Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

20 Juni 2014

Jebakan Mengintip Profil Teman Facebook - website file


Awas! Jebakan ‘Mengintip Profil Teman’ di Facebook

intip profil facebook

Anda punya account Facebook? Boleh jadi Anda mendapati jendela halaman Facebook seperti gambar diatas. Otomatis pikiran pun bertanya-tanya :

"Siapa saja yang sering melihat profil Facebook saya?"

Beberapa waktu yang lalu saya sering melihat tawaran tersebut dan sempat tergoda untuk mengikuti instruksi yang saya terima agar dapat melihat siapa saja pemilik akun facebok yang melihat profil saya.

Hingga kemudian saya curiga, lalu menyelidiki dan menyadari bahaya phishing (pencurian data). Awas, ternyata itu adalah jebakan melalui plugin palsu yang ditawarkan! Maksud tujuan penipu ini adalah mengintip data rahasia pribadi kita.

Phishing adalah suatu bentuk penipuan dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti password dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik, pesan instan dan bahkan sekarang sudah menggunakan Facebook untuk pencurian data.

Biasanya jebakan yang beredar di Facebook dalam bentuk aplikasi, namun kali ini berbentuk tautan (link) berada di luar sistem Facebook, yang menyuruh pengguna menginstall aplikasi adobe flash player palsu.

Untuk lebih menyakinkan, berbagai posting Profile View Tracker disebarkan oleh si pelaku di halaman Facebook. Mereka membuat screenshot beberapa orang yang diklaim sering melihat profil pengguna.

User Facebook seolah diarahkan ke situs http://videopalac*.biz. Kemudian pengguna ditawari install plugin palsu Adobe Flash Player untuk browser Chrome dan Firefox, komponen ini dijadikan alat oleh si pelaku untuk menyebarkan posting ‘pengintip profil’

Seperti dilansir aktual.co dari vaksin.com.. Plugin ini tergolong salah satu komponen berbahaya dan harus segera dihapus karena korban yang sudah terlanjur menggunakannya akan secara otomatis ikut menyebarkan teror ‘pengintip profil’ di Facebook.

Untuk memastikan Anda tidak menjadi korban extension palsu tersebut, disarankan untuk memeriksa extension/addon dan tidak melakukan instalasi extension yang tidak anda ketahui dengan pasti keamanannya.

Anda bisa memeriksa extension dengan cara :
  1. Buka browser Firefox >> klik [Firefox] [Add-ons] atau [Ctrl] [Shift] [A] 
  2. Klik tabulasi [Extensions] di sebelah kiri.
    Anda akan mendapatkan extension apa saja yang sudah Anda install.
  3. Jika ada extension Adobe Flash Player 3.7, segera uninstall, caranya klik [Remove] 
  4. Dan ikuti proses uninstall sampai selesai. 
  5. Terakhir restart Firefox.


OK, berhati-hati dalam penggunaan Facebook!



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading