Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

04 Maret 2013

Google Bookmarks : Build website blog popularity


Membangun popularitas website Part 4 : Bookmarks


Banyak cara gratis dan efektif meningkatkan performa dan popularitas website. Diantara ratusan search engine, penyumbang pengunjung internet terbesar adalah Google. Berdasarkan riset di internet, Market share search engine, Google menguasai 85% diikuti 6% Yahoo, 3% MSN/Bing dan sisanya ke search engine lain.
(sumber http://marketshare.hitslink.com/)

promosi website via Google
Servis social media yang sangat diminati user ialah Social Bookmarking (e.g. Google Bookmarks) Layanan promosi online Google ada berbayar [e.g. Adwords] maupun gratis.

Layanan gratis promosi website online dari Google

  1. Google Profiles
    Dengan promosi online ini, website dan link-link website Anda dapat diakses publik dan ditemukan juga oleh search engine. Ulasan Google Profiles ada di Part  1.
  2. Google Buzz
    Service ini mempromosikan page unggulan website ke kolega, publik dan search engine yang terintegrasi ke Google Buzz. Ulasan Google Buzz ada di Part  2.
  3. Google Reader.
    User Gmail bisa memantau item update website yang disukai. RSS Feed koleksi Anda terus terpantau dan langsung tersaji jika ditemukan update. Selain ditampilkan di Google Reader RSS Feed juga disindikasi ke Google Buzz, Google Profile dan Google Bookmark. Keuntungan sindikasi memungkinkan Anda mempromosikan page-page terbaru web via RSS Feed. Ulasan Google Reader ada di Part 3.
  4. Google Bookmarks
    Users Gmail bisa mencatat, menyimpan dan berbagi link webpage yang disukai. Link yang tersimpan di layanan Google Bookmark bisa dishare ke semua user, dikomentari dan diberi penilaian oleh user lain. Bahkan bisa ditemukan via mesin Search Engine. Tentu ini berbeda dengan fitur Favorite or Bookmark pada Web Browser yang hanya bisa dinikmati computer owner.
Membangun Popularitas Website Via Google Bookmarks

Social Bookmarkings khususnya dari Google berguna bagi blogger diantaranya :
  • Mempercepat indeks page baru di Search Engine.
  • Media mendapatkan Backlink [external Link].
  • Memperoleh pengunjung dari layanan Social bookmarking.
Bagaimana mempromosikan blog via Google Bookmarks
  • Membuka http://www.google.com/bookmarks
  • Klik menu Tools > Add bookmark
  • Ketik judul webpage, URL, label atau tag dan deskripsi singkat pada box yang disediakan. Lalu klik Add bookmark di bawahnya.
  • Ulangi langkah diatas untuk mem-Bookmarks webpage unggulan lain.
  • Semua halaman web ditampilkan dalam daftar Bookmark.
Sayangnya, tidak seperti Social Bookmarkings lain, Google Bookmarks secara default menetapkan status -sharing Private [tidak untuk publik]. Anda harus mengubah status tersebut agar daftar Bookmark Anda dapat diakses oleh publik.

HOW?

Cara membuat list bookmark dan sharing ke publik
  1. Klik menu My Lists > Create new list pada kolom paling kiri.
  2. Di halaman Create new list, ketik nama list dengan deskripsi singkat.
  3. Pastikan Anda klik  link Make Public, lalu klik tombol Create List.
  4. Anda akan melihat tampilan daftar bookmark Anda masih kosong. "No stuff yet ..."
  5. Kembalilah ke halaman awal Google Bookmarks untuk memilih item-item bookmarks yang akan Anda masukkan ke dalam daftar untuk publik.
  6. Aktifkan checkbox item-item yang akan dimasukkan ke daftar list bookmark untuk publik. Jika terlalu banyak, Anda bisa mem-filter daftar list menggunakan link label pada kolom kiri. Lalu aktifkan checkbook item pilihan Anda.
  7. Klik dropdown menu Copy to list, lalu klik nama list.
Sekarang periksa kembali daftar list bookmarks. Klik My lists, lalu pilih nama list. Hasilnya item-item bookmark yang Anda pilih muncul dalam daftar list untuk publik.

Tips Tambahan :

Tip dibawah ini untuk mempermudah promosi Anda, disisi lain pengunjung juga lebih mudah untuk turut mempromosikan webpages Anda yang mereka sukai. Anda bisa menggunakan plugin atau menyisipkan script shortcut bookmark di halaman web Anda.

Contoh script populer yang digunakan antara lain AddThis http://www.addthis.com Jika memakai WordPress, script populer :  Sociable htttp://wordpress.org/extend/plugins/sociable/

Dengan script jenis ini, pada setiap halaman web atau posting blog blogger Anda akan dimunculkan icon shortcut untuk mem-bookmark dan sharing halaman terkait. OK. dengan tip tambahan ini tampaknya lebih ideal.



That's all we know

Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading