Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 September 2013

Memantau performa website blog blogger – Bagian 1


Kita tahu kriteria Google teramat ketat untuk website dan blog yang akan gabung ke Google Adsense. Tapi kita masih beruntung, Google menyediakan Webmaster Tools membantu kesuksesan website blog agar lolos GA atau untuk sekedar memantau performa website.

Dengan Webmaster Tools kita bisa melihat sejauh mana pemenuhan performa website terhadap standar Google, meskipun website tidak secara khusus disiapkan untuk Google Adsense, Anda layak mencoba memanfaatkan Webmaster Tools, meski untuk tujuan lain, misalnya bergabung ke PPC pesaing Google Adsense atau program monetize website lain.

Tiga hal bisa dipantau :
  1. Memantau Performa Keyword website di Search Engine Result Pages Google (SERP) atau Halaman Hasil Pencarian Search Engine Google.
  2. Menganalisis External Link
  3. Menganalisis Internal Link.

Performa Keyword Website di SERP Google

Sebagai blogger atau webmaster (admin website), jawablah pertanyaan ini :
  • Seberapa banyak orang menemukan situs Anda via search engine Google?
  • Mengapa harus Search Engine Google yang menjadi standar penilaian performa website?
  • Melalui keyword pencarian apa saja orang menemukan situs Anda di Google?
Dan yang lebih penting!
  • Pada posisi berapakah link-link situs tampil di halaman hasil pencarian Google?
Untuk menjawab, buka WEBMASTER TOOLS untuk melihat list website Anda. Klik salah satu untuk dianalisis. Jika belum pernah pakai layanan ini, lakukan registrasi dengan Gmail Anda di :

Webmaster Tools - Improve your website's visibility in SERPs. It's free.

LOGIN dengan alamat Gmail, kemudian ke fitur :

  • Your site on the web >> Search Queries

Untuk melihat performa website di Google, gunakan grafik performa pencarian.  Sekilas Anda akan memperoleh gambaran pertumbuhan website dalam berbagai jenis pencarian Google dalam sebulan  via  grafik  “Search Queries”

Queries          :   Keyword yang lazim dipakai mencari informasi di Search Engine Google.

Impressions  :   Seberapa sering link-link situs disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google.
Dengan grafik diatas Anda mengetahui :
  • Seberapa banyak keyword yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di Google dan akhirnya masuk ke website Anda?
  • Seberapa sering link-link halaman website Anda disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google melalui Queries tersebut?
  • Berapa banyak orang klik dari hasil pencarian tersebut? (disebut dengan istilah CLICKS).
Ringkasan dapat dilihat pada kotak di bawah grafik Search Queries. Arahkan POINTER ke item tanggal tertentu untuk melihat data CLICK dan IMPRESSIONS.

Kriteria :
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website semakin bagus.

Untuk Analisa mendalam, gunakan fitur ini :  (Klik Drop-down ALL, lalu pilih pembatasnya).
  1. Pembatasan Jenis Pencarian
  2. Pembatasan Lokasi Pencarian
  3. Pengaturan rentang Waktu.
Anda dapat mengkombinasikan 3 batasan diatas sesuai kebutuhan.

Misal, ingin tahu Performa Website dengan batasan : Untuk jenis pencarian GAMBAR, Lokasi countries = INDONESIA dan rentang waktu = 1 MINGGU TERAKHIR.

Pemantauan keyword website dan performanya dapat diamati dari tabel di bagian bawah. Tabel Query yang ditampilkan otomatis mengikuti pengaturan grafik yang Anda lakukan.. Dengan tabel tersebut dapat dijadikan alat analisis :
  • QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query tersaji berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan menentukan keyword apa saja yang bisa diandalkan.
  • IMPRESSIONS
Klik link judul “IMPRESSIONS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasar Impressions (jumlah penampilannya di halaman hasil pencarian search engine). Analisa Impressions memudahkan menemukan keyword paling sering muncul di SERP Google.
  • CLICKS
Klik link judul kolom “CLICKS” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan JUMLAH KLIK PENCARI.  Analisa Clicks memudahkan menemukan keyword apa saja yang paling sering memicu datangnya pengunjung dari referensi SERP Google.
  • CTR (Click Through Rate)
Klik link “CTR” untuk menampilkan data query tersaji berurutan berdasarkan RASIO PERBANDINGAN antara JUMLAH KLIK dengan JUMLAH IMPRESSIONS. Analisa CTR memudahkan menemukan % efektifitas keyword website.

Important Note:
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword. IDEALNYA jika nilai CTR 100% berarti keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
  • AVG. POSITION
Klik link judul kolom “AVG. POSITION” untuk menampilkan data query yang tersaji berurutan berdasarkan POSISI LINK website di SERP Google. Analisa Avg. Position mempercepat mengetahui keyword apa saja yang menempati POSISI TERBAIK di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Tabel Query bisa di-DOWNLOAD untuk dianalisis dengan klik “Download this Table” lalu simpan dengan extension file .csv. Untuk membukanya gunakan aplikasi pengolah angka (EXEL).

optimize_website_design_code

Anda bisa check setiap Query untuk melihat fluktuasi posisi Query di SERP Google.  Atau meninjau halaman website yang terkait dengan keyword bersangkutan.  Silahkan klik item Query yang ingin diperiksa untuk meninjau halaman yang dirujuk oleh keyword tersebut.

BERSAMBUNG  PART 2 - Memantau dan Menganalisis External Link


ARTIKEL TERKAIT :
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2
Analisa internal link blog dengan Webmaster Tools – 3




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading