Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

31 Januari 2012

Titik lemah platform website blog Blogger dalam SEO


Kenali kekurangan aspek SEO Blog Blogspot untuk upayakan peningkatan SEO

Google-SERPs-Navigation-website design Search Engine Optimization atau SEO sejak awal telah menjadi issue sentral dalam “kehidupan” situs yang memimpikan posisi maksimal SERPs (Search Engine Result Pages). Perlu diketahui, banyak kelemahan platform blogger blogspot yang membuat SEO blog kurang "menggigit," tidak memberi hasil optimal dalam bersaing di SERPs untuk keyword tertentu. Dalam masalah ini, terus terang saja, blog platform WordPress relatif lebih baik.

Sebenarnya tidak masalah jika kita tidak ambil pusing berapa banyak orang yang membaca blog. Tetapi faktanya hampir semua blogger dan webmaster sangat peduli dengan posisi blog di SERP. Mereka menginginkan tingginya trafik kunjungan.

Kelemahan platform website blog blogger

Apa masalahnya dengan blog hosting gratis ini?
Berikut ini beberapa kelemahan blog blogspot ditinjau dari Aspek SEO.

A. Keterbatasan permalink di website blog blogger

Permalink (permanent link) yang membuat semua title halaman sangat diperlukan agar indeks halaman tersebut lebih kuat pada keyword tertentu.
mengenal permalink permanent link

Masalahnya, Permalink pada blogger tidak bisa melakukan hal ini, karena pada setting blog blogspot, permalink hanya dapat memuat beberapa kata saja (30 karakter huruf dan spasi) yang ada di depan judul posting. Jika judul artikel post melebihi batasan tersebut, maka pada nama URL akan terlihat terpotong pada karakter ke-30.

PERHATIKAN nama URL artikel post yang saat ini Anda membacanya :

“… /titik-titik-lemah-platform.html”

diambilkan dari 30 karakter pertama judul yang pertama saya cantumkan.  Pada judul sekarang sedikit diubah dengan menghapus salah satu “titik.”

Bisa saja solusinya dengan membatasi judul posting hanya beberapa kata saja.
Tetapi, bagaimana dengan artikel yang mengharuskan membuat judul agak panjang?
Bagaimana keyword disisipkan dalam title posting dan dimuat pada nama URL tanpa terpotong?

Trik posting baru dengan penyisipan keyword pada nama URL
  1. Buat judul palsu (bukan judul sebenarnya) untuk post artikel baru tersebut dan sisipkan beberapa keyword Anda pada 30 karakter pertama nama judul palsu tersebut. Judul palsu ini harus tetap relevan dengan isi postingan.
  2. Kemudian terbitkan (post) artikel tersebut untuk pertamakalinya. Postingan akan terbit dengan judul palsu dan nama URL memuat keyword utama.
  3. LANGKAH TERAKHIR : Ganti JUDUL PALSU dengan judul artikel yang sebenarnya diinginkan.

B. Terlalu banyak URL yang dibatasi robots.txt

halaman tambahan blog restricted
Robots.txt blogger sudah diatur untuk membatasi (restricted) semua URL laman tambahan /search.

Restricted semua halaman tambahan ini membuat semua laman label (/search/label), laman next page dan  previous page (/search/update) akan dibatasi oleh robots.txt.

(bisa dilihat di Webmaster Tools).

Semakin banyak jumlah post artikel dibuat, maka Restricted URL akan semakin banyak.

Masalahnya, apakah banyaknya restricted url ini merupakan hal normal dan tidak mengganggu SEO blog secara keseluruhan?

C. Tidak ada meta tag (description dan keyword) di halaman posting

Halaman posting blogger pada dasarnya tidak memiliki description dan keyword tersendiri. Kita hanya bisa membuat custom meta tag pada HALAMAN UTAMA (Homepage) saja. Sedangkan yang ditampilkan sebagai description di SERPs adalah kalimat pertama pada paragrap pertama Halaman Utama tersebut.

Sekarang sudah banyak pengguna blogger yang memodifikasi meta tag, dengan menempatkan title posting secara otomatis menjadi description dan keyword halaman. Namun, saya kurang tahu apakah ini maksimal atau malah berpengaruh buruk buat blog.

D. Masalah validitas CSS dan xhtml - website files

Saya sudah mengecek validitas CSS dan xhtml beberapa blogger template di w3.org, dan hasilnya adalah saya belum menemukan blogger template yang betul-betul valid dalam hal ini.

Kelebihan Blogger cepat diindeks mesin pencari Google

Blogger tetap menjadi blog hosting favorit karena milik Google, sehingga content blog cepat sekali diindeks oleh mesin pencari Google (search engine friendly). Kita pengguna FREE blog hosting ini, perlu berterimakasih dan ikhlas menerima beberapa fakta ketidak-sempurnaan Blogger. Namun tetap dimungkinkan kita memberi feedback sebagai user dan berharap ada perbaikan signifikan.



That's all we know



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading