Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

21 Juni 2012

Pedoman dan kode etik mengelola website store


Bisnis Online sangat menjanjikan seiring peningkatan pesat pengguna internet. Pangsa pasar toko online pun prospektif. Saat ini banyak pelaku usaha menggunakan fasilitas internet untuk menjalankan usaha.  Mereka membangun sistem penjualan online untuk melayani segmen pasar baru – para user internet.

Berjualan produk atau jasa secara online bisa dilakukan melalui toko online. Toko barang tradisional (offline) dapat melakukan penjualan online untuk menjangkau pasar lebih luas. Pelaku bisnis ini mulai dari usaha mikro hingga pemasaran produk oleh perusahaan besar. Untuk usaha kecil biasanya dengan menggunakan website toko online, blog maupun social media (e.g. Facebook).

homepage prestashop

Alasan memilih penjualan online, karena :
  • Menjangkau pasar jauh lebih luas daripada pasar toko biasa (offline)
  • Tak perlu modal besar (tidak perlu biaya tempat peralatan sebagaimana toko biasa)
Meskipun terlihat mudah, untuk menjalankan bisnis online juga diperlukan ketekunan, keseriusan dan fokus yang sama besar dengan menjalankan usaha toko biasa.

Sukses membuka toko online :
  1. Pilih hosting dan domain gratis (e.g. BloggerStore) atau pilih hosting berbayar.
  2. Sama seperti toko biasa yang memerlukan display menarik, rapi, dan memberi kenyamanan, buatlah website dengan desain menarik, mudah navigasi dan kemudahan berbelanja. 
  3. Meski tidak melayani tatap muka langsung, namun layanan yang diberikan toko online tetap bertujuan memberi kepuasan konsumen. Misalnya dengan fasilitas chating online ataupun call center.
  4. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, sebaiknya cantumkan email, nomor telpon dan alamat lengkap agar memudahkan menggali informasi yang dibutuhkan.
  5. Untuk menambah kepercayaan konsumen baru, buat kotak testimoni yang menampung pertanyaan konsumen dan komentar buyer yang telah menerima produk pesanan. Hal ini dapat dijadikan bukti, bahwa toko online Anda benar-benar mengirimkan barang yang telah dipesan.
  6. Untuk fasilitas pembayaran, cantumkan nomor rekening bank berjaringan luas. Konsumen lebih senang jika membayar via bank yang sama dengan bank mereka
  7. Proses pengiriman. Buat kemasan menarik dan aman sehingga barang tidak mudah rusak dalam pengiriman. Pilih jasa kurir handal, sehingga konsumen tidak lama menunggu atau beri kepastian berapa lama pesanan tiba ke alamat tujuan
  8. Lakukan promosi, gunakan SEO untuk meningkatkan trafik kunjungan, pasang iklan baris atau iklan banner pada situs yang punya banyak pengunjung, baik pilih yang gratis maupun berbayar.
  9. Selalu ramah, sabar dan konsisten dalam memberikan informasi ke konsumen. Kepuasan pelanggan adalah jalan Anda menuju sukses, untuk itu jangan pernah kecewakan konsumen.


That's all we know - Happy blog blogger - semoga bermanfaat


Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading