Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

30 November 2013

Penerapan SEO pada website dan blog


Posisi    website (blog) di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine dengan keyword tertentu berpeluang lebih besar dikunjungi user internet. Logikanya mereka cenderung mengakses URL yang ada di halaman pertama karena, dianggap lebih relevan dengan keyword yang digunakan untuk mencari informasi. Berdasarkan logika diatas, usahakan menempatkan blog di urutan paling atas halaman pertama hasil pencarian mesin pencari dengan keyword tertentu. SEO menjadi alat mencapai tujuan tersebut. Itulah tujuan utama praktek SEO.

Elemen pendukung SEO website

Proses Search Engine Optimalization
Elemen website untuk SEO

Selalu memikirkan SEO menjadikan seorang webmaster berada di jalan yang benar. Dia juga harus menjaga keseimbangan elemen-elemen SEO.

SEO minded is true path for webmaster

Kenali 8 elemen dasar website pendukung SEO

  1. Nama Domain
    Bagaimana cara kerja search engine?
    Saat dimasukkan keyword tertentu, search engine akan mencari kesesuaian keyword tersebut dengan nama domain website. Ini alasan sangat penting mengapa harus serius memikirkannya. Usahakan nama domain ada korelasi dengan rencana content website.
  2. Judul website
    Contoh judul blog ini : "Website Design" Seriuslah memikirkan judul blog dan harus ada korelasi dengan keywords, deskripsi dan thema website atau blog..
  3. Keyword meta-tag
  4. Description meta-tag
  5. Keterkaitan konten
    Buatlah korelasi keyword dengan konten artikel atau sisipkan keyword di tiap artikel. Keyword bisa ditaruh pada isi teks, judul, header level 1– 6, alt,  title dan URL gambar. Dengan korelasi yang baik, website akan menjadi Search Engine Friendly – sehingga mampu membawa blog berada di posisi terhormat. Usahakan SELALU KONSISTEN dengan apa yang ditulis di artikel  –  dengan tetap menjaga seluruh korelasi keyword andalan, judul posting, isi artikel dan deskripsi website. Semakin banyak mengulang-ulang keyword andalan ke dalam seluruh elemen artikel (teks, judul dan alt gambar, link dan lainnya). Maka blog kita semakin berani tampil di posisi teratas di halaman pertama hasil pencarian search engine.
  6. File Sitemap
    Dengan submit file sitemap di Google webmaster Tools berarti Anda sodorkan konten-konten yang akan dijelajahi dan diindeks oleh search engine  dan dimunculkan di page hasil pencarian search engine.
  7. Natural listing (Mendaftarkan website ke search engine utama)
  8. Backlink
    Usahakan mendapatkan backlink dari website lain untuk meningkatkan PageRank.

Keyword Meta-tag dan Description Meta-tag

Definisi sederhana metadata adalah data mengenai data. Maksudnya: metadata mengandung informasi mengenai isi suatu data yang nantinya dipakai untuk keperluan manajemen file dalam suatu basis data.

Metadata mencakup SEMUA INFORMASI mengenai suatu data. Data bisa berupa website. Untuk memasukkan metadata ke website dilakukan dengan menggunakan meta tag. Meta tag adalah penjelasan singkat atas suatu website dan ditempatkan sebagai TAG (informasi) pada kode HTML website tersebut tetapi tidak dimunculkan di webpage.

Hampir semua search engine menggunakan meta tag, seperti Google, Yahoo dan MSN untuk meng-indeks berdasarkan keyword dan deskripsi website. meta KEYWORDS dan meta DESCRIPTION ini yang digunakan untuk mendukung strategi SEO – yang diatur untuk memudahkan search engine menemukan suatu website – dan HARUS ada dalam kode HTML blog, agar blog segera ditemukan oleh search engine. Keyword dan deskripsi yang tepat akan membawa website tersebut ke urutan teratas di halaman pertama hasil pencarian.

Ada 4 atribut valid pada meta-tag: content, http–equiv, name dan scheme. Tapi atribut yang sering digunakan content dan name saja seperti dibawah ini :

<head>
<meta content='kw1,kw2,...' name='keywords'/>
<meta content='deskripsi yang sesuai dengan isi blog' name='description'/>

Pedoman penulisan perintah meta tag

*   Letakkan kode meta keyword dan meta description diantara <head> ... </head>
*   Keyword-keyword andalan ditulis dalam content dan masing-masing dipisahkan ","
*   Deskripsi website yang sesuai dengan isi website ditulis dalam content.



That's all we know - Happy blog blogger - semoga bermanfaat



Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading