Author by Yosef Doublehorn
slogan cinta kerja harmoni
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

17 Oktober 2013

Tip Creative Writing content website dan web blog


Copywriter    menginginkan Anda, reader blog (pengunjung website), senang dengan content ciptaannya. Menginginkan client-nya, owner web blog atau website yang pakai jasa mereka,merasa puas bahwa keyword yang disisipkan membantu mendatangkan banyak pengunjung berkualitas dan mendukung SEO Friendly.


Creative writing dan pengunjung berkualitas

Pengunjung berkualitas artinya, mereka ketik keyword tertentu di search engine sehingga akhirnya dapat menemukan website atau blog Anda.

Copywriter tidak semata membuat artikel bagus dikerjakan secara profesional untuk mendapatkan banyak tamu, mereka pertimbangkan aspek SEO, untuk mendatangkan tamu berkualitas.

Mengapa pengunjung berkualitas PENTING?

Menurut statistik Google, sekitar 75% visitor berkualitas cenderung klik iklan Google Adsense. Mereka sengaja mencari informasi dengan mengetik keyword tertentu pada search engine. Perkiraan keyword tersebut yang disisipkan oleh Copywriter ke teks artikel.

Pengunjung tidak berkualitas – datang secara kebetulan ke website (blog) – hanya 1% yang bersedia klik. Mereka hanya meninggalkan link mengarah ke situs mereka.

Posting ini menguraikan 6 Tip Creative Writing dalam membuat Posting. Ada polemik tentang bagaimana melakukan creative writing, tapi 6 ide berikut semua penulis profesional menyetujuinya.

1. Use the Proper Word

Hindari kata bermakna berlebihan!

Copy Writer profesional tidak akan pakai kata-kata besar, kecuali mengetahui arti tepat dan mampu mengartikulasikan makna sebenarnya dalam kalimat. Ia harus memilih kata terbaik untuk ditempatkan. Kata mengesankan “intelektual” harus dihindarkan jika memang tidak diperlukan.

JANGAN memaksakan penggunaan kata agar terdengar lebih intelektual atau artikulatif.

Penulis pemula sering terjebak penggunaan kata-kata besar sehingga makna kata menjadi kabur dari arti sebenarnya atau tujuan kalimat. Kesalahan ini berangkat dari ilusi bahwa jika saya gunakan "kata besar" maka cerita saya otomatis akan menjadi sempurna.

Kesalahan penggunaan "kata-kata besar" dapat digambarkan seperti ini:

  • Pernahkah Anda melihat seorang anak mencoba menempatkan benda berbentuk persegi panjang ke dalam benda berbentuk lingkaran berlubang di tengahnya? Jika benda persegi panjang itu lebih kecil maka ia akan berhasil, –  FAKTANYA BENTUK EMPAT PERSEGI PANJANG TIDAK SAMA DENGAN LINGKARAN.

    SEHARUSNYA  :
    Tempatkan bentuk persegi panjang ke pola persegi panjang yang terbuka di tengahnya jangan ke pola lingkaran berlobang di tengahnya.

Demikian juga dalam menulis gunakan  “bentuk lingkaran kecil” sesuai “bentuk dan ukuran lubang pada benda lingkaran.” Maksudnya,  jangan gunakan kata yang mengesankan lebih intelektual. 
  • Kalimat sederhana tetapi merupakan hasil pemikiran Anda justru sangat disarankan.

2. Avoid Exaggerations

Bersikaplah Jujur!

Berlebihan dalam menulis sesuatu punya tempat tersendiri, misalnya, dalam karya fiksi atau novel, namun ada aturan praktis yang harus diikuti jika ingin menghasilkan content untuk website profesional, yaitu:
  • HINDARI TULISAN YANG BERLEBIH-LEBIHAN.
Kalimat sederhana namun telah dipikirkan dengan baik, pada umumnya, akan menjadi “senjata ampuh” daripada penjelasan terlalu bersemangat (mencoba menyoroti peristiwa tertentu) dalam sebuah cerita.

3. Be Concise

Jangan bertele-tele dan mengobral kata!

  • Bertele-tele adalah ketika kalimat (paragraf) menggunakan terlalu banyak kata untuk mengungkap SATU ide.

Penempatan kata benda, kata kerja dan kata sifat dalam sebuah kalimat pendek akan menekankan apa yang penting tanpa bulu.  Tulisan baik adalah jika penulisnya ingin membumbui pernyataan, metafora dan analogi maka dilakukan dengan memasukan sebagai kalimat (paragraf) tersendiri."

CATATAN
Untuk content web, Sebaiknya gunakan kata tepat dan “to-the-point” saja.

4. Avoid Ambiguous Terms

Hindarkan kata-kata membingungkan (multi tafsir)!

Kata-kata ini menyebabkan salah penafsiran. Kita sering menggunakan kata yang masuk akal (MENURUT kita), faktanya pembaca dibiarkan bingung. Kita tahu maksud kata/kalimat yang kita gunakan tetapi TIDAK demikian dengan pembaca.

5. Correctly Employ Metaphors

Metafora adalah teknik menulis yang mengajak pembaca lebih dalam ke narasi Anda. Ini kesempatan penulis mengekspresikan diri dan kreativitas. Jika pakai metafora, jangan dicampur dengan pernyataan literal. Pilih saja salah satu.
  • Agar tulisan tidak membingungkan, sebaiknya gaya tulisan metafora tidak digunakan untuk mengekspresikan ide.

6. Read More. Write More. Watch Less

Copywriter harus melatih talenta dan mendapatkan pengakuan. Semakin banyak membaca dan menulis, semakin baik sebagai Copywriter.

Michael Jordan tidak menjadi pemain basket terbaik hanya karena melihat orang lain bermain. Dia gigih berlatih untuk mendapatkan pengakuan sebagai pemain basket dunia.


Ketika membaca untuk meningkatkan kemampuan menulis, maka Anda juga mempelajari gaya penulisan, penggunaan metafora dan penempatan kata. Anda perlu Aktif mencari cara-cara berbeda untuk praktek menulis lebih baik dan bagaimana menciptakan tulisan jelas

copywriter in website download

Catatan Penting

Gunakan makna kata tepat, TERUTAMA saat menggunakan metafora. Jika Anda tidak yakin dengan makna kata tersebut, cari terus kata alternatif hingga menemukan kata tepat. Setelah punya pemahaman dengan sendirinya kemampuan menulis kalimat singkat menjadi lebih baik.

Kalimat terbaik adalah kalimat tidak obral kata. Setelah memahami tips ini, berlatihlah terus. Membaca lebih banyak dan mempelajari gaya penulis lain untuk meningkatkan gaya penulisan Anda.


Source http://www.bloggersentral.com/2012/12/six-tips-for-writing-with-clarity.html
Anda membaca artikel : Tip Creative Writing content website dan web blog
THANK YOU for your continued liking 'n sharing. If you haven't liked this post yet, you may do that by hitting the buttons just BELOW.
Please drop your comment and questions below ……
Comments

0 komentar:

Poskan Komentar di Website Design

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading