Prosedur penjualan website store Prestashop
Masalah tidak berfungsinya salah satu dari 5 tahap berbelanja, misalnya, gagal Login atau tidak ada Jasa kurir yang melayani alamat tujuan (meski modul kurir terinstall), akan menyebabkan customer tidak bisa melanjutkan transaksi, dan calon pembeli kecewa. TIDAK ADA TRANSAKSI adalah bencana terbesar bagi penjual, dan salah satu penyebabnya adalah karena kegagalan sistem penjualan toko online.- Shopping cart summary
Secara teknis jendela “Shopping cart summary” muncul setelah menekan tombol “CHECKOUT” di halaman utama (homepage) Prestashop; Atau setelah Anda selesai memilih item produk untuk dibeli.
Di jendela ini Anda juga bisa periksa kembali semua produk yang akan dibeli atau membatalkan item yang akan dibeli dengan menekan tombol “DELETE” atau menambahkan belanjaan dengan menekan tombol “Continue Shopping.” Selanjutnya tekan “NEXT” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
- LOGIN
Jendela LOGIN muncul setelah tombol “NEXT” pada jendela “Shopping Cart Summary” ditekan. Bagi visitor baru, Anda harus menekan tombol “Membuat Akun” dan untuk pemilik account untuk akses ke toko online Prestashop hanya perlu memasukkan Email dan password. Jika lupa password, klik saja “Lupa Password” untuk mendapatkan password baru.
- ADDRESSES
Jendela Address otomatis tampak setelah LOGIN selesai. Disini akan tampak “Alamat Tagihan” dan “Alamat Pengiriman.” serta konfirmasi “Alamat Pengiriman” dengan memilih menu Dropdown dan memberi tanda Check untuk alamat pengiriman sama dengan alamat tagihan. jika Anda ingin perubahan alamat pengiriman atau alamat tagihan klik saja UPDATE.
- SHIPPING
Jendela ini menginformasikan jasa kurir yang dipakai (misalnya JNE) beserta biaya pengiriman. halaman ini segera terlihat setelah Anda memastikan alamat pengiriman Anda benar (dengan menekan tombol NEXT). Silahkan beri tanda check (centang) pada kotak Term of Services dan tekan tombol NEXT.
- MEMILIH CARA PEMBAYARAN
Tahap terakhir ini memunculkan opsi cara bayar yang ditawarkan oleh toko online Prestashop. Silahkan pilih cara membayar yang Anda sukai.
Error pada akses tahap Shipping
- there are no carriers that deliver to the address you selected.
- The Zone determines which geographic location of the world the chosen Carrier will deliver your product shipment. Perhaps you have a carrier that will only deliver within North America, or both Northa America and Europe. The zone settings help determine whether the carrier can deliver to the customer's specific location
- Jalan Raya Pulogebang 31, kecamatan Cakung Jakarta Timur.
Ketika saya periksa dengan pergi ke :
- Shipping >>> Carriers >>> Edit (mengedit kurir JNE)
Gambar diatas contoh zone pengiriman Indonesia (modifikasi default zone kurir Prestashop).
- Enable carrier in the Front Office Apply shipping cost
- Apply both regular shipping cost and product-specific additional shipping costs
- Back Office >> Shipping >> Price-Range
- Back Office >> Shipping >> Weight-Range