Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

19 Juni 2012

Atur setting header Blog Bloger


Tampilan header Blog (website) sangat penting dalam membangun web page "eye-catching" dapat menciptakan kesan kuat sebagai halaman situs. Tampilan standar website kadang belum memuaskan hati pemiliknya, selalu ada yang kurang dan dorongan memodifikasi tampilan halaman web. Jika ingin mengubah header default template, disyaratkan setidaknya memahami struktur isi file HTML template, dasar-dasar source code HTML dan CSS

Untuk level advanced, Anda harus paham dasar-dasar Javascript (script), Flash, iframes, Microformats, PHP et cetera.
website design services
Kunci mengubah tampilan blog adalah struktur template. Dan bagian halaman website paling sering diubah adalah HEADER. Perubahannya meliputi size header, background image, meta tag, sidebar dan halaman posting. Post kali ini tentang perubahan setting header platform Bloggger.

Terlebih dahulu perlu Anda harus tahu dan memahami istilah-istilah ini :

• Header-wrapper, (halaman title dan deskripsi blog)
• outer-wrapper, ( halaman body secara keseluruhan)
• main-wrapper, (halaman posting)
• sidebar-wrapper, ( halaman tempat widget)
• footer-wrapper, (halaman catatan kaki)

Dengan istilah-istilah diatas, kita bisa mencari masing-masing bagian tersebut di dokumen HTML blog, dan memahaminya. Anda bisa langsung merubah size, background webpage, menambahkan flash, banner, modifikasi size, color dan lainnya. Cara mencari bagian-bagian tersebut diatas, dengan menekan tombol CTRL – F secara serentak dan ketik # diikuti nama bagian yang akan dituju pada box tersedia.

Contoh jika ingin mencari dan mengubah ukuran header maka kode pencariannya menggunakan #header-wrapper. Untuk mencari bagian lain gunakan cara yang sama. Buka www.blogger.com dan login alamat Gmail. Berikut ini contoh cara untuk mengetahui dan merubah size header :
  1. Masuk ke halaman Dasbor blog Blogger Anda dan klik << Rancangan >>.
  2. Klik Edit HTML.
  3. Cari kode: #header-wrapper   (gunakan CTRL-F)
  4. Perhatikan beberapa baris kode di bawahnya. Sebagai contoh beserta keterangannya akan tampak seperti di bawah ini :
#header-wrapper { (artinya halaman header)
width:900px; (artinya lebarnya 900 pixels)
height:120px; (artinya tingginya 120 pixels)

Sekarang kita tahu itulah ukuran header, yaitu lebar 900px dan tinggi 120px.
  • CATATAN :
    Secara default size header biasanya hanya lebar (width) saja. Ukuran tinggi (height) biasanya ditambahkan kemudian jika kita ingin memasang gambar header.
Untuk merubah lebar dan tinggi, Anda hanya perlu mengganti angka-angkanya sesuai dengan keinginan. Langkah ini juga berlaku untuk mencari dan mengubah bagian sidebar dan halaman posting.

Bagaimanapun juga Anda harus menerapkan LEARNING BY DOING dan LEARNING BY ERROR. Keahlian Anda sebagai webmaster atau blogger akan bertambah karena pengalaman memecahkan masalah yang dihadapi. Keahlian Anda diakui sesuai dengan banyaknya jam terbang.


Website design


Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading