Banyak owner
website atau
blog (
blogger), termasuk
toko online berharap
traffic tinggi, banyak tamu dan dikomentari. Namun kebanyakan mereka kecewa. Trafik tidak kunjung meningkat dan terlalu sedikit komentar.
WHY?
Faktanya, terlalu sedikit
blogger peduli
SEO offline maupun
SEO online. Tidak tahu bagaimana praktek SEO. Semuanya dilakukan dengan cara sangat biasa.
Mereka aktif publikasi blog di
Facebook,
Twitter, promosi mulut ke mulut, update content blog, minta orang membaca dan komentar. Sayangnya!!! Mereka
membuat posting yang paling mereka sukai, mengabaikan bahkan tidak memikirkan
content seperti apa yang sebenarnya disukai tamunya.
Seharusnya mereka fokus dengan
content bagus bermanfaat kira-kira
disukai publik. Tentu saja sejak awal mereka mengelola blog harus memperhatikan praktek
SEO. Blog idealnya
SEO Friendly.
Bagaimana orang menyukai website tanpa diminta?
Bagaimana membuat content mendukung peningkatan traffic? Kita membicarakan content blog sebagai bagian SEO offline.
Ada 5 komponen
content yang harus diperhatikan.
1. Judul Blog
Judul blog ditentukan berdasar
tema blog dan survey
keyword. Use
Google Adwords
Misalnya nama blog standar “
WEBSITE DESIGN.” Nama ini bisa diperkaya dengan tambahan beberapa keyword andalan. Caranya :
- Buka HTML Blogger dan cari potongan code:
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><title><data:blog.pageTitle/></title>
- Letakkan beberapa keyword blog (nama blog plus keyword idealnya maksimal 72 karakter termasuk spasi kosong) sebelum : … </title> sehingga menjadi
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><title><data:blog.pageTitle/>|SEO|web|blog|toko online| prestashop|internet</title>
- SAVE TEMPLATE
Hasilnya terlihat pada Tab Bar browser.
2. Judul Posting
Judul menawarkan informasi berguna tentang situs ke reader dan search engine. Teks dalam tag judul muncul di halaman hasil pencarian (Search Engine Result Pages). Teks deskriptif yang relevan dengan judul lebih memungkinkan di-klik ketika orang menjelajahi search engine.
The excerpt from the page will show up here. The reason we can't show text from your webpage is because the text depends on the query the user types.
Periksa analisa HTML Improvement blog di
Webmaster Tools. Temukan seperti berikut ini :
Kami rekomendasikan meng-update tag judul sedapat mungkin di bagian mana saja berdasarkan hasil analisa HTML Improvements. Atau hapus semua link “
Pages with missing title tags” (lihat gambar diatas) dengan cara klik
Menghapus URL dengan Webmaster Tools.
- Anda pikirkan Judul “eye-catching” (menarik perhatian dan bikin penasaran) untuk memancing orang segera klik link ke posting tersebut.
- Boleh saja membuat judul agak bombastis, namun tidak boleh vulgar atau menipu pembaca dengan judul tidak relevan dengan isi posting.
- Judul sebaiknya singkat. Tentu Anda ingin mempromosikan di Twitter, bukan?
Your title of postings (or H1, H2, …, H6, tags, categories etc.) provides visitors, and all of search engines with useful information about your site. Text contained in title tags can appear in SERPs (search results pages), and relevant, descriptive text is more likely to be clicked on. We recommend reviewing the list and updating the title tags wherever possible.
3. Gaya penulisan
Tulisan blog sebaiknya bernada bersahabat, menyenangkan pembaca.
INGAT!
Anda menulis bukan untuk diri sendiri, TAPI untuk orang lain. Hindarkan gaya menjengkelkan pembaca, misalnya tulisan dengan nada terlalu keras, sinis, memaksa atau menipu.
Intinya : Pilih kata dan gaya bahasa yang membuat tulisan Anda nyaman dibaca.
4. Citra Gambar / Foto
Teks dilengkapi ilustrasi gambar relevan tentu lebih menarik.
- Pilih foto berkorelasi dengan tulisan.
Semakin foto tersebut mendukung isi tulisan, semakin memperkuat efek ke pembaca.
- Jangan terlalu banyak foto.
- Pikirkan dengan cermat pilihan image yang disertakan.
Jika sembarangan menambahkan image bisa kontra produktif, menjadikan Reader tidak fokus.
- Sesuaikan foto dengan isi tulisan.
5. Posting Bervariasi
Siapapun bosan dengan gaya tulisan tanpa variasi. Orang menyukai keragaman content, informasi valid dan berguna. Thema blog boleh sama, tapi variasi tulisan dalam batas tertentu diperlukan tanpa harus kehilangan thema.
Misalnya blog tentang wisata. Tulisan harus kreatif dan bervariasi, tidak melulu membicarakan satu persoalan saja.
Semakin bervariasi semakin besar kemungkinan ditemukan di Google.
6. Link / Backlink
Tautan (
link) di situs lain yang mengarahkan pengunjung ke blog Anda sangat penting.
- Link harus diletakkan secara tepat.
- Saat mempromosikan di Twitter atau Facebook, pastikan link tersebut tidak tertinggal, atau luput dari perhatian orang.
- Biasanya judul posting diletakkan di depan, lalu link mengikuti.
- Beri petunjuk seperti “klik disini” atau tanda panah ke tautan blog, agar orang lebih memperhatikan.