Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

20 Oktober 2013

SEO blog Blogger by sitemap.xml - website archives


Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah file khusus berformat .xml berisi list SEMUA URL webpage suatu website atau blog. Perlu membuat file sitemap khusus disiapkan untuk web robot berbagai search engine – seperti Googlebot, Bingbots dan robot lain. Berbeda dengan file web lain - yang hanya support fungsionalitas blog atau penyajian tampilan website – fungsi file sitemap memberi informasi ke search engine mengenai seluruh halaman web.

Boleh jadi search engine “lalai" mengindeks beberapa halaman web karena tidak ada link yang diikuti. Sitemap seperti daftar isi buku, meski tidak sepenuhnya demikian, karena :

  • Sitemap adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine dan tidak perlu dilihat atau dibaca oleh manusia.

File website sitemap.xml

File sitemap.xml jika dibuka akan menampilkan web page di layar. Dibuka seperti dibawah ini  :
  • http://website-download.blogspot.com/sitemap.xml

    Ganti letter “website-download” - dengan nama blog Anda (blogger blogspot).
Akan ditampilkan susunan tag sesuai format skema mengacu XMLNS sitemap.org.seperti ini :
tampilan isi file sitemap
Jika Selama ini hanya membuat sitemap berasal dari feeds, modifikasi sedemikian rupa agar ditampilkan seluruh list content webpage, agar dibaca oleh robot crawler - Googlebots. Modifikasi biasanya menambahkan query/parameter seperti alt (json) dan callback (loadtoc). Format sitemap hasil modifikasi tersebut lalu didaftarkan (submit) ke Google Webmaster Tools.

Tahun 2012 lalu Blogger menambah beberapa fitur baru untuk membantu user blogspot meningkatkan optimasi SEO Friendly. Seperti : custom robots.txt, custom meta description, custom page not tound (404 page), custom meta robots tag dan Blogger custom redirects. Kita bahas salah satunya, yaitu XML Sitemap.

Dengan XML Sitemap dari Blogger, bisa menambahkan 1 page baru yang bermanfaat bagi SEO.

Sitemap XML milik Blogger ini bukan "sitemap biasa" MENGAPA?

Setelah check format dan kapabilitasnya, ternyata skema berdasarkan skema (xmlns) disusun oleh sitemaps.org. Tipe skema ini sangat disarankan search engine utama (Google, Bing) karena mudah dirayapi (crawl), mengandung informasi lengkap (tanggal waktu update, prioritas pengindeksan, lokasi) dan tidak mengandung queri.

Sitemap XML blogger bersifat plain (tanpa styling CSS) karena dibuat hanya untuk "konsumsi" search engine. Ini bagus, karena memang tidak perlu ada styling agar dibaca langsung susunannya oleh search engine tanpa terhalang styling yang "mengganggu.

Saatnya memanfaatkan sitemap (sesungguhnya) dari fitur terbaru www.blogger.com untuk SEO Friendly. Bagi user plugin pembuat Sitemap XML otomatis seperti pada WordPress, harus matikan dulu fitur styling agar sitemap ditampilkan bersifat plain.

Penggunaan file sitemap.xml untuk SEO website

File sitemap.xml langsung disimpan di dalam root directory, sama seperti robots.txt. Untuk mengakses sitemap cukup gunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap : sitemap.xml. Contoh seperti ini :
  • http://website-download.blogspot.com/sitemap.xml

    Ganti kata ”website-download” - dengan nama blog blogger Anda.
Tambahkan saja URL tersebut (eg. http://website-download.blogspot.com/sitemap.xml) ke Google Webmaster Tool atau Bing Webmaster Tool.

Untuk Bing Webmaster Tools pergi ke menu : Configure My Site >> Sitemaps >> Kemudian pada kotak isian di bawah teks “Submit a Sitemap” masukkan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap : sitemap.xml lalu klik tombol SUBMIT seperti gambar ini :
submit blog format sitemap di Bing webmaster tools
Lakukan hal sama pada Google Webmaster Tools dengan prosedur tentu agak berbeda. Prinsipnya lakukan submit url blog ditambah nama dan format file sitemap : sitemap.xml pada kedua Webmaster Tools diatas.
Have a nice blogging!

TAMBAHAN

Untuk submit URL blog format sitemap.xml pada Google Webmaster saya ambilkan contoh ini :
submit blog format sitemap di Google webmaster tools
[source]



-


Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2013/02/search-engine-optimization-by-file.html?showComment=1426279151769#c8453224729731522355'> 14/03/15, 03.39 Reply

Mengapa kami baru menemukan di blog ini, sungguh sayang sekali karena selalu ada artikel yang menarik dan berkualis seperti ini? salam sukses

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading