Artikel ini bagian ketiga dari 3 seri tulisan Memantau dan Menganalisis Performa situs website atau blog dengan Google Webmaster Tools.
Resume keyword, internal link dan eksternal link website
Bagian terakhir ini mengupas analisa internal link dari inner pages. Bagian ini sebagai kelanjutan dari bagian sebelumnya.
Bagian 2 membicarakan eksternal links / Backlinks / Inbound Links / Incoming Links. Analisa eksternal link penting dan relevan dengan usaha meningkatkan trafik. Ini terkait dengan seberapa populer website di mata Google.
Semakin banyak link dari situs-situs lain ke halaman web (baik homepage maupun inner page) suatu website, maka akan semakin dianggap penting oleh search engine Google. Atau semakin populer diukur dari tingginya pagerank.
Kemudian pada Bagian Pertama membicarakan Performa keyword website di halaman hasil pencarian search engine (Search Engine Results pages / SERPs) untuk menjawab pertanyaan :
- Berapa banyak orang yang menemukan website Anda di search engine Google?
- Melalui keyword apa saja seseorang dapat menemukan dan berkunjung ke website Anda?
Pertanyaan terpenting selanjutnya adalah :
- Pada posisi berapakah link-link halaman website Anda tampil di SERP Google?
Mengapa search engine google dianggap penting bagi website?
Seseorang mengunjungi search engine karena mencari informasi dan memasukkan keyword-keyword relevan dengan informasi yang diinginkan. Pengunjung seperti ini dinilai sebagai visitor berkualitas tinggi karena berpeluang lebih besar meng-klik atau melakukan tindakan yang diinginkan (seperti melakukan pembelian, download PDF, video, MP3 atau transaksi lain).
Search engine Google paling dominan dibanding search engine manapun. Statistik SERP menunjukkan lebih 60% kapitalisasi pasar SERP dikuasai Google. Disarankan website memenuhi standar-standar Google Webmaster Tools.
Memantau dan Menganalisis Internal Link website
Internal Links adalah link-link antar halaman dalam website. Data internal links ini untuk mengukur :
- Seberapa penting sebuah halaman web dalam website Anda?
Data ini juga digunakan Google untuk memperoleh gambaran struktur website.
Fitur pemeriksaan Internal Links bisa diakses pada menu :
- Your site on the web >> Internal Links
Manfaat analisis Internal Links bagi blogger dan pemilik website?
Analisis ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk melihat :
1. Apakah penyebaran internal links website Anda sudah terstruktur dengan baik?
Sitelink Google
Idealnya halaman-halaman Menu Utama ditempatkan internal links paling banyak, kemudian diikuti halaman-halaman sub-Menu, dan halaman-halaman content artikel.
Salah satu faktor pertimbangan Google memberi bonus SITELINKS (otomatis juga ditempatkan pada urutan pertama di halaman pertama) SERP Google adalah Penyebaran internal Links telah terstruktur dengan baik.
2. Penggunaan lain : Untuk hindari Broken Link saat menghapus / mengubah web page
Jika Anda bermaksud mengganti (hapus) halaman website tertentu, sebaiknya periksa dahulu data Internal Links yang ada sebagai bahan pertimbangan. Data ini membantu Anda menelusuri halaman-halaman lain yang merujuk ke halaman yang akan dihapus atau diubah.
Broken Links sangat tidak disukai Google dan tamu website pun tidak merasa nyaman.
ARTIKEL TERKAIT
PART 1 - Memantau Performa Keyword Website di SERP Google
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2