Content Rich Snippets Scheme dan meta description menjadikan lebih terorganisir tampilan website di SERP (Search Engine Result pages).
Rich Snippets for SEO website
Click through rates (CTR) yang diciptakan oleh rich search snippet membentuk ranking signal untuk website atau blog. Karena itulah hasil pencarian di halaman search engine (SERP) untuk website Anda bisa dilengkapi dengan foto, video, informasi peringkat (bintang) & informasi berguna lain seperti, CTR. Akhirnya hasil pencarian website relatif lebih tinggi dari website atau web blog lain.Content meta tag dan content meta description ditampilkan di halaman hasil pencarian search engine merupakan pilihan teks untuk ditunjukkan oleh mesin pencari. Proses ini akan lebih terorganisir jika dilengkapi skema Rich Snippets.
Penggunaan Rich Snippets harus sangat hati-hati. Mengapa? Perhatikan peringatan dibawah ini.
PERINGATAN!!
- Jika content Rich Snippet menunjuk ke sesuatu yang tidak ada di website (blog), dampaknya negatif yaitu – peningkatan Bouncing Rate – ke blog Anda, memberi pesan negatif ke robots pencari (googlebots) bahwa content Rich Snippet tersebut tidak relevan dengan website. Akibatnya penurunan peringkat Blog.
- Anda harus meluangkan waktu berkualitas guna memastikan skema & markup yang sesuai telah digunakan di blog.
Hal ini akan meningkatkan CTR (click-through rate) pada hasil pencarian dan memastikan bahwa informasi yang terlihat pada Rich Snippets adalah persis sama dengan informasi di website Anda.
Do not let your online competition take away your search audience with a visually appealing search result any longer. Apply appropriate markup and schemas to your site to noticeably increase search traffic.
Untuk format data terstruktur (Rich snippets / microformats), saran Google, gunakan microdata.
Microformats memberikan cara mudah bagi banyak orang berkontribusi data semantik ke web.
Microformats memberikan cara mudah bagi banyak orang berkontribusi data semantik ke web.
Technical overview - arsip website
Misalnya, dalam teks "Monas berdiri tegak di 52,48, -1.89" ada sepasang angka yang bisa dipahami sebagai satu set koordinat geografis. Dengan membungkus dalam span (elemen HTML) dengan nama class khusus (dalam hal ini “geo” dan lintang (latitude) serta bujur (longitude), semua ini adalah bagian dari spesifikasi geo microformat) sehingga menjadi snippet seperti berikut :
Contoh1
Monas berdiri tegak di -6.17503590, 106.82719199999997
<span class="geo">
<span class="latitude">-6.17503590</span>,
<span class="longitude">106.82719199999997</span>
</span>
Monas berdiri tegak di -6.17503590, 106.82719199999997
<span class="geo">
<span class="latitude">-6.17503590</span>,
<span class="longitude">106.82719199999997</span>
</span>
software agents akan mengenali nilai masing-masing, mewakili, kemudian bisa melakukan berbagai tugas seperti indexing, locating nilai-nilai tersebut di peta & mengekspor ke perangkat GPS.
Specific microformats - arsip website
Selain geo microformat seperti contoh diatas, beberapa microformats telah dikembangkan untuk mengaktifkan (enable) semantic markup jenis-jenis informasi spesifik seperti tersebut dibawah ini.
- hAtom – for marking up Atom feeds from within standard HTML
- hCalendar – for events
- hCard – for contact information; includes :
- hMedia - for audio/video content [7][8]
- hNews - for news content
- hProduct – for products
- hRecipe - for recipes and foodstuffs.
- hResume – for resumes or CVs
- hReview – for reviews
- rel-directory – for distributed directory creation and inclusion[9]
- rel-enclosure – for multimedia attachments to web pages[10]
- rel-license – specification of copyright license[11]
- rel-nofollow, an attempt to discourage third-party content spam
(e.g. spam in blogs) - rel-tag – for decentralized tagging (Folksonomy)[12]
- xFolk – for tagged links
- XHTML Friends Network (XFN) – for social relationships
- XOXO – for lists and outlines
Standar XHTML & HTML memungkinkan embedding and encoding semantik dalam attributes of markup tags. Microformats memanfaatkan standar itu dengan menunjukkan adanya metadata yang menggunakan atribut berikut.
class >> Classname
rel >> relationship, deskripsi alamat target dalam elemen-anchor (
<a href=... rel=...>...</a>
) rev >> reverse relationship, deskripsi dokumen yang direferensikan.
Perhatikan informasi kontak berikut
<ul>
<li>Joe Doe</li>
<li>The Example Company</li>
<li>604-555-1234</li>
<li><a href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
<li>Joe Doe</li>
<li>The Example Company</li>
<li>604-555-1234</li>
<li><a href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
CATATAN :
Call Add to Skype You'll need Skype Credit
Dengan hCard microformat markup, informasi kontak tersebut menjadi :
<ul class="vcard">
<li class="fn">Joe Doe</li>
<li class="org">The Example Company</li>
<li class="tel">604-555-1234</li>
<li><a class="url" href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
<li class="fn">Joe Doe</li>
<li class="org">The Example Company</li>
<li class="tel">604-555-1234</li>
<li><a class="url" href="http://example.com/">http://example.com/</a></li>
</ul>
Nama yang diformat (fn), organisasi (org), nomor telepon (tel), alamat web (url) diidentifikasi menggunakan nama class khusus dan dibungkus dalam class = "vcard", mengindikasikan bahwa class lain membentuk hCard (HTML vCard). Class-class hCard lain juga ada. Software (e.g. browser plug-in) kini bisa mengekstrak informasi dan transfer ke aplikasi lain, seperti buku alamat.
Mau lihat microformats live page, klik saja link :