Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

16 Mei 2014

Common Gateway Interface Folder cgi-bin - website files


Perlakuan CGI-BIN robots.txt untuk SEO website

Informasi Common Gateway Interface langka. Bahkan sebagian besar blogger atau webmaster (admin website) sama sekali tidak tertarik mengetahuinya. Jika kita ingin edit robots.txt untuk tujuan SEO, maka salah satu folder yang pantas diberi status disallow ialah folder cgi-bin. Jika Anda punya pengetahuan HTML level advanced, dan program FTP seperti WS FTP untuk transfer file website, maka boleh jadi Anda gunakan script CGI pada webpage untuk sekitar 15 menit, atau memanfaatkan CGI capabilities yang ditawarkan oleh ISP (Internet Server Provider) atau Host Provider untuk menggunakan CGI scripts.

CGI adalah metode standar yang digunakan oleh software web server software untuk mendelegasikan turunan web content ke file executable. File-file yang dikenal sebagai CGI scripts atau simply CGIs; biasanya ditulis dalam sebuah scripting language.
  1. Bagaimana cara kerja search engine (e.g Google Altavista, Lycos, Yahoo! Search, Bing, Baidu, Webcrawler et cetera)?
  2. Bagaimana cara kerja web server bisa mengolah informasi yang kita kirim lewat browser?
  3. Bagaimana web counter bisa menghitung jumlah tamu website?
  4. Bagaimana caranya sehingga kita bisa akses database lewat browser seperti yang ditampilkan oleh banyak website di Internet?
Semua jawaban dari pertanyaan diatas akan mengarah pada Common Gateway Interface (CGI) dan semua pekerjaan diatas dapat terlaksana berkat adanya CGI.

What Is CGI ?

Ada sejumlah metode berbeda yang digunakan oleh software web server atau ISP atau web hosting. Para Web Developer pfofesional dapat menggunakan script cgi untuk meningkatkan content halaman webpage dibanding menggunakan HTML sederhana. Metode ini melibatkan penulisan program kecil atau rutinitas menggunakan salah satu bahasa scripting.

Ada dua perbedaan mendasar dengan metode ini :
  1. Where is the script code located ?
  2. Where is the script code executed ?
Tabel berisi ringkasan point diatas untuk berbagai metode yang digunakan software web-server

common gateaway interface
Seperti yang terlihat, script code cgl ditempatkan ditempatkan di direktori CGI-BIN pada server. Demikian juga script code tersebut juga dieksekusi pada server tersebut dan file HTML yang diperlukan memiliki ekstensi .shtm atau .shtml.

Meskipun code script untuk PHP, ColdFusion, dan ASP tertanam dalam kode HTML, code tersebut tidak terlihat di browser (menggunakan View / Source). Sebelum mengirimkan halaman tersebut ke browser, server akan menghapus code script, mengeksekusi, dan menempatkan di tempat hasil eksekusi kode tersebut. Misalnya, perintah script untuk mengembalikan tanggal saat ini akan dihapus dan teks dari tanggal saat ini akan diletakkan di tempatnya dan dalam HTML yang dikirim ke browser. Dengan demikian, lokasi code script tertanam dalam HTML merupakan posisi hasil eksekusi pada halaman Web.

Proses ini juga mirip untuk script CGI. CGI digunakan dengan menempatkan sebuah tag HTML yang sesuai (disebut tag direktif SSI) dalam kode HTML Anda. (Penulis script yang ingin Anda gunakan seharusnya menyediakan tag HTML yang sesuai untuk menjalankan script tersebut).

Ketika halaman web ini diminta oleh browser, maka server membaca tag tersebut (dan menghapusnya), mengeksekusi file script yang ditempatkan di server, dan menempatkannya di tempat tag hasil eksekusi file script.

Sebuah contoh umum adalah script hit counter. Script eksekusi kenaikan “the counter” dan teks hasil perhitungan ditempatkan ke dalam HTML dan dikirim ke browser. Sehingga hasil perhitungan pengunjung muncul pada halaman di tempat yang sama di mana tag direktif (yang menginstruksikan) SSI berada.

------------------------------------------
Source : How to use cgi-bin?

That's all we know




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading