Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

09 Juli 2011

HTML : Penulisan code struktur website


Dalam update posting atau edit template website (blog) platform apapun, pemahaman penulisan script dan code mutlak dibutuhkan. Setidaknya kita harus mengenal dan memahami logika penulisan HTML, CSS dan Javascript. Di level lanjutan kita perlu tahu tentang jQuery, Carousel, PHP, SQL dan lainnya. Posting berikut, topik dibatasi pada pengenalan HTML saja.

Mengenal coding website blog : HTML - CSS - Script

Tools     untuk upload artikel di blog seperti Blogger ini sudah sedemikian canggih. Untuk membangun blog yang kaya akan variasi, sekarang publisher blog memiliki kesempatan luas dan lebih mudah untuk menguasai program, software dan tools pembuatan dan pengaturan desain halaman web page seperti HTML (Hyper Text Markup Language) untuk membuat atau membangun struktur webpage dan CSS (Cascading Style Sheets) untuk mengatur halaman webpage untuk menghasilkan tampilan rapi dan indah (Beautiful Website).

HTML prinsipnya sama seperti teks biasa tetapi memungkinkan dibaca oleh semua Browser, seperti Mozilla FireFox, Internet Explorer, Google, Operam Safari, sehingga kontennya berupa source kode dapat dibaca dan dieksekusi oleh semua Browser. Meskipun demikian HTML sifatnya hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu dokumen teks.

Jika Anda kuasai teknologinya - sangat familiar dengan HTML dan CSS - maka Anda pun bisa membuat dan mengedit file HTML dan file CSS hanya dengan memanfaatkan aplikasi gratis dan simpel seperti NOTEPAD, STDU Viewer atau WORDPAD. maka kita tidak akan tergantung pada aplikasi HTML Editor apapun (seperti Dreamweaver dan lainnya). Sebelum melangkah jauh sudah seharusnya kita memahami logika dari semua code pada EDIT TEMPLATE HTML.

Pemahaman HTML dasar dalam coding website blog

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah salah satu bahasa pemrograman web markup untuk menjelaskan halaman web page. HTML paling sering digunakan dalam penulisan kode website (blog) daripada XML, DHTML, XHTML atau bahasa lainnya.

html-komponen-website

HTML ditulis dalam bentuk elemen-elemen HTML terdiri dari "tag" yang dikelilingi symbol kurung sudut (seperti <html>). Diantara symbol < dan > berisi content halaman web page. Elemen HTML biasanya diawali tag Pembuka dan tag Penutup secara berpasangan seperti <b> dan </ b>. Elemen-elemen HTML ini membentuk struktur blog.

Tujuan web browser (seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla FireFox dan Opera) adalah membaca kode HTML dan menampilkan mereka sebagai halaman webpage. Browser tidak menampilkan kode tag HTML, tapi menggunakan tag untuk menafsirkan isi halaman. HTML memungkinkan munculnya gambar, Video, suara, teks dan objek lainnya pada halaman webpage dan dapat juga digunakan untuk membuat bentuk-bentuk interaktif.

Website dalam bentuk dasar adalah Perpaduan coding HTML, CSS dan Javascript

HTML menyediakan sarana penulisan dokumen terstruktur yang menunjukkan struktur teks seperti judul, paragraf, daftar, link, kutipan dan item lain. HTML juga dapat melekatkan bahasa Script seperti JavaScript (berupa file js) yang mempengaruhi perilaku halaman.

HTML juga dapat menyertakan Cascading Style Sheets (CSS) untuk menentukan tampilan dan tata-letak (layout), warna, font teks dan bahan lainnya. World Wide Web Concortium (W3C) sebagai pengelola Standar HTML dan CSS sangat menyarankan penggunaan CSS untuk penulisan kode-kode yang akan menentukan bagaimana tampilan content halaman website page.

Bahasa program penulisan dokumen HTML, bahasa penulisan presentasi dokumen web (CSS) dan bahasa Script (Javascript) terintegrasi (dipadukan) sehingga dapat dihasilkan sebuah website atau blog. Perpaduan tersebut dapat diilustrasikan seperti berikut ini.

website-css-html-javascript

That’s all we do.



Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2011/07/html-bahasa-penulisan-kode-konten.html?showComment=1411356323923#c8446562963072552903'> 22/09/14, 10.25 Reply

great blog post, its very helfully

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading