Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

14 Februari 2015

Sembilan tip branding untuk website bisnis online

Memiliki website bisnis online dengan tampilan menarik, rapi, eye-chatching dan navigasi yang baik tidaklah cukup. Sama seperti pada bisnis nyata (offline) atau semua bisnis lain, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar tampilan fisik perusahaan Anda. Anda perlu menjaga branding dan citra bisnis Anda.

brand-bisnis-online

Sembilan aturan brand bisnis online

Berikut ini aturan membangun brand bisnis online dari blogger tetangga sebelah :

1. Aktif dan terlibat di social media

Social media (e.g. Facebook, Twitter, Digg, Linkedin etc) punya satu prespektif sangat penting yang dapat menjadi kekuatan untuk melakukan branding pada bisnis Anda, yaitu dengan PERCAKAPAN. Dan lazimnya website bisnis menambahkan social media ini karena dapat menjadi alat membangun hubungan efektif.

Punya account Facebook, Twitter atau social media lain saja tidak cukup. Anda tetap harus terlibat dalam sebuah percakapan dengan memberikan posting regular, serta membalas pesan yang ditujukan langsung kepada Anda dari client. Monitoring social media saat ini menjadi kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

Social media telah menjadi tolak-ukur publik terhadap branding (citra) perusahaan. Selain itu, social media juga berguna bagi perusahaan untuk mengetahui trend di pasaran dan isu yang berkembang. Jadi sarannya : Aktif dan terlibat di social media.

2. Fokus pada branding perusahaan, bukan branding personal

Terlalu fokus pada Branding Personal tidak bijak, dan akan menjadi gangguan besar bagi Anda untuk melakukan Branding Perusahaan Anda. Fokuslah pada pencitraan brand perusahaan, bukan fokus pada diri Anda. Mungkin Anda punya 10.000 follower di Twitter, tapi hal itu tidak berarti untuk client. Kecuali bisnis Anda "one man show" sebagai Public Speaking, presenter atau entertainment.

3. Berusaha untuk sebisa mungkin tampil di setiap headline

Tampil di setiap headline tidaklah mudah. Untuk melakukannya, targetkan pasar Anda dan area partikular. Sesudah temukan area, Anda dapat mengirimkan pesan-pesan atau materi yang sesuai dengan target Anda dan dapat berguna untuk mereka.

Aktiflah dalam kegiatan yang banyak mendapat sorotan publik, atau aktif dalam komunitas orang-orang yang dapat memberikan network yang baru untuk Anda dan bisnis Anda.

4. Jangan biarkan batasan menghalangi konsistensi

Saat melihat bisnis Anda tampak berjalan baik di tahun kedua dan ketiga, mungkin Anda bernapas lega. Tapi bagaimana jika pada tahun keempat Anda mengalami kesulitan?

Apa yang harus dilakukan jika brand perusahaan di tahun ke-4 dinilai menghambat perusahaan?
Apakah Anda harus melakukan re-branding?
Jika memang harus dilakukan Re-Branding, bagaimana dengan pelanggan Anda dan basis perusahaan Anda yang sudah kuat?

SOLUSI

Jika Anda mengalami hal ini, tetaplah konsisten. Salah satu solusinya adalah perusahaan dapat mengakusisi brand lain, yang dapat mendukung perusahaan untuk mencapai pencitraan yang diinginkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah brand baru yang diakusisi itu, tetap konsisten dengan brand awal, namun membawa hal baru dalam perusahaan.

5. Gigih menentukan kelompok pasar Anda

Dunia online merupakan dunia forum yang sangat ramai, sehingga Anda punya kesempatan untuk membuat brand perusahaan Anda terkenal. Awalnya orang beranggapan bahwa semua air mineral sama, tapi nyatanya kini di supermarket terdapat banyak merek air mineral. Perusahaan Anda dapat menjual produk yang sama di pasaran, tapi produk Anda pasti punya keunikan tersendiri, dan punya target pasar khusus.

Masalahnya adalah orang-orang terlalu cepat menyerah untuk mencari perbedaan itu. Anda harus kreatif, dan intens melakukan pengembangan dan perubahan pada produk Anda. Membuat beberapa pilihan dalam produk Anda sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara yang baik.

6. Cantumkan “About Us” di dalam website

Anda mungkin tidak terlalu peduli dengan halaman “About Us” pada perusahaan Anda, tapi halaman “About Us” yang menjadi dasar bagi publik untuk mengenal perusahaan Anda. Mereka klik dan mempelajari perusahaan Anda serta produk-produk yang Anda jual. Maka, halaman “About Us” perlu mendapat perhatian lebih. Tampilkan profile perusahaan, dan produk-produk yang Anda jual.

Hindari banyak tulisan yang dapat menurunkan niat pembaca, atau hubungkan halaman “About Us” dengan link blog lebih besar, atau website personal. Hal lain yang penting, sediakan kontak informasi yang menunjukan kepada client bahwa perusahaan Anda peduli dan ingin mendengarkan mereka.

7. Integrasikan sosial media dengan website Anda

Integrasikan social media dengan website Anda dapat memberikan koneksi yang lebih baik, dan meningkatkan traffic website. Anda harus punya komitmen besar untuk membuat website Anda berkualitas untuk dikunjungi. Berikanlah tombol “like” dari Facebook, atau taruhlah bagian untuk blog, dan hubungkan website dengan link-link media sosial yang ramai digunakan saat ini.

8. Awasi reputasi brand Anda, dan selalu siap memberikan respon

Facebook, Twitter dan Yelp telah menjadi komponen esensial bagi banyak perusahaan untuk menentukan strategi marketing online, tapi ada beribu website lain yang juga dapat menghubungkan Anda dengan client Anda. Sebuah pertanyaan dari client yang tidak dijawab perusahaan dapat mengakibatkan citra buruk perusahaan. Maka perusahaan perlu melakukan pengawasan terhadap website-website yang menyinggung perusahaan.

Layanan yang sering digunakan ialah Google Alerts, dimana dengan layanan ini, perusahaan dapat memiliki keyword dan melakukan pencarian mulai dari update email dimanapun mereka muncul dalam website. Ada juga Social Mention yang dapat membantu Anda melakukan pengecekan terhadap social media yang ada dan memiliki komentar relevan dengan keyword yang Anda cari.

Melakukan pengawasan terhadap dunia online sangatlah penting, karena nama perusahaan Anda dipertaruhkan dalam dunia online ini.

9. Tunjukan pekerjaan terbaik Anda

Pada situasi sekarang, hal terpenting dalam brand adalah Hubungan dan Kepercayaan. Tidak ada cara lebih baik untuk menjaga hal tersebut selain dengan melakukan posting testimonial atau daftar klien besar yang pernah berhubungan dengan perusahaan Anda. Hal ini akan meberikan kredibilitas besar untuk perusahaan Anda. Anda mungkin perlu memikirkan untuk bekerjasama dengan perusahaan terkait dan memasukkan logo mereka di halaman Anda, untuk menambah elemen visual. Memberikan daftar penghargaan yang pernah diterima perusahaan juga merupakan salah satu cara branding yang baik.


That's all we know - Happy blog blogger


Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2014/09/website-komersial-tip-branding-bisnis.html?showComment=1416376586780#c7180302472578696500'> 19/11/14 12.56 Reply

Hi,
sy rivai. Mahasiswa salah satu STMIK di jakarta.
Sy Sedang cari informasi mengenai tempat les yg dapat memandu saya dalam pembuatan web e-commerce untuk keperluan pembuatan skripsi.
Mohon informasinya jika punya link. Atau kontaknya.
Terima kasih.

Zulpa rivai
087884346816
zulpa.riv@gmail.com

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading