Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

26 Januari 2013

Prestashop : Solusi No carriers that deliver to the address


Keunggulan Content Management Systems (CMS) webstore Prestashop ada pada sistem layanan penjualan terintegrasi. Ini tentu sangat baik bagi customer. Namun tidak bagi web developer atau admin toko online amatiran yang mau menangani semua persoalan teknis secara mandiri. Masalah menjadi rumit ketika harus menelusuri penyebab kegagalan sistem penjualan.

Prosedur penjualan website store Prestashop

Masalah tidak berfungsinya salah satu dari 5 tahap berbelanja, misalnya, gagal Login atau tidak ada Jasa kurir yang melayani alamat tujuan (meski modul kurir terinstall), akan menyebabkan customer tidak bisa melanjutkan transaksi, dan calon pembeli kecewa. TIDAK ADA TRANSAKSI adalah bencana terbesar bagi penjual, dan salah satu penyebabnya adalah karena kegagalan sistem penjualan toko online.

Secara default ada 5 tahap dalam sistem penjualan Prestashop, yaitu :
  1. Shopping cart summary

    Secara teknis jendela “Shopping cart summary” muncul setelah menekan tombol “CHECKOUT” di halaman utama (homepage) Prestashop; Atau setelah Anda selesai memilih item produk untuk dibeli.

    Di jendela ini Anda juga bisa periksa kembali semua produk yang akan dibeli atau membatalkan item yang akan dibeli dengan menekan tombol “DELETE” atau menambahkan belanjaan dengan menekan tombol “Continue Shopping.” Selanjutnya tekan “NEXT” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

  2. LOGIN

    Jendela LOGIN muncul setelah tombol “NEXT” pada jendela “Shopping Cart Summary” ditekan. Bagi visitor baru, Anda harus menekan tombol “Membuat Akun” dan untuk pemilik account untuk akses ke toko online Prestashop hanya perlu memasukkan Email dan password. Jika lupa password, klik saja “Lupa Password” untuk mendapatkan password baru.

  3. ADDRESSES

    Jendela Address otomatis tampak setelah LOGIN selesai. Disini akan tampak “Alamat Tagihan” dan “Alamat Pengiriman.” serta konfirmasi “Alamat Pengiriman” dengan memilih menu Dropdown dan memberi tanda Check untuk alamat pengiriman sama dengan alamat tagihan. jika Anda ingin perubahan alamat pengiriman atau alamat tagihan klik saja UPDATE.

  4. SHIPPING

    Jendela ini menginformasikan jasa kurir yang dipakai (misalnya JNE) beserta biaya pengiriman. halaman ini segera terlihat setelah Anda memastikan alamat pengiriman Anda benar (dengan menekan tombol NEXT).  Silahkan beri tanda check (centang) pada kotak Term of Services dan tekan tombol NEXT.

  5. MEMILIH CARA PEMBAYARAN

    Tahap terakhir ini memunculkan opsi cara bayar yang ditawarkan oleh toko online Prestashop. Silahkan pilih cara membayar yang Anda sukai.

Error pada akses tahap Shipping

Awalnya saya bingung ketika harus menghadapi pesan error ini :
  • there are no carriers that deliver to the address you selected.
Setelah saya telusuri ternyata penyebabnya zone-zone wilayah pengiriman belum saya beri tanda check (centang).  Aktifkan perusahaan jasa kurir Anda (hingga muncul tanda centang hijau). Kemudian klik icon EDIT dan pilih ZONE yang Anda inginkan (misalnya Asia). Secara default Zone PS seperti dibawah ini : Africa Asia Central America/Antilla Europe Europe (out E.U.) North America Oceania South America
  • The Zone determines which geographic location of the world the chosen Carrier will deliver your product shipment. Perhaps you have a carrier that will only deliver within North America, or both Northa America and Europe. The zone settings help determine whether the carrier can deliver to the customer's specific location
Saya mendapati page seperti berikut, ketika mencoba order produk untuk di kirim ke alamat :
  • Jalan Raya Pulogebang 31, kecamatan Cakung Jakarta Timur.
ringkasan tahapan berbelanja prestashop

Ketika saya periksa dengan pergi ke :
  • Shipping  >>> Carriers >>> Edit (mengedit kurir JNE)
Saya mendapati Zone pengiriman wilayah Cakung, Jakarta Timur dan demikian juga seluruh wilayah lain belum diberi tanda centang. Kemudian seluruh Zone saya beri centang seperti berikut:

check icon zone pengiriman prestashop

Gambar diatas contoh zone pengiriman Indonesia (modifikasi default zone kurir Prestashop).

Saya harus aktifkan (enable) kedua status fitur berikut (Enable all of this 2 features Status):
  1. Enable carrier in the Front Office Apply shipping cost
  2. Apply both regular shipping cost and product-specific additional shipping costs
Dan melakukan setting Price-Range dan/atau  Weight Range. Untuk itu pergilah ke :
  1. Back Office >> Shipping  >> Price-Range
  2. Back Office >> Shipping  >> Weight-Range
Saya senang! Setelah zone “Jakarta Timur, Cakung” saya centang (gambar diatas) saya pun akhirnya mendapati halaman pilihan jasa kurir (artinya tidak ada masalah lagi) seperti gambar di bawah ini.

pilihan jasa kurir prestashop


That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading