Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

22 Juni 2013

Sitemap+RSS Feed : Let Google Crawl your website


Setting file sitemap dan RSS Feed digunakan dalam usaha SEO blog atau website.

Optimalkan Search Engine Result Pages (SERP) website 

P engelola website tentu berharap situsnya memiliki Pagerank Google yang tinggi. Setting file sitemap dan RSS Feed akan mendukung tujuan SEO website. Karena keberadaan keduanya, search engine akan memprioritaskan webpage yang ada dalam daftar file sitemap. Dengan submit file sitemap ke Google Webmaster Tools justru pemilik blog (blogger) menyodorkan semua laman webpage ke mesin pencari agar diindex, tidak lagi pasif menunggu.

Dengan file RSS Feed / file RSS Atom, halaman web terbaru (ter-UPDATED), bisa dengan cepat diketahui oleh mesin pencari, memastikan halaman tersebut terindeks oleh Google Search Engine.
sitemap for website design
Secara default  website (blog) belum dilengkapi file itemap / sitemap.xml atau file RSS Feed. Keduanya berguna memaksimalkan pemanfaatan Google Webmaster Tools yang memberi layanan assesment sehingga website dapat diharapkan dalam kondisi prima saat crawl (dirayapi) mesin pencari atau memenuhi standar Google bila Anda ingin ikut program Pay Per Click (PPC) seperti Google Adsense.

File Sitemap dan RSS Feed dibuat menggunakan struktur format XML. Kunci sukses memanfaatkan Google Webmaster Tools terletak pada penggunaan keduanya.

Apa itu file XML?

XML adalah jenis fle (extension .xml) yang memungkinkan sebuah file mengandung database secara mandiri, tanpa tergantung pengolah database lain. Karena kesederhanaan dan kemampuan ini, file XML banyak digunakan sebagai format standar untuk beragam kebutuhan pada Generasi WEB 2.0 saat ini. Diantaranya pembuatan file Sitemap dan file RSS Feed atau RSS Atom. Untuk membuat file XML ini Anda bisa menuliskannya dengan aplikasi sederhana seperti Notepad secara gratis.

Apa itu RSS Feed?
RSS feed untuk website reader


RSS Feed / RSS Atom adalah file berformat .xml berisi daftar webpage terbaru beserta ringkasan konten. Apa manfaat bagi website? Dengan melalui RSS Feed ini pengunjung atau website lain dapat submit (berlangganan) website Anda dan memantau konten terbaru. Melalui file RSS Feed ini pengelola dapat menyebarluaskan link-link terbaru halaman webpage ke berbagai layanan sindikasi seperti Google Reader, Technorati, FeedBurner, WorkedBlog dan layanan sejenis.

Apa itu Sitemap?
sitemap helping search engine task

Sitemap adalah file khusus berformat .xml, berisi daftar SELURUH URL halaman suatu website. Anda perlu membuat file sitemap khusus disiapkan untuk web robot pada berbagai mesin pencari – seperti Googlebot (robot Google Search Engine). Tentu saja file ini berbeda dengan file web lain yang hanya digunakan untuk mendukung fungsionalitas blog atau penyajian tampilan website.

Penggunaan file xml dan file sitemap dapat ditemukan di :

Bagaimana Googlebot merayapi website?

Saat web robot merayapi (crawl) website, web robot memeriksa dahulu apakah ada file sitemap.xml. Jika ditemukan, maka melalui file sitemap, web robot lebih memprioritaskan meng-indeks halaman-halaman web secara LEBIH CEPAT dan UTUH.



That's all we know - Happy blog blogger



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading