus mengatasi masalah ini dengan meletakkan suatu Canonical Link di bagian header kode HTML yang memberitahukan adanya “the preferred version of URL” “URL versi yang disukai” dari :
- http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html
Terbentuk tag link baru seperti di bawah ini :
- <link rel="canonical" href="http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html" />
Google akan memahami bahwa semua duplikat tersebut mengarah ke canonical URL :
http://name.blogspot(dot)com/2010/05/test-post(dot)html
.