Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

26 Juli 2012

Website Toko Online : Bagaimana memilih Kurir?


Berbeda dengan toko biasa,  pada toko online buyer harus membuka website, memilih , dan harus membuat order di toko online tersebut. Dengan demikian toko online benar-benar membutuhkan modul kurir untuk fasilitas pengiriman.

Kunci layanan toko online sangat erat kaitannya dengan kehandalan kurir. Keterlambatan pengiriman membuat klien kecewa. Ini membuat pengelola webstore harus benar-benar berfikir dalam menentukan kurir mana yang akan digunakan. Jasa penyampaian produk yang dibeli ke tangan pelanggan menjadi  salah satu pertimbangan utama memilih toko online.

Lalu, seperti apa profil-profil pilihan pelayanan jasa pengiriman barang yang selama ini sudah eksis di Indonesia? Berikut ini saya re-posting dari Memilih Kurir yang Handal untuk mendapatkan pedoman pemilihan jasa kurir.

Apakah Anda lebih mempertimbangkan tarif murah? Atau lebih mempertimbangkan kecepatan sampainya barang? Atau kemudahan layanan dan variasi layanan yang bisa dipilih dan lainnya? Dengan informasi di bawah ini penuturan seorang pemain toko online yang dengan pengalaman dan pengamatannya bisa membantu Anda memilih perusahaan jasa kurir yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sampai saat ini, kurir yang pernah saya gunakan jasanya adalah JNE, TIKI, POS, wahana, pandu logistic, dan pahala kencana. Selain kurir besar itu, kurir motor juga menjadi alternatif untuk pengiriman dalam kota. Saya ingin menyampaikan pengalaman dan pengamatan saya untuk bahan perbandingan.

Pilihan JNE
logo kurir JNE

Toko online berbasis berbasis prestashop bisa diadaptasikan dengan lingkungan Indonesia, misalnya bisa dipasang modul JNE untuk pilihan kurir di toko tersebut. Dulunya TIKIJNE namun sekarang JNE dan TIKI menjadi dua kurir berbeda. Setelah beberapa kali menggunakan jasa JNE, saya merasakan memang JNE punya keunggulan layanan. Jenis paket yang lazim dipakai di dalam negeri adalah OKE, Reguler, dan YES.

JNE memberikan layanan tracking pergerakan barang melalui web-nya. Pemutakhiran datanya saya lihat berjalan baik. Ini bisa saya nilai dari data aktual setiap kali mengecek kiriman. Dengan demikian, baik saya pribadi atau konsumen bisa mengecek pergerakan kiriman barangnya. Enaknya lagi, ketika mau kirim kita tidak perlu mengisi formulir pengiriman karena sudah dibuatkan oleh stafnya.

Alternatif Layanan kurir lain

TIKI

Yang saya tahu dulu TIKI adalah kepanjangan dari frase Titipan Kilat. Perusahaan kurir ini kemudian menjadi TIKIJNE. Dan kini TIKI berdiri sendiri. Jenis layanan yang biasa dipakai adalah ONS dan reguler disamping layanan lain yang kurang populer seperti two day delivery service.

Secara umum mirip dengan JNE. Namun saya amati secara umum tarifnya sedikit lebih mahal dibanding JNE. Dari pengalaman, ada selisih antara 500 rupiah hingga 2000 rupiah. Selain itu ada satu keluhan untuk TIKI, yaitu mengisi formulirnya masih harus manual dan sendiri.

POS

PT.Pos Indonesia kini melayani juga jasa pengiriman barang, dokumen, atau barang apapun yg bisa dikirim dan masuk kontainer. Dengan pembaruan sistem yang komputerisasi, saat ini pun sudah ada fasilitas tracking/pelacakan di web posindonesia.

Secara umum layanan posindonesia bisa menjangkau sudut manapun di indonesia dengan harga yang relatif paling murah dari yang lain. Itu keunggulannya. Adapun keluhan saya dengan layanan pos adalah waktu pengiriman yang relatif lebih lama dan handling/penanganan yang kurang hati-hati.

PANDU LOGISTIC

Saya menggunakan jasa Pandu Logistic untuk mengambil barang dari distributor besar di Surabaya. Layanan kurir ini ke seluruh Indonesia. Dengan pengalaman di DHL, setidaknya kurir ini sudah memiliki website yang rapi.

Tarif pengiriman bisa sepertiga sampai setengahnya dari jasa kurir lain. Berdasar pengalaman, hal yang perlu diwaspadai adalah waktu pengiriman relatif lama. Pernah saya mengalami ketidakpastian hingga 6 hari lamanya. Saya lacak di web tidak ada. Telpon ke cabang Jakarta, tetap nihil. Saya telpon ke Surabaya, tidak ada yang mengangkat.

Tapi sepertinya customer care beralamat info@pandulogistics[DOT]com masih aktif. Terbukti di hari ke-6, saya kirim email ke alamat tersebut. Dan alhamdulillaah, sore harinya kiriman datang juga.

WAHANA

Kurir ini masih konvensional dan belum mengoptimalkan web. Mungkin masih mengandalkan transportasi darat. Meskipun masih konvensional, untuk wilayah Jawa saya masih merasa puas dengan layanannya selain relatif murah.

PAHALA KENCANA

Pahala memanfaatkan bis regulernya untuk melayani paket kiriman. Masih agak konvensional karena web-nya belum optimal. Tarif ongkos kirim relatif murah. Namun sayang, etika mencari kantor agen di Tangerang yang dulu di Jalan Imam Bonjol kini telah tiada entah kemana. Padahal di tempat tersebut masih terpampang alamat dan nomor telepon yang sama dengan ketika kantor itu masih ada.

Begitulah pengalaman dengan banyaknya pilihan kurir yang ada. Tulisan ini tidak ditujukan untuk mendiskreditkan kurir tertentu. Dan jika ada manajemen salah satu kurir di atas yang membaca tulisan ini, mohon dianggap sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas layanannya.





Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading