Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

08 September 2013

Javascript HTML CSS membangun blog website


Integration of source codes - website design files

Website    merupakan perpaduan aplikasi source codeJavascript, HTML dan CSS. Mau bukti, silahkan buka source code HTML Editor www.blogger.com.  Pada dasarnya source kode dalam Editor Template Blogger merupakan integrasi antara program penulisan dokumen HTML (file html), penulisan presentasi dokumen (file css) dan Javascript (file js) dari JAVA Runtime Environment. Perpaduan ketiga macam kode diilustrasikan seperti berikut :

integrasi CSS Javascript dan HTML

Mengenal Javascript

Fungsi javascript digambarkan seperti ilustrasi berikut (berdasarkan pengalaman pribadi) :

Dini hari jam 02.00 di bulan November 2010 saya membuka blog, ingin edit HTML, namun ada masalah, hasil pengeditan HTML tidak bisa di-SAVE sama sekali. Saya segera mengirim email pengaduan ke Blogger. Sehari kemudian saya terima notifikasi dari Blogger ke alamat Gmail bahwa : 

fungsi Javascript untuk Editor Template Blogger sedang mengalami masalah dan dalam Maintenance.

Saya menduga. Mungkin saya melakukan pelanggaran Term of Services Blogger tanpa disadari?

Namun saat mencoba Login dengan 2 akun Blog saya yang lain ke Blogger.com ternyata mengalami hal sama. Ada apa dengan 3 akun Gmail saya?. Saya pikir Blogger mungkin sedang Maintenance. Apalagi beberapa teman sesama blogger mengalamai nasib sama.

Benar dugaan saya. Blogger mengirim Notifikasi bahwa :

Editor Template Blogger sengaja mematikan fungsi Javascript untuk tombol Save Template, tombol Bersihkan Template dan tombol Preview

Hal ini beberapa kali terjadi sepanjang tahun 2010-2011. Pada bulan Maret 2011, selama 3 hari Blogger ditutup. Berulang lagi pada 1 september 2011. Setelah itu memang ada perombakan fitur Blogger menghasilakan format menu yang baru. Misalnya fitur Live on Blog berdampingan dengan fitur Mobile (View blog dan View di HP). Di bawah Live on Blog ada fitur Customize dan Edit HTML.

  • Terkait pemberitahuan Blogger diatas, saya lebih menyoroti pesan tentang keberadaan fungsi Javascript untuk tombol menu Blogger. Artinya tombol tersebut menyiratkan fungsi Javascript.

Mengenal HTML
Hyper Text Markup Laguage seperti teks biasa tetapi memungkinkan dibaca semua Browser (FireFox, IE, Google, Opera) sehingga isi konten berupa kode dapat dibaca dan dieksekusi oleh semua Browser. HTML hanyalah salah satu bahasa penulisan file. Selain HTML juga ada XML dan XTML. Hampir semua penulisan Tag dilengkapi tag awal dan tag akhir. Setiap dokumen file HTML memiliki struktur dasar  ini :

<!DOCTYPEhtml>
<html>
<head>
<title>'''Selamat Datang di Blog Saya'''</title>
</head>
<body>
<p>Nama saya Yusuf The Doublehorn!</p>
</body>
</html>

HEAD
Header section diapit tag <HEAD> dan </HEAD>. Snippet ini memuat tag TITLE yang menampilkan judul webpage pada browser. Tag title digunakan untuk memberi suatu mark pada website. Browser menyimpan “title” sebagai bookmark. Dalam searching, title digunakan sebagai keywordnya. Header memuat tag META yang berguna untuk menentukan informasi tertentu mengenai file HTML, misalnya menentukan author name dan keywords pada tag META. Contoh :

<meta name="Yusuf" content="Bisnis takaful online">

ELEMEN BODY
BODY Section diapit tag <BODY> & </BODY> sebagai tubuh (isi) file HTML dimana diletakkan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

TAG
HTML tidak membedakan huruf besar atau kecil suatu elemen. Elemen HTML terdiri tag-tag beserta teks yang ada di dalamnya. Tag dinyatakan dengan tanda awal < dan tanda akhir > dan biasanya merupakan pasangan :

1.  Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag>   
2.  Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>. 

Contoh Format  :
  • <nama tag> teks yang ditampilkan </nama tag>
ATRIBUTE
Tag awal bisa memiliki beberapa atribut yang menyatakan karakteristik tag tersebut. Misal, pada atribut ALIGN : Saat dinyatakan karakteristik alinea rata kiri dan rata kanan. Tag yang digunakan :
  • <p align=”justify”></p>
Nilai yang bisa menyertai atribut ALIGN ada 4, yaitu : Center, Left, Right dan Justify.


Mengenal Cascading Style Sheet
Isi atau konten blog terdiri 2 bagian :
  • 1.   Konten dokumen berupa teks, gambar, video, film, foto, audio dan sebagainya.
    2.   Berupa format desain untuk presentasi dokumen blog.
Awalnya tampilan dokumen blog diatur dengan membuat tag HTML. Namun kemudian tag tampilan ini dikembangkan lebih jauh menjadi bahasa penulisan kode untuk presentasi dokumen blog yang berdiri sendiri. Dalam praktek 2 penulisan ini - HTML dan CSS - kadang terpisah dan bisa pula terintegrasi. Dalam satu file kode pada website dapat digunakan bahasa HTML dan CSS secara bersamaan.

Jika penulisan terpisah maka akan ada file HTML dan file CSS sendiri-sendiri. Kelebihan penulisan secara terpisah adalah bisa menguraikan kerumitan (kompleksitas) penulisan kode dan juga lebih fleksibel dalam menuangkan ide dalam rekayasa website. Dan lebih memudahkan bagi yang memilki akses ke kode tersebut. Kelebihan lain adalah file CSS bisa direferensikan oleh file HTML.

Cascading Style Sheet merupakan bahasa pemrograman web untuk mengatur style halaman Website sehingga lebih terstruktur dan seragam. CSS merupakan bahasa penulisan kode sama seperti HTML menggunakan teks biasa. Penulisan CSS digunakan untuk mendefinisikan LAYOUT blog, pilihan huruf, warna dan aspek presentasi lain.
                          
Sama seperti styles pada aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, seperti  heading, sub-bab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Biasanya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

CSS mengatur size gambar, warna bagian tubuh teks, warna tabel, size border, warna border, warna hyperlink, warna mouseover, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lain.[1]  CSS adalah bahasa style sheet C yang digunakan untuk setting tampilan dokumen blog sehingga memungkinkan kita tampilkan halaman sama dengan format beda.

User  HTML, CSS dan Javascript adalah webmaster, web developer, web designer  dan pengakses kode Website lainnya. CSS memang diciptakan untuk memecah kerumitan penulisan kode blog atau website dengan memisahkan dan membagi menjadi penulisan file dokumen yang menggunakan HTML dan penulisan bentuk presentasi.




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading