Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

08 November 2011

Mempersiapkan Domain Name dan Website Hosting


Jika website Anda akan dijadikan website (blog) profesional atau untuk tujuan bisnis online, publisher iklan atau tujuan komersial lain maka Anda harus beli Domain Name dan Website Hosting. Demikian juga jika ingin mengelola website dengan platform WordPress MU (Multi User).

Domain Name Anda diperlukan sebagai IDENTITAS UTAMA website di search engines. sedangkan Web Hosting Anda dibutuhkan untuk meng-install file sistem website dan juga untuk menempatkan file pendukung situs dan contents website Anda.

Tinjauan Sekilas

Website profesional ibarat  SUPERMARKET dan ada 3 hal yang harus dipersiapkan dengan serius :
  1. Domain Name
    Nama Domain adalah alamat Anda di internet, contoh yahoo.com atau sama seperti alamat Supermarket, misalnya Jalan Sudirman Kav. 45, Jakarta.

  2. Web Hosting
    Adalah tempat menyimpan file-file situs seperti  :  file sistem, file pendukung blog atau file contents (atau posting termasuk text, video, gambar, animasi, banner dan lainnya). Layanan Web-Hosting yang dibeli (hakekatnya Anda menyewa space yang dibayar per tahun) diibaratkan bangunan fisik yang disewa untuk Supermarket.

  3. Web Content
    Adalah isi semua halaman website, terdiri file sistem, posting dan file pendukung lain yang dirangkai menjadi tampilan webpage (halaman site) terstruktur. Web Content ibarat seperti semua isi Supermarket, dimana file sistem penyusun webpage diumpamakan seperti Layout (tata-ruang) beserta semua perabot, display, rak, tata cahaya dan lainnya. Dan semua posting teks, image, video dan lainnya diibaratkan sebagai item-item barang yang dijual.

Mengenal Domain Name website

Berawal dari IP Address

Pada awalnya, alamat situs di internet dikenali dari sederet angka yang disebut IP ADDRESS. Dalam perkembangannya untuk lebih mudah mengenali dan mengingatnya digunakan sebuah nama tekstual pada pengalamatan IP Address tersebut. Nama tekstual ini disebut Domain Name, seperti IP Addess 74.125.53.100 dikenali sebagai Google.com. Nama domain ini bersifat unik, tidak dapat didaftarkan oleh 2 orang yang berbeda. Dan Anda dapat mendaftarkan sebanyak mungkin Nama Domain selama belum didaftar oleh orang lain.

Nama Domain terdiri 2 bagian yang masing-masing dipisahkan simbol dot(.), yaitu Nama Website dan Akhiran. Nama website dapat berupa nama lengkap Anda, nama perusahaan, layanan, produk, organisasi, grup dan lainnya. Nama akhiran ada sekitar 160-an yang bisa dipilih. Akhiran sering digunakan  .com, .info, .net et cetera.

Ada Nama Domain FREE (.blogspot) dan berbayar. Domain Name berbayar disebut Top Level Domain

Berdasar identifikasi nama akhiran secara umum ada 2 jenis Nama Domain Utama :
  1. Generic TLD (gTLD)
    Biasanya menggunakan akhiran 3 huruf (e.g .com (commercial), .net (institution internet), .org (organization), .edu (education), .mil (militer), dan .gov (government), biz (business), etc.

  2. Code Country TLD (ccTLD)
    Merupakan Nama Domain Utama disediakan bagi negara-negara, seperti .jp (japan), .uk (united kingdom), dan .id (Indonesia). Untuk ccTLD .id nama domain dibagi-bagi lagi sesuai penggunaannya, misal .go.id (pemerintahan), .co.id (company) dan .or.id (organisasi).

Mengenal Website Hosting

Sebuah website membutuhkan tempat penyimpanan file-file posting, file sistem dan file pendukung lainnya. Tempat itu berupa media penyimpanan yang disediakan oleh Web Hosting, yaitu SERVER internet yang dilengkapi dengan program Web Server dan online 24 jam/hari secara terus-menerus. Singkatnya penempatan file-file website Anda di Hard-disk komputer Web Hosting ini bertujuan agar halaman-halaman website Anda dapat diakses siapapun, anytime dan anywhere.

Penyedia layanan Web-Hosting menyewakan space ke pemilik website diibaratkan seperti pemilik gedung menyewakan ruang-ruang kepada penyewanya. Para pemilik website bebas mendekorasi space dan menjalankan bisnis masing-masing. Masalah perawatan ‘gedung’ diserahkan kepada Management gedung (web-hosting). Masalah penggunaan space terserah pada para penyewanya.

Dalam memilih Web-Hosting ada 2 faktor utama yang mempengaruhi harga, yaitu Space (kapasitas simpan) dan Bandwidth (quota trafik data yang bisa dilakukan oleh website Anda nanti).

Untuk kebutuhan kapasitas simpan dan quota trafik data minimal bisa disewa dengan bayar puluhan ribu rupiah per tahun. Untuk trafik kunjungan biasa-biasa saja, bandwidth 1GB sudah cukup, namun untuk situs ramai pengunjung – dalam 1 bulan bisa membutuhkan bandwidth ukuran puluhan GB. Jika di pertengahan bulan quota bandwidth  Anda habis, maka website Anda tidak dapat diakses hingga akhir bulan. Quota bandwith di reset setiap awal bulan.

Selain pertimbangan Space dan Bandwith perlu mempertimbangkan fitur lain seperti : jumlah database, email, fitur manajemen hosting dan lainnya.

Untuk penggunaan platform WordPress MU (Multi User), perlu memastikan Website Hosting yang Anda gunakan didukung pemrograman PHP dan database MySQL.

Untuk pemula (uji-coba) bisa gunakan jasa web hosting FREE dari http://www.000webhost.com


That's all we know



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading