Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

04 September 2014

Tip trik website Joomla : Pentingnya urutan plugin

Cara kerja website Joomla Memproses Plugin

Kita perlu memahami cara kerja plugin pada Joomla, khususnya bagaimana CMS Joomla memproses urutan plugin. Banyak newbie pembuat website Joomla yang masih amatiran kurang memperhatikan Plugin Manager.

Penginstalan plugin baru pada awalnya tidak banyak menimbulkan masalah, namun kadang ada kasus dimana plugin yang baru dipasang tidak bekerja dengan semestinya atau bahkan merusak plugin lain. Seperti kasus saya saat memasang modul JO K2 Slidershow untuk Joomla versi Responsive (versi 3.3), meski sudah saya install Content Construction Kit (CCK) atau lebih populer dikenal sebagai K2 untuk versi Joomla terbaru tersebut.

definisi-plugin-Joomla

Plugin pada Joomla diproses satu-per-satu. Urutan di mana mereka akan diproses ditunjukkan pada kolom Order (kolom nomor empat dari kiri) pada Plugin Manager. Untuk mengubah urutan plugin tersebut, dapat dilakukan dengan cara klik judul kolom “Urutan” atau “Order” hingga muncul tanda panah atas dan bawah. Silahkan klik tanda panah ke atas atau ke bawah yang terletak di samping nomor urut plugin. Atau, Anda juga bisa mengetikkan nomor urutan yang diinginkan dan klik icon disc di bagian atas kolom “Order” atau “Urutan” tersebut.


Manager-Plugin-website-Joomla

Pedoman website Joomla mengeksekusi Plugin

  1. Plugin diproses dari angka kecil ke angka berikutnya yang besar. Artinya, plugin nomor urut 1 akan diproses terlebih dahulu, diikuti plugin nomor urut 2, 3 dan seterusnya
  2. Angka-angka tersebut tidak perlu berurutan secara mutlak. Sebagai contoh, Anda dapat memasukan angka 10, 20, 30, dan 40 di kolom “Order”. Trik ini perlu dilakukan agar kita bisa memasukkan beberapa plugin di antara plugin
  3. Jika memasukan angka urutan sama pada beberapa plugin, misalnya ada 4 plugin dengan dengan angka 3 (sama), maka Joomla akan memproses ke-4 plugin tersebut secara acak

Bagaimana urutan Plugin website Joomla yang Benar?

Kebanyakan masalah website Joomla yang ditimbulkan oleh plugin biasanya disebabkan oleh plugin-plugin SEF/SEO dan Cache Plugin. Solusinya adalah dengan mengganti urutan plugin tersebut melalui Plugin Manager. Berikut ini pedoman urutan plugin yang benar :
  1. Plugin-plugin utama (plugin-plugin pertama yang diproses)
  2. SEF/SEO Plugin
  3. Cache Plugin (plugin terakhir yang diproses).
Logikanya simpel. Jika kita tempatkan Cache plugins sebagai plugin pertama untuk dieksekusi, maka plugin-plugin lain tidak akan merubah content website selama plugin-plugin tersebut menggunakan caching. Dengan kata lain, content yang ditampilkan adalah data caching website Joomla, bukan data dari plugin itu sendiri. Karena Cache plugin dieksekusi terlebih dahulu.



That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading