Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

16 Januari 2014

Haruskah website membangun Inner-Page Link?


Link building mengarah ke Inner-Page membantu search engine mengindeks cepat dan memudahkan tamu temukan halaman relevan. Clickthrough Rate tinggi dan Bouncing Rate rendah memungkinkan webpage bergerak naik di search results dan menjadikan Inner-Page relevan dengan keyword query

Link Internal     merupakan tautan pada suatu webpage yang menuju ke salah satu halaman dari halaman website, baik menuju ke Homepage maupun ke Inner-Page (halaman website selain HOMEPAGE). Link internal bagus untuk SEO, karena membantu robots Google (googlebots) menjelajahi content dan membantu visitor bernavigasi ketika mereka mencari informasi.

Untuk support SEO dan optimalkan peringkat pencarian di search engine, jumlah link mengarah ke Inner-Pages idealnya 3 kali lipat daripada jumlah link menuju HOMEPAGE. Menyematkan link internal dalam Inner-Pages akan memanjakan visitor dan membantu Googlebots mengindeks halaman website. Dalam kerja website design jangan lupa membuat link internal.

Link Internal dan Inner-Pages - website archives

Ketika geser page ke bawah (scroll-down), tentu tab-menu di bagian atas hilang? Fungsi link internal memudahkan navigasi kembali ke bagian atas sehingga menghemat waktu pencarian bagian tertentu atau melompatinya. (Misal, jika sudah paham bab 1, bisa langsung ke bab 2 dan seterusnya).

ILUSTRASI

Ketika datang tukang listrik, apakah Anda HANYA menyilahkan masuk dan membiarkan mencari sendiri di bagian mana penyebab listrik mati? Atau Anda membantunya menuju ke bagian-bagian yang perlu mendapat perhatian?

Tentu dia butuh kerjasama Anda mengatasi masalah. Demikian juga dengan pengunjung blog, mereka berharap dibimbing mencari informasi. Jadi sangat masuk akal menghubungkan visitor secara langsung ke Inner-Page relevan daripada selalu mengarahkannya ke HOMEPAGE.

Inner-page Link Building - website files

Atau disebut juga Deep-Link Building.

  • Inner-Page secara harfiah berarti Halaman-Dalam.
  • Inner-page ialah halaman–halaman selain HOMEPAGE yang ada di suatu blog atau domain.

Jika tidak membangun lnner-Pages, artinya, kita hanya memberi sedikit peluang Googlebots menemukan dan mengindeks Halaman Dalam. Sama seperti inspeksi tukang listrik telah melewatkan beberapa bagian penting dari jaringan listrik karena Anda tidak mau membimbing.

Alasan website melakukan Build Links to Inner-Pages

Authority

Otoritas Homepage semakin tinggi saat membangun banyak link. Otoritas tinggi sangat baik karena akan menentukan seberapa tinggi hasil pencarian ditampilkan untuk keyword yang Anda targetkan.

Membangun otoritas halaman untuk Homepage tidak otomatis menciptakan otoritas tinggi untuk website keseluruhan. Untuk membangun otoritas tinggi keseluruhan website, Anda HARUS meningkatkan otoritas halaman Inner-Pages.

Website akan mendapatkan otoritas halaman ketika Anda ekspose Inner-Page ke Googlebots dengan cara membangun link ke Inner-Page.

Diversity

Menyematkan link perlu diversifikasi sumber link.
Anda punya 1000 situs ditautkan ke Homepage TAPI tidak satu pun link ke Inner-Pages, Googlebots / robots Google akan mengkategorikan sebagai Un-natural link building, meskipun 1000 link itu sah.

Build Links tidak-natural ini SPAMM, apalagi diproses dalam waktu singkat. Cara buruk ini ditawarkan banyak perusahaan SEO. Dengan cost murah client membangun sejumlah besar link.

Saya pernah mendapat pinalty PageRank dan Alexa Rank turun drastis karena tergoda tawaran mereka. Faktanya legitimasi tidak berlangsung lama. Saya menerima 3 peringatan dari  Google karena peningkatan kunjungan tidak wajar pada tahun pertama usia blog ini.

SARAN
  • Membangun link tersebar ke Homepage dan Inner-Pages untuk diversifikasi link profile

  • A diverse link profile is considered to be more natural than a unidirectional linking pattern (exclusively to the home page).

Relevancy

Relevansi menjadi faktor krusial ketika ingin tahu mengapa “Deep-Linking” itu penting.

ILUSTRASI

Blog mengangkat tema perbandingan mobile-phone dan dikaitkan dengan link homepage Anda pada thread forum mendiskusikan “iPhone-5 versus Samsung Galaxy-S3” Member yang ikuti link Anda lebih berharap menemukan content perbandingan iPhone-5 versus Samsung Galaxy-S3 daripada menemukan perbandingan mobile-phone versus database lebih luas

Webmaster dan blogger sering meninggalkan banyak link balik menuju ke Homepage, tapi akan lebih masuk akal jika mengkaitkan link ke Inner-Pages khusus sesuai topik diskusi thread forum diatas untuk menurunkan bouncing rate

Mengapa?

Link Inner-Page cenderung relevan, sehingga probabilitas tinggi mendapat kunjungan-ulang, dan otoritas halaman lebih tinggi untuk halaman tertentu.

  • Inner-Page links tend to be more relevant, thus you should have higher chances of attaining repeat- site-visitors, as well as a higher page authority for that particular page.

SEO dan CTR

Bila prioritas membangun link ke HOMEPAGE, website hanya akan dioptimalkan untuk 2 -3 keyword. Bila build links ke Inner-Page, Anda menargetkan lebih banyak keyword (blog dioptimalkan pencariannya untuk banyak keyword). Build link ke Inner-Page meningkatkan visibilitas blog dalam pencarian organik (natural).

Membangun link mengarah ke Inner-Pages membantu search engine mengindeks cepat Inner-Page dan memudahkan menuju halaman relevan.  Rasio Klik-Tayang / Clickthrough Rate (CTR)  tinggi dan Bouncing Rate rendah memungkinkan webpage bergerak naik di halaman search-results (SERPs) dan menjadikan Inner-Page relevan dengan keyword query.
  1. When CTR’s are high and bounce rates are low there are higher chances of your pages moving up in the SERPs.
  2. Building links to your inner-pages will also help search engines crawl and index your inner-pages efficiently, making it easy to return relevant pages in search results.




Happy Blogging!


Comments

2 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2013/03/seo-mengapa-harus-membangun-inner-page.html?showComment=1371758003415#c2604129378523221937'> 21/06/13, 02.53 Reply

iya betul, semuanya itu sangat penting.. jadi tambah pengetahuan, makasih agan...

http://website-download.blogspot.com/2013/03/seo-mengapa-harus-membangun-inner-page.html?showComment=1374032220375#c2672622493915835944'> 17/07/13, 10.37 Reply

You are welcome, Bro...

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading