Author by Yosef Doublehorn
Author by : Doublehorn
DAFTAR ISI
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

27 Agustus 2013

phpMyAdmin : operasi database control panel website


S emakin dalam terlibat website development, semakin tahu bahwa ada banyak isu dalam membangun website yang tidak Anda tahu. Setidaknya selalu ditemukan isu baru dan masalah tidak ada habisnya. Untuk pemula boleh jadi ia hanya berkutat dengan file-file (jenis php, .swf, .css, .tpl, jQuery et cetera) yang membangun struktur website, melibatkan HTML, CSS, Javascript dan aspek website engineering lain untuk menghasilkan tampilan akhir web page.

Tetapi Untuk terlibat lebih jauh di dunia website design, Anda harus menangani database website. Diperlukan pemahaman dalam penggunaan phpMyAdmin, MySQL dan apa saja yang ditawarkan oleh Control panel.

Misalnya Anda hosting sendiri (berbayar), maka task ekspor impor tabel atau database di hosting adalah pekerjaan paling sering dilakukan. Bagaimanakah mengelola file database di hosting? Berikut ini operasi dasar yang biasa dilakukan pada menu phpMyAdmin cPanel web hosting.

Operasi Database - website files

Basis kerja operasional Database control Panel adalah nama-nama database yang tampak pada kolom sebelah kiri paling atas laman utama phpMyAdmin. Anda bisa menambahkan operasi atau penghapusan database di halaman ini. Berikut ini operasi dasar database yang sering dilakukan.

Export dan Import Tabel Database antar Website
Anda memiliki beberapa website dan Anda ingin copy tabel-tabel yang relevan suatu database ke database lain pada website berbeda yang Anda miliki, maka silahkan buka tutorial : Export Import Tabel Database.

Menambahkan Database Baru
Sintaksnya :
  • CREATE DATABASE <nama_database>;
Menambahkan Tabel Baru
Sintaksnya :
  • CREATE TABLE <nama_tabel (field dan typenya)>;
Misalnya, Anda ingin menambah tabel baru dengan nama [alamat] yang berisi field berikut ini :
  • [nim], [alamat], [no]_[telp] dan [no_hp]
Sintaksnya :
  • CREATE TABLE alamat (nim INT (8) primary key NOT NULL, alamat
  • VARCHAR (75) NOT NULL, no_telp VARCHAR (10), no_hp
  • VARCHAR (14));
CATATAN
Perhatikan bahwa type data untuk no_telp dan no_hp menggunakan varchar bukan integer. Hal ini dilakukan agar nilai 0 pada awal data misalnya pada input data : 08164669720) tidak dibuang karena type data integer akan membuangnya.  Hasilnya seperti di bawah ini :

Hasil pembuatan Tabel phpMyAdmin control Panel

Menambah Field Baru pada Tabel Database website
Sintaksnya :
  • ALTER TABLE <nama_tabel> ADD <field_baru dan diikuti dengan typenya>
Anda mau menambah field baru [jurusan] ke tabel mhs (lihat gambar) di atas,.maka masukkan perintah :
  • ALTER TABLE mhs ADD jurusan CHAR(2) NOT NULL;
Hasilnya :

Operasi dasar Database phpMyAdmin

Namun cara yang lebih mudah tanpa Anda harus mengetikkan perintah di atas adalah dengan menekan menu “Structure” pada navigasi menu horizontal seperti gambar di bawah ini :

halaman phpMyAdmin database cPanel

Perhatikan pilihan operasi penambahan field (atau column) di bawah tabel. Pilih saja penempatan field : Pada bagian awal tabel atau bagian akhir tabel atau field baru sesudah field tertentu.  Kemudian Klik GO. Terakhir isi kotak-kotak yang disediakan dengan isian relevan. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Mengisi field baru database control Panel

Demikian juga dengan operasi database lainnya Anda akan lebih mudah memanfaatkan menu utama horizontal pada halaman utama Database di atas.




Comments

0 komentar:

Posting Komentar di Website Design

-

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading