Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

26 September 2011

SEO : Basics for Website Designer


Halaman-halaman pada website (blogdibagi 2 macam :

 Homepage
HOMEPAGE menjadi tujuan utama visitor, selalu menyoroti content terbaru dan berisi hyperlink yang berfungsi mengarahkan tamu ke halaman yang ditunjuk.

 Halaman Dalam atau Webpages
Halaman-halaman website (selain Homepage / innerpage) dimana link-link pada Homepage diarahkan ke halaman-halaman tersebut.

Pengertian Website Design


Proses desain website secara profesional mencakup perencanaan, post-production, riset, pengiklanan, serta kontrol terhadap halaman website oleh perancangnya (seorang website designer) atau kelompok desainer dengan tujuan tertentu. Salah satu tugas utama website designer adalah Search Engine Optimization. Berikut ini pembahasan Dasar-dasar SEO.

Industri pemasaran internet selalu berubah dan hampir mustahil untuk mengetahui segala sesuatu tentang SEO. Teknologi selalu maju, mesin pencari selalu memperbarui algoritma mereka dan para ahli SEO harus terus-menerus belajar untuk tetap di atas perubahan.

Ada satu hal yang tampaknya tetap konstan dalam industri pemasaran online yang terus berubah, yaitu dasar-dasar optimasi website. Dengan dasar-dasar ini saya berbicara tentang hal yang sama yang merupakan bagian dari SEO sejak pertamakali ada hingga  hari ini. Hal ini dapat dipisahkan menjadi 2 kategori, yaitu :

On-Site Optimization - website archives

Ini merupakan proses mengoptimalkan Layout (tata-letak)  dan konten website untuk menargetkan term2 pencarian spesifik (keyword-keyword) untuk posisi terbaik pada peringkat search engine. Proses ini melibatkan aktifitas penempatan keywords yang ditargetkan pada Niche (segmen yang dituju), dimana keywords tersebut diletakkan di tempat-tempat spesifik pada halaman-halaman website agar search-engine spiders (misalnya Googlebot) menjelajahi dan memperingkat halaman2 tersebut berdasarkan keyword-keyword yang ditargetkan. Tempat-tempat spesifik ini termasuk :
  • The page title or title tag
  • In the Meta Description tag
  • In the Page heading and sub headings using H1, H2, H3, H4, H5, H6 tag
  • In the body content of the page
  • In Alt attributes of images
  • In the Anchor Text of any links that point to that page.
Ketika keyword-keyword yang ditargetkan diletak di daerah-daerah webpage tertentu, umumnya akan berpengaruh pada peningkatan peringkat dalam pencarian untuk keywords yang ditargetkan tersebut.

On-site optimization juga melibatkan usaha bagaimana membuat struktur website dan navigasi di Homepage sehingga menjadikannya Search Engine Friendly. Ini berarti setiap webpage tersebut harus mampu untuk dapat dijelajahi oleh semua search-engine spider atau robot mesin pencari dan dapat diindeks oleh semua search engine. Untuk itu, website seharusnya menyimpan semua halaman kurang dari 3 Halaman Dalam.

Apa artinya?  Jika saya menavigasi website, saya tidak harus mengklik lebih 2 link untuk menemukan halaman yang dicari. Setiap halaman seharusnya bisa dicapai melalui html text link (berupa teks) agar spiders bisa menjangkau setiap webpage karena spiders tidak bisa menjelajahi tombol mewah (fancy buttons) dan link flash. Pada website besar penggunaan sitemap sangat membantu dalam memastikan semua halaman dapat dijelajahi dan diindeks oleh search engine spiders.

Off-Site Optimization website files

Merupakan proses membangun popularitas link sebuah website dengan cara bagaimana website-website lain bersedia memasang link menuju situs tersebut. Link ini disebut backlink (Inbound link) dan mempunyai peranan besar dalam membuat seberapa baik sebuah situs diindeks dan seberapa baik peringkatnya pada semua search engine. 

Inbound link memungkinkan robot-robot search engine menemukan halaman-halaman website untuk di-indeks dan di-peringkat. Robots ini juga menggunakan Anchor-text dari inbound links untuk membantu menentukan keyword-keyword apa saja yang seharusnya agar website tersebut  diperingkat. Berikut ini beberapa cara mendapatkan Inbound link.
  • Web Directories
    Lakukan submit ke Web Directory berbayar maupun yang gratis.

  • Reciprocal Links
    Pertukaran links dengan website-website yang memiliki konten relevan.

  • Articles
    Menulis artikel tentang produk atau layanan yang ditawarkan di website Anda dan
    kirimkan ke berbagai situs penerbitan artikel. Pastikan juga untuk menyertakan
    link ke produk atau layanan di situs Anda.

  • Press Releases (Siaran Pers)
    Sama seperti menulis artikel, Press Releases dapat dikirimkan ke PRweb dan PRleap. Kemudian PR ini dapat dijemput oleh situs-situs berita lain, termasuk diantaranya Google news and Yahoo.
Ingat!!! Inbound link harus dari situs yang berisi konten yang relevan. Anda harus selalu melihat kualitas situs sebelum bertukar link.



That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading