Author by Yosef Doublehorn
slogan cinta kerja harmoni
Protected by Copyscape Online Infringement Detector

11 Juli 2013

Rich Snippets SEO : Konsep dasar Microformats



Content Rich Snippets Scheme dan meta description menjadikan lebih terorganisir tampilan website di SERPs

Rich Snippets for SEO
Click through rates (CTR) yang diciptakan oleh rich search snippet membentuk ranking signal untuk website atau blog. Karena itulah hasil pencarian di halaman search engine (SERPs) untuk website Anda bisa dilengkapi dengan foto, video, informasi peringkat (bintang) & informasi berguna lain seperti, CTR. Akhirnya hasil pencarian website relatif lebih tinggi dari website atau web blog lain.
Content meta tag dan content meta description ditampilkan di halaman hasil pencarian search engine (SERPs) merupakan pilihan teks untuk ditunjukkan oleh mesin pencari. Proses ini akan lebih terorganisir jika dilengkapi skema Rich Snippets.
Penggunaan Rich Snippets harus sangat hati-hati.  Mengapa? Perhatikan peringatan dibawah ini.
PERINGATAN!!
  1. Jika content Rich Snippet menunjuk ke sesuatu yang tidak ada di website (blog), dampaknya negatif yaitu – peningkatan Bouncing Rate – ke blog Anda, memberi pesan negatif ke robots pencari (googlebots) bahwa content Rich Snippet tersebut tidak relevan dengan website.  Akkibatnya penurunan peringkat Blog.
  2. Anda harus meluangkan waktu berkualitas guna memastikan skema & markup yang sesuai telah digunakan di blog.
Hal ini akan meningkatkan CTR (click-through rate) pada hasil pencarian dan juga memastikan bahwa informasi yang terlihat pada Rich Snippets adalah persis sama dengan informasi di website Anda.
Do not let your online competition take away your search audience with a visually appealing search result any longer. Apply appropriate markup and schemas to your site to noticeably increase search traffic.
Untuk format data terstruktur (Rich snippets / microformats), saran Google, gunakan microdata.
Microformats memberikan cara mudah bagi banyak orang berkontribusi data semantik ke web.

Technical overview

Misalnya, dalam teks "Monas berdiri tegak di 52,48, -1.89" ada sepasang angka yang bisa dipahami sebagai satu set koordinat geografis. Dengan membungkus dalam span (elemen HTML) dengan nama class khusus (dalam hal ini “geo” dan lintang (latitude) serta bujur (longitude), semua ini adalah bagian dari spesifikasi geo microformat) sehingga menjadi snippet seperti berikut :
Contoh1
Monas berdiri tegak di -6.17503590, 106.82719199999997

<span class="geo">
<span class="latitude">-6.17503590</span>,
<span class="longitude">106.82719199999997</span>
</span>
software agents akan mengenali nilai masing-masing, mewakili, kemudian bisa melakukan berbagai tugas seperti indexing, locating nilai-nilai tersebut di peta & mengekspor ke perangkat GPS.

Specific microformats

Selain geo microformat seperti contoh diatas, beberapa microformats telah dikembangkan untuk mengaktifkan (enable) semantic markup jenis-jenis informasi spesifik seperti tersebut dibawah ini.
  • hAtom – for marking up Atom feeds from within standard HTML
  • hCalendar – for events
  • hCard – for contact information; includes:
Standar XHTML & HTML memungkinkan embedding and encoding semantik dalam attributes of markup tags. Microformats memanfaatkan standar itu dengan menunjukkan adanya metadata yang menggunakan atribut berikut.
class  >>   Classname
rel      >>    relationship, deskripsi alamat target dalam elemen-anchor (<a href=... rel=...>...</a>)
rev     >>    reverse relationship, deskripsi dokumen yang direferensikan.
Perhatikan informasi kontak berikut
<ul>
      <li>Joe Doe</li>
      <li>The Example Company</li>
      <li>call via Skype604-555-1234</li>
      <li><a href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
CATATAN :
call via Skype in websiteCall Add to Skype You'll need Skype Credit
Dengan hCard microformat markup, informasi kontak tersebut menjadi:
<ul class="vcard">
      <li class="fn">Joe Doe</li>
      <li class="org">The Example Company</li>
      <li class="tel">call via Skype in website604-555-1234</li>
      <li><a class="url" href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
Disini, nama yang diformat (fn), organisasi (org), nomor telepon (tel) & alamat web (url) diidentifikasi menggunakan nama class khusus. Semua dibungkus dalam class = "vcard", mengindikasikan bahwa class lain membentuk hCard ("HTML vCard"). Class-class hCard lain juga ada. Software, seperti browser plug-in, sekarang dapat mengekstrak informasi & transfer ke aplikasi lain, seperti buku alamat.
Mau lihat microformats live page, klik saja link HCard#Live example and Geo (microformat)#Three_classes.


Anda membaca artikel : Rich Snippets SEO : Konsep dasar Microformats
THANK YOU for your continued liking 'n sharing. If you haven't liked this post yet, you may do that by hitting the buttons just BELOW.
Please drop your comment and questions below ……
Comments

1 komentar:

http://website-download.blogspot.com/2013/03/rich-snippets-for-seo-konsep-dasar.html?showComment=1397816819851#c8399629208110954067'> 18/04/14 17.26 Reply

lengkap sekali penjelasanya, thanks atas pencerahanya sangat membantu..

Poskan Komentar di Website Design

Penelusuran topik khusus di blog ini
Loading