Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 September 2013

Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2


Pada Part 1 Anda menguji sejauh mana performa KEYWORD website atau blog di halaman hasil pencarian Search Engine (SERP). Dari tabel Query dapat dianalisa aspek-aspek website. Setidaknya ada 3 hal yang bisa dipantau dari performa website dengan Webmaster Tools, yaitu :
  1. Memantau Performa keyword website di SERP (Search Engine Result Page) Google.
  2. Memantau dan Menganalisis External Link
  3. Memantau dan Menganalisis internal link

Memantau Performa Keyword website

Berikut ini tinjauan ulang Bagian SATU. Karena pentingnya bagian ini maka untuk memperkuat pemahaman konseptual, sengaja saya ulang lagi aspek-aspek penilaian pada part SATU.

QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan Anda mendata keyword apa saja yang bisa diandalkan.

IMPRESSIONS
Klik link judul “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan Impressions (Jumlah penampilan di halaman hasil pencarian Google). Analisa Impressions memudahkan menemukan keyword apa saja yang paling sering muncul di SERP Google.

CLICKS
Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI. Analisa Clicks memudahkan Anda menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google.

CTR (Click Through Rate)
Klik link judul kolom “CTR” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan Anda menemukan prosentase efektifitas keyword website.

Important Note :
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword Anda. IDEALNYA jika nilai CTR 100%, itu artinya keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.

AVERAGE POSITION
Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website di SERP Google.

Memantau dan Menganalisis External Link - website files

Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP) Google.

Link dari website lain yang merujuk ke halaman-halaman website Anda sangat penting kontribusinya untuk memperbaiki posisi website dalam SERP semua search engine.

Seberapa jumlah eksternal link  akan sangat menentukan seberapa populer website Anda di mata Search Engine. Semakin banyak Link Eksternal yang berkualitas maka oleh Search engine halaman-halaman website akan dianggap semakin penting. Link berkualitas adalah link tersebut berasal dari website yang memiliki PageRank (PR) lebih tinggi.

Webmaster Tools menyediakan fitur untuk menganalisis Link Eksternal. Dari halaman Dashboard, Anda dapat mengaksesnya dari menu :

Your site on the web  >>   Links to your site
Links-to-your-website in website design

Apa manfaatnya?
Anda bisa tahu halaman unggulan situs yang belum banyak memperoleh Eksternal Links, sehingga dapat ditempatkan keyword-keyword populer di halaman tersebut.

Untuk memeriksa lokasi Eksternal Link halaman website, Anda klik saja ITEM ANGKA pada baris halaman web. Misalkan saja gambar diatas berasal dari website saya dan saya klik item angka 3.

ketika ingin check perolehan eksternal link webpage http://apptorial.com/ yang berasal dari halaman website atau blog lain yang merujuk ke halaman tersebut. Maka akan ditampilkan Daftar Link Halaman Web Perujuk ke webpage saya http://apptorial.com/

Jika penasaran dengan salah satu website perujuk, Anda hanya perlu klik link-nya, maka halaman spesifik website tersebut ditampilkan.

Anda bisa Download dengan klik link dibawahnya. Simpan sebagai file.csv untuk bahan analisis lanjutan.


CONTINUED TO     :  PART 3   -  Memantau dan Menganalisis internal Link
RETURN TO           :  PART 1  -   Memantau Performa Keyword Website




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading