Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

24 Juli 2011

Search Engine + pengukur popularitas website – Part 1


Sejarah Google PageRank pengukur popularitas website

PageRank adalah inovasi besar untuk memaksimalkan fungsi Search Engine dan digunakan GOOGLE untuk menentukan ranking dan mengukur popularitas website. PageRank menjadikan search engine Google lebih bernilai dibanding search engine lain dan membuat Google besar dan semakin besar! Google Search Engine yang ditingkatkan performanya (enhanced) dengan PageRank segera menjadi leader di market share search engine, saat ini Google menguasai 85% market share mesin pencari. diikuti 6% Yahoo, 3% MSN/Bing sisanya ke search engine lain. (sumber http://marketshare.hitslink.com/).

Versi awal algoritma pencarian search engine generasi pertama – seperti InfoSeek - didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan webmaster (pengelola website) melalui meta tag pada kode html  website mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman webpage dengan serangkaian keyword.  Dengan perkataan lain, Sebelum kemunculan Google PageRank, mesin pencari di internet hanya mengandalkan pada apa yang Anda katakan tentang diri Anda untuk peringkat Anda, biasanya dalam bentuk berapa kali keyword tertentu diulang pada webpage – Hal ini terkait dengan bagian Meta tag pada kode HTML website.

Latar belakang -website files

Sebagian admin website memanipulasi meta tag dengan cara menuliskan keyword tidak sesuai dengan konten website sesungguhnya, Sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat website tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian tidak akurat - menimbulkan kerugian baik bagi search engine maupun user internet yang mengharap informasi relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, 2 mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan proyek riset bersama hingga menghasilkan prototipe fungsional yang disebut  Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat webpage. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link mengarah pada suatu webpage dengan analisis atas kualitas masing-masing link.

Google Search Engine enhanced PageRank - arsip website

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman webpage yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas tinggi. Nilai sebuah link dari website berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari 100 website berkualitas rendah.

Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan perusahaan Google dan mengadopsi prototype ini menjadi Google PageRank - yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi search engine lain maupun bagi webmaster (pengelola website) yang berusaha agar website-nya memperoleh nilai PR setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Google mendasarkan peringkat tidak hanya pada apa yang website katakan tentang diri sendiri, tapi juga apa yang orang lain katakan tentang website – dengan kata lain seberapa populer situs tersebut? Popularitas datang dalam bentuk link dan popularitas website bernama PR (PageRank).



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading