Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

19 Februari 2012

Platform Blogspot opsi tepat bagi website bisnis pemula


Internet menyediakan beragam perspektif yang mengubah cara pandang terhadap konsep-konsep Marketing : Branding, Komunikasi pasar, Pricing, Globalisasi pasar dan transaksi. Perubahan ini diikuti lahirnya Banking Online, ATM, e-Commerce, Monetize periklanan, e-mail, PayPal etc. Integrasi bisnis dan internet memang sangat menjanjikan. Tapi banyak yang gagal karena mereka utamakan sukses sesaat, tidak memahami persaingan atau tidak mampu menjaga integritas dan kontinuitas servis online.

Apa yang perlu dilakukan untuk support website bisnis?

Dalam internet marketing perlu dilakukan beberapa tahapan berikut :

Observasi

Bagaimana persaingannya?
Apakah pesaing memakai internet?
Bagaimana trend perbincangan pasar?
Bagaimana cara kerja Marketing online pesaing?
Bagaimana respon pasar atas produk yang mirip dengan dagangan Anda?
Bagaimana tampilan Toko Online atau Social Media pesaing dan Pemain Besar di bisnis Anda?

Observasi bisa pakai Google Alert, yang secara berkala mengirim info topik/keyword yang sebelumnya dipilih. Anda akan menerima informasi jika ada situs yang posting topik/keyword tersebut. Atau gunakan Twitter Search untuk melihat trend topik (Apakah topik bisnis Anda sedang menjadi Trend?). Untuk observasi Social Media gunakan www.radians6.com yang menerbitkan review berkala.

Berdasarkan hasil observasi, Anda menentukan langkah selanjutnya.

Menggelar Dagangan

Anda bisa bikin media (Blog, Website, Fan Page Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Koprol, Linkedin) untuk memasarkan produk. Berdasarkan hasil observasi, lakukan analisis Media secara berkala. Pelajari trafik percakapan, seberapa sering bisnis Anda disebut. Bagian mana yang paling potensial dan bagian mana yang perlu diperkuat? Seberapa besar jaringan Anda (jumlah teman, follower dan komentar).

Website perlu waktu lama untuk dikenal publik. Seharusnya Anda pun sabar jika dalam setahun hasilnya mengecewakan.

Sosialisasi

Lakukan keterlibatan efektif dalam percakapan. Amati dan pelajari respon dan ciptakan content yang terkait dengan respon audiens. Tapi jangan seperti robot tanpa perasaan. Pikirkan perasaan dan pikiran Audiens. Bisnis Anda harus beradaptasi dengan kultur bisnis online jika ingin sukses.

Membuka website Toko Online

website-toko-online

Banyak konsumen mencari info produk via Google. Maka sebelum membuat e-Commerce. Anda harus menentukan :
  • Ingin menjadikan sebagai Toko Online atau website yang hanya untuk menginformasikan produk dan perusahaan?
  • Seperti apa website yang akan dibuat?
Idealnya website mempunyai beberapa fungsi sebagai tempat berjualan, Branding produk atau penguatan image company. Faktanya Anda harus memanfaatkan beberapa tipe website berdasarkan kepentingan dibawah ini :

1.   Situs Informasi Umum

Menyediakan informasi berita, profile, produk, harga, siapa pelanggannya, bagaimana bisa dihubungi dan alamat. Wujud website statis jarang Update kecuali  ada produk baru atau perubahan harga.   

2.   Situs e-Commerce

Menyediakan fasilitas direct selling dan alat pembayaran seperti PayPal, Credit Card dan transfer. Misalnya Amazon, e-Bay dan TokoBagus.

3.   Situs Content

Berperan sebagai Agregator News penyaji berita dan Income dari iklan. Contoh VivaNews, Republika Online dan Kompas.com.

4.   Blog

Pada dasarnya sama dengan Situs Content. Bedanya Blog  ada sentuhan pribadi (melibatkan seseorang) yang secara teratur menyajikan informasi relevan dengan produk atau perusahaan.  Umumnya company besar atau merk terkenal menggunakan Blog untuk menjaga keakraban dan loyalitas seperti blog resmi Google http://googleblog.blogspot.com

Toko Online kecil tipe (1), (2) dan (4) dapat menjadi pilihan, namun yang paling tepat memilih Blog.

Alasan pemula bisnis Toko Online memilih platform Blogspot karena gratis dan sifat dinamis.
  • Anda bisa memberikan informasi apa saja secara umum, sekaligus juga berjualan produk.
  • Anda juga sangat leluasa membuat content dan memberi sentuhan personal.
  • Anda juga bisa beli Domain terkait dengan jenis usaha/nama company. Migrasi dari Blogspot ke Hosting berbayar biasanya karena menginginkan Space dan Quota Bandwidth lebih besar.
5.   Situs Forum

Situs ini melibatkan sejumlah besar member untuk berbagi ide, komentar dan lainnya atau mendiskusikan topik tertentu.Seperti Indowebster dan Kaskus.

6.   Situs Database

Berisi berbagai informasi yang bisa didapatkan customer dengan melakukan pencarian. Datanya berasal dari sejumlah website terkait.




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading