Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

25 September 2014

CMS Template Joomla versi 3.x.x Responsive

Responsive web design merupakan pendekatan baru untuk desain web dimana situs dibuat untuk memberikan ke pengunjung situs pengalaman menonton secara optimal. Kemudahan membaca dan kemudahan navigasi dengan pengubahan size minimal, panning, dan scrolling, untuk berbagai perangkat (e.g. monitor computer desktop, laptop, notebook, iPad, tablet, hingga smartphone). Teknologi Reponsive yang baru ini sekarang menjadi sangat penting, terutama ketika banyak orang bisa mengakses internet atau website tidak hanya dari computer desktop tetapi juga dari ponsel smartphone, tablet dan lainnya. 

Hal ini membuat website dengan teknologi Responsive web design menjadi kebutuhan mutlak untuk sebuah website yang dikembangkan dengan menggunakan template CMS seperti Joomla atau Prestashop. Joomla dianggap CMS yang sangat populer yang pernah dirilis ke publik sebagai solusi open source. Template ini fully responsive artinya secara otomatis akan menyesuaikan lebar layout dari device yang user gunakan (handphone, tablet, PC wide screen).

Responsive website : CMS Template Joomla mulai versi 3.x.x

Responsive Website punya fitur luarbiasa, yaitu tampilan website akan menyesuaikan pada berbagai macam ukuran layar. Namun dibalik kehebatannya ada beberapa hambatan yaitu :
  1. Kemampuan penyesuaian pada berbagai ukuran layar tersebut tidak semua dimiliki oleh tampilan website responsive. Seperti tampilan template CMS Joomla hampir semuanya dibangun di atas framework. Belum tentu framework tersebut memiliki fasilitas mendalam untuk setting tampilan pada setiap jenis ukuran layar pembuka.
  2. Template Joomla 3 sudah didukung dengan fitur responsive, sehingga website Joomla 3 tidak lagi memerlukan versi khusus untuk tampilan versi mobile (Cellular). Namun dalam praktek, ternyata tidak semua website Joomla yang sudah punya fitur responsive memperhatikan kecepatan akses ketika dibuka pada versi mobile (cellular).

    Apa yang harus dilakukan?

    Harus membongkar code template yang digunakan, kemudian lakukan pengecekan kecepatan website ketika dibuka pada versi mobile (cellular). File code yang dibuka ada di :

    root\templates\nama_template_Anda\script.responsive.js
responsive-Joomla-CMS-template

Umumnya setiap tampilan website Joomla Responsive (Joomla terbaru versi 3.3) memiliki short code yang berfungsi mengaktifkan maupun menonaktifkan modul-modul Joomla dengan memasangnya pada kotak "module_suffix." Jika framework joomla tersebut ada diatas twitter bootsrap maka short code tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Hidden-phone : berfungsi menonaktifkan modul di ukuran layar lebih kecil (biasanya untuk layar dengan lebar 320 pixel)
  2. Hidden-dekstop: berfungsi menonaktifkan modul di ukuran layar yang sering digunakan user (biasanya berukuran 800 pixel atau lebih)
Namun fungsi tersebut hanya menyembunyikan modul-modul joomla pada ukuran layar tertentu dan bukan menonaktifkan modul-modul tersebut. Kelemahannya adalah besar website versi standar dengan versi responsive akan sama, sehingga beban website tersebut ketika dibuka di perangkat dengan layar kecil akan sangat berat.

Ekstensi Joomla berikut ini akan menambah performa situs Joomla responsive Anda lebih cepat, karena ekstensi tersebut memiliki fasilitas menonaktifkan modul berdasarkan jenis perangkat pembukanya, bukan berdasarkan ukuran layar.

Sebagai contoh, jika anda pakai ekstensi tersebut, Anda dapat mengatur setiap modul untuk jenis perangkatnya, Misalnya pada perangkat dengan sistem operasi android modul tersebut aktif, sedangkan pada perangkat dengan sistem operasi blackberry modul tersebut tidak aktif.

source



That's all we know - Happy blog blogger - semoga bermanfaat



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading