Kita tahu kriteria Google teramat ketat untuk website dan blog yang akan gabung ke Google Adsense. Tapi kita masih beruntung, Google menyediakan Webmaster Tools membantu kesuksesan website blog agar lolos GA atau untuk sekedar memantau performa website.
Dengan Webmaster Tools kita bisa melihat sejauh mana pemenuhan performa website terhadap standar Google, meskipun website tidak secara khusus disiapkan untuk Google Adsense, Anda layak mencoba memanfaatkan Webmaster Tools, meski untuk tujuan lain, misalnya bergabung ke PPC pesaing Google Adsense atau program monetize website lain.
Tiga hal bisa dipantau :
- Memantau Performa Keyword website di Search Engine Result Pages Google (SERP) atau Halaman Hasil Pencarian Search Engine Google.
- Menganalisis External Link
- Menganalisis Internal Link.
Performa Keyword Website di SERP Google
Sebagai blogger atau webmaster (admin website), jawablah pertanyaan ini :- Seberapa banyak orang menemukan situs Anda via search engine Google?
- Mengapa harus Search Engine Google yang menjadi standar penilaian performa website?
- Melalui keyword pencarian apa saja orang menemukan situs Anda di Google?
- Pada posisi berapakah link-link situs tampil di halaman hasil pencarian Google?
Webmaster Tools - Improve your website's visibility in SERPs. It's free.
LOGIN dengan alamat Gmail, kemudian ke fitur :- Your site on the web >> Search Queries
Untuk melihat performa website di Google, gunakan grafik performa pencarian. Sekilas Anda akan memperoleh gambaran pertumbuhan website dalam berbagai jenis pencarian Google dalam sebulan via grafik “Search Queries”
Queries : Keyword yang lazim dipakai mencari informasi di Search Engine Google.
Impressions : Seberapa sering link-link situs disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google.
- Seberapa banyak keyword yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di Google dan akhirnya masuk ke website Anda?
- Seberapa sering link-link halaman website Anda disertakan di Halaman Hasil Pencarian Google melalui Queries tersebut?
- Berapa banyak orang klik dari hasil pencarian tersebut? (disebut dengan istilah CLICKS).
Kriteria :
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website semakin bagus.
Semakin tinggi nilai data CLICK dan IMPRESSIONS maka performa website semakin bagus.
Untuk Analisa mendalam, gunakan fitur ini : (Klik Drop-down ALL, lalu pilih pembatasnya).
- Pembatasan Jenis Pencarian
- Pembatasan Lokasi Pencarian
- Pengaturan rentang Waktu.
Misal, ingin tahu Performa Website dengan batasan : Untuk jenis pencarian GAMBAR, Lokasi countries = INDONESIA dan rentang waktu = 1 MINGGU TERAKHIR.
Pemantauan keyword website dan performanya dapat diamati dari tabel di bagian bawah. Tabel Query yang ditampilkan otomatis mengikuti pengaturan grafik yang Anda lakukan.. Dengan tabel tersebut dapat dijadikan alat analisis :
- QUERY
Klik link judul kolom “QUERY” untuk menampilkan data query tersaji berdasarkan alfabeta. Analisa Query memudahkan menentukan keyword apa saja yang bisa diandalkan.
- IMPRESSIONS
- CLICKS
- CTR (Click Through Rate)
Important Note:
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword. IDEALNYA jika nilai CTR 100% berarti keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
Semakin tinggi nilai % CTR berarti semakin efektif penggunaan keyword. IDEALNYA jika nilai CTR 100% berarti keyword andalan Anda SELALU berhasil memicu kunjungan ke website.
- AVG. POSITION
Tabel Query bisa di-DOWNLOAD untuk dianalisis dengan klik “Download this Table” lalu simpan dengan extension file .csv. Untuk membukanya gunakan aplikasi pengolah angka (EXEL).
Anda bisa check setiap Query untuk melihat fluktuasi posisi Query di SERP Google. Atau meninjau halaman website yang terkait dengan keyword bersangkutan. Silahkan klik item Query yang ingin diperiksa untuk meninjau halaman yang dirujuk oleh keyword tersebut.
BERSAMBUNG PART 2 - Memantau dan Menganalisis External Link
ARTIKEL TERKAIT :
Analisa External Link blog dengan Webmaster Tools - 2
Analisa internal link blog dengan Webmaster Tools – 3