- Memantau Performa Keyword website di Search Engine Result Pages Google (SERP) atau Halaman Hasil Pencarian Search Engine Google.
- Menganalisis External Link
- Menganalisis Internal Link.
Performa Keyword Website di SERP Google
Sebagai blogger atau webmaster (admin website), jawablah pertanyaan ini :- Seberapa banyak orang menemukan situs Anda via search engine Google?
- Mengapa harus Search Engine Google yang menjadi standar penilaian performa website?
- Melalui keyword pencarian apa saja orang menemukan situs Anda di Google?
- Pada posisi berapakah link-link situs tampil di halaman hasil pencarian Google?
Webmaster Tools - Improve your website's visibility in SERPs. It's free.
LOGIN dengan alamat Gmail, kemudian ke fitur :- Your site on the web >> Search Queries
Untuk melihat performa website di Google, gunakan grafik performa pencarian. Sekilas Anda akan memperoleh gambaran pertumbuhan website dalam berbagai jenis pencarian Google dalam sebulan via grafik “Search Queries”
Queries : Keyword yang lazim dipakai mencari informasi di Search Engine Google.
Impressions : Seberapa sering link-link situs disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google.
- Seberapa banyak keyword yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di Google dan akhirnya masuk ke website Anda?
- Seberapa sering link-link halaman website Anda disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google melalui Queries tersebut?
- Berapa banyak orang klik dari hasil pencarian tersebut? (disebut dengan istilah CLICKS).
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website semakin bagus.
Untuk Analisa mendalam, gunakan fitur ini : (Klik Drop-down ALL, lalu pilih pembatasnya).
- Pembatasan Jenis Pencarian
- Pembatasan Lokasi Pencarian
- Pengaturan rentang Waktu.
Pemantauan keyword website dan performanya dapat diamati dari tabel di bagian bawah. Tabel Query yang ditampilkan otomatis mengikuti pengaturan grafik yang Anda lakukan.. Dengan tabel tersebut dapat dijadikan alat analisis :
- QUERY
- IMPRESSIONS
- CLICKS
- CTR (Click Through Rate)
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword. IDEALNYA jika nilai CTR 100% berarti keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
- AVG. POSITION
Tabel Query bisa di-DOWNLOAD untuk dianalisis dengan klik “Download this Table” lalu simpan dengan extension file .csv. Untuk membukanya gunakan aplikasi pengolah angka (EXEL).
Anda bisa check setiap Query untuk melihat fluktuasi posisi Query di SERP Google. Atau meninjau halaman website yang terkait dengan keyword bersangkutan. Silahkan klik item Query yang ingin diperiksa untuk meninjau halaman yang dirujuk oleh keyword tersebut.
BERSAMBUNG PART 2 - Memantau dan Menganalisis External Link
ARTIKEL TERKAIT :
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2
Analisa internal link blog dengan Webmaster Tools – 3